Ketika Ibu Negara Turki, Emine Erdoğan, Memakai Masker Batik

Ketika Ibu Negara Turki, Emine Erdoğan, Memakai Masker Batik
info gambar utama

Ibu Negara Turki, Emine Erdoğan, terpantau mengenakan masker batik tulis dari Indonesia berbahan sutera di berbagai kesempatan baru-baru ini. Demikian informasi yang terpantau dari laman instagram KBRI Ankara @indonesiainankara.

Emine Erdogan yang dikenal sangat menggemari berbagai koleksi tekstil tradisional tersebut diketahui memakai masker batik bermotif parang bukan saja dalam kegiatan-kegiatan pribadi, namun juga digunakan dalam sejumlah kegiatan resmi. Dari pantauan terhadap laman instagram resmi Ibu Negara Turki, salah satu kesempatan resmi Emine Erdogan memakai masker batik adalah saat menerima kunjungan Ibu Negara Niger, Hadja Aissata, di komplek istana kepresidenan Cumhurbaşkanlığı Külliyesi di Ankara, 29 September 2020.

Masker batik yang digunakan oleh Emine Erdoğan adalah hadiah yang diberikan oleh Duta Besar RI untuk Republik Turki kepada Presiden Erdogan. Hadiah tersebut disampaikan pada Agustus 2020 dalam rangka perayaan Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke-75 dan sekaligus perayaan 70 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-Turki.

"Semula kita merencanakan menyelenggarakan sejumlah kegiatan peringatan HUT RI ke-75 dan 70 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia -Turki yang jatuh pada akhir tahun 2020. Namun karena adanya wabah, kita harus berinovasi. Dengan mengirimkan masker batik tulis sutera, kita merayakan keduanya dgn cara yang elegan, mempromosikan batik dan sekaligus menunjukkan sensibilitas terhadap kebutuhan protokol kesehatan", ujar Dion Swasono, koordinator Fungsi Polpensosbud KBRI Ankara, menjelaskan inisiatif tersebut.

Dalam rangka kedua peringatan tersebut, KBRI Ankara menyiapkan lima ratusan masker batik sutera yang dikemas dalam kemasan eksklusif. Masker-masker tersebut dikirimkan kepada tokoh-tokoh penting di Turki, para duta besar negara sahabat yang ada di Ankara serta friends of Indonesia di Turki. Inisiatif mengirimkan masker batik tulis sutera tersebut adalah sebagai bentuk promosi batik tulis yang juga memenuhi kebutuhan penerapan protokol kesehatan saat ini.

Selain digunakan oleh Emine Erdogan, sejumlah menteri kabinet dan tokoh politik di Turki juga kerap terlihat memakai masker batik pemberian KBRI Ankara tersebut dalam berbagai acara kenegaraan dan diplomatik di Turki dalam beberapa bulan terakhir.

Masker batik tulis sutera tersebut dipesan khusus KBRI Ankara dari seniman batik Bayu Aria Widhi dari Hotwax Studio, Yogyakarta.

Sumber: KBRI Ankara

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini