Menatap Megahnya Gedung Tertinggi di Indonesia, Gama Tower

Menatap Megahnya Gedung Tertinggi di Indonesia, Gama Tower
info gambar utama

Berstatus sebagai gedung tertinggi di Indonesia, kemegahan Gama Tower mampu memikat dan menyita perhatian berbagai kalangan khsususnya para pecinta dan pemerhati skyscrapper.

Gama Tower sendiri merupakan sebuah gedung pencakar langit (tinggi di atas 150 meter) yang bisa Kawan GNFI tatap langsung di Jalan H.R. Rasuna Said, Jakarta Selatan. Namun saking tingginya, Gama Tower hampir terlihat dari seluruh kawasan perkantoran Jakarta Selatan.

Sebelumnya menara ini pernah dinamai Menara Rasuna dan Menara Cemindo. Kemudian pada 2018 namanya diubah menjadi Gama Tower.

Berdiri di atas tanah seluas 1,6 hektare, gedung ini memiliki ketinggian 285,5 meter dengan 69 lantai atas dan 4 lantai basement yang mampu menampung 1.100 kendaraan.

Saat ini, Gama Tower merupakan gedung tertinggi di Indonesia sekaligus menjadi gedung tertinggi ke-94 di Asia dan 162 di dunia.

Pembangunannya sendiri dimulai pada 2011 yang memakan waktu sekitar 4 tahun. Kemudian selesai pada 2015 dan secara resmi dibuka pada bulan Agustus 2016.

Kemegahan Gama Tower di malam hari © Decoruma
info gambar

Baca juga: Jakarta Masuk 10 Besar Negara Pemilik Gedung Tinggi Terbanyak di Dunia

Gama Tower merupakan sebuah Gedung pencakar langit mewah yang menerapkan konsep Green Building. Yakni sebuah konsep bangunan dimana sejak dimulai dalam tahap perencanaan, pembangunan, pengoperasian hingga dalam operasional pemeliharaannya memperhatikan aspek-aspek dalam melindungi, menghemat, mengurangi penggunaan sumber daya alam, menjaga mutu dari kualitas udara di dalam ruangan, dan memperhatikan kesehatan penghuninya yang semuanya berpegang kepada kaidah bersinambungan.

Menara mewah ini difungsikan sebagai kantor dan hotel. Hotel yang berada di lantai atas gedung ini adalah The Westin sehingga membuatnya menjadi hotel tertinggi di Indonesia.

Di gedung ini terdapat sebuah club longue yang menempati lantai 67-69 lalu berdiri pula sebuah ruang serbaguna di lantai 69 atau lantai paling atas. Sedangkan lantai lainnya adalah ruang kantor eksekutif. Pemandangan Kota Jakarta mampu dilihat secara jelas dari lantai tertinggi.

Secara desain dan konstruksi, Gedung mewah ini di arsiteki oleh PT Sekawan Design Inc. Architect, dengan kontaktor utama PT Tatamulia Nusantara Indah.

Gedung jangkung dan mewah tersebut dimiliki oleh dua bersaudara Ganda dan Martua Sitorus. Mereka merupakan konglomerat yang memiliki bisnis kelapa sawit, pertambangan, dan properti.

Baca Juga:

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

IA
YF
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini