Sepanjang 648 Km, Tol Trans Sumatra Siap Beroperasi Desember 2020

Sepanjang 648 Km, Tol Trans Sumatra Siap Beroperasi Desember 2020
info gambar utama

Saat ini Indonesia sudah mengandalkan jalan tol sebagai jalur transportasi antar daerah. Sayangnya pembangunan jalan tol di Indonesia terbilang lambat dibandingkan dengan negera-negara tetangga.

Hal tersebut dapat dikaitkan dengan pembebasan tanah di sejumlah daerah untuk pembangunan infrastruktur jalan tol selalu tersendat.

Namun baru-baru ini ada kabar gembira, khususnya bagi masyarakat di Pulau Sumatra dan sekitarnya.

Saat ini sepanjang 648 km ruas tol sudah beroperasi dan siap digunakan untuk libur Natal dan Tahun Baru yang jatuh pada 23 Desember 2020 hingga 3 Januari 2021.

Hal itu merupakan bukti komitmen Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dalam menyelesaikan progres pembangunan jalan tol di Pulau Sumatra dari Provinsi Lampung hingga Aceh sepanjang 2.987 Km.

Baca juga:Kebut Pembangunan, Pemerintah Siap Lelang 9 Ruas Jalan Tol Baru

Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) terdiri dari koridor utama (back bone) sepanjang 2.069 km dan koridor pendukung (sirip) 919 km.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, jalan Tol Sumatera sepanjang 2.987 km sebagai koridor utama untuk meningkatkan konektivitas antara kota/kawasan di Pulau Sumatera dari Provinsi Lampung hingga Aceh.

“Untuk mendukung libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) Kementerian PUPR memastikan kesiapan infrastruktur jalan dan jembatan. Hal ini didukung dengan telah bertambahnya ruas jalan tol yang beroperasi dan jalan nasional di Pulau Jawa dan Sumatera yang secara keseluruhan dalam kondisi mantap,” terang Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Untuk pembangunan ruas-ruas utama yang menjadi backbone, Pemerintah menugaskan PT. Hutama Karya (HK) sebagai Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) untuk melaksanakan pembangunan JTTS sepanjang 2.829 km yang terdiri dari 24 ruas dengan nilai investasi sebesar Rp 530,8 triliun.

Pembangunan JTTS ini dilaksanakan dalam 4 tahap yaitu, tahap 1 sebanyak 13 ruas sepanjang 1.156 Km (Operasi 513 Km & Kontruksi 643 Km), tahap 2 sebanyak 3 ruas sepanjang 574 Km (tahap persiapan), tahap 3 sebanyak 4 ruas sepanjang 578 Km (tahap persiapan), dan tahap 4 :sebanyak 7 ruas sepanjang 521 Km (tahap persiapan).

Baca juga:Semoga Jalan Tol Solo-Jogja Benar Rampung Tahun 2020

9 ruas tol trans sumatra yang siap beroperasi akhir tahun 2020
info gambar

Hingga akhir bulan November 2020, sudah ada Sebanyak 9 ruas tol Trans Sumatra dengan total Panjang 648 km telah beroperasi dan siap digunakan pada akhir tahun. Berikut rincianya

  • Bakauheni-Terbanggi Besar (140,4 km)
  • Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (189,4 km)
  • Kayu Agung-Palembang-Betung (29,3 km)
  • Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (62,1 km)
  • Belawan-Medan-Tanjung Morowa (42,7 km)
  • Palembang-Indralaya (21,5 km)
  • Pekanbaru-Dumai (131,6 km)
  • Medan-Binjai (13 km)
  • Sigli-Banda Aceh (13,5 km)

Untuk mengahadapi natal dan libur tahun baru, kesembilan ruas ini dilengkapi dengan 42 tempat istirahat dan pelayanan (TIP), 37 toilet cabin, 26 unit mobil tangka air, 10 bus toilet, 20 vacum tinja dan 34 hidran umum.

Tersedia pula mobile reader, mobile top up, dan penjualan kartu perdana uang elektronik pada GT dengan kecepatan lalu lintas tinggi.

Mantap!

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Iip M. Aditiya lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Iip M. Aditiya. Artikel ini dilengkapi fitur Wikipedia Preview, kerjasama Wikimedia Foundation dan Good News From Indonesia.

IA
YF
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini