Inilah Daftar Merek Jersey Asli Buatan Indonesia, Dipakai Tim Luar Negeri!

Inilah Daftar Merek Jersey Asli Buatan Indonesia, Dipakai Tim Luar Negeri!
info gambar utama

Apparel atau Jersey bukan suatu hal baru lagi di dunia olahraga, terlebih di dunia sepak bola atau futsal. Tidak ada tim yang tidak memiliki apparel untuk jersey yang di pakai pada saat latihan tim, maupun pada saat pertandingan berlangsung.

Di Indonesia sendiri, sudah banyak apparel-apparel lokal yang booming dan sanggup untuk menyaingi apparel luar negeri. Dilansir dari Berikut ini empat apparel buatan Indonesia yang sudah mendunia dan dipakai oleh tim-tim di luar negeri.

1. MBB

MBB | Sumber: Boladaim.com
info gambar

Nama apparel ini memang agak asing di telinga masyarakat Indonesia. Namun, Apparel asal Bogor ini sudah banyak dipakai oleh tim dari luar negeri sebagai jersey tim.

Mulai dari tim Asia Timur, seperti Al Ittihad Aleppo (Suriah), Al-Karamah (Suriah), Al-Jazeera (Jordan), Victory SC (Maldives), dan Hanimaadhoo (Maldives), sampai tim Eropa, Hapt (Russia) dan akademi olahraga Orebro (Swedia).

MBB sendiri memiliki arti, yaitu Maniak Baju Bola. Selain itu, produk ini juga nyaman digunakan pemain dalam bergerak. Produk ini dibuat terjangkau untuk kalangan masyarakat Indonesia.

2. Specs

Specs | Sumber: Boladaim.com
info gambar

Specs merupakan produk lokal pertama yang menjadi pelopor bagi brand lain. Produk ini memulai kariernya pada tahun 1980. Pada masa itu, aparrel ini belum banyak mendapatkan simpati dari rakyat. Dan mulai tahun 2005 dengan penggunaan sitem baru, akhirnya mulai dikenal oleh masyarakat luar.

Specs sendiri pernah mensponsori tim-tim lokal, seperti Persija, Arema, dan Persipura. Timnas Puerto Rico dan timnas Liberia juga pernah di sponsori oleh aparrel asal Jakarta ini. Dan klub Asal negeri Jiran juga memakai apparel ini, yaitu Terengganu FA.

Tidak berhenti di situ, Specs juga mengeluarkan produk baru setiap tahunnya berupa baju, sepatu dan alat olahraga lainya. Wah, hebat ya, Kawan?

3. FAT

FAT | Sumber: Boladaim.com
info gambar

FAT memulai usaha sebagai perusahaan pembuat produk sarung tangan, dan sejak 2017 mengembangkan usaha pada bidang apparel. Lalu, manajemen FAT melakukan sejumlah gebrakan dengan melakukan sejumlah kerja sama dengan klub, maupun pemain sepak bola lokal dan luar Indonesia.

Artikel Terkait: Konveksi Seragam Kerja Terbaik di Indonesia.

Apparel asal Riau ini telah menjadi sponsorship bagi tim liga Filipina, yaitu Mendiola FC. Pihak Mendiola FC puas dengan hasil jersey dari FAT dan menyanjungnya sebagai apparel terbaik sejauh ini yang pernah mereka pakai. Keren!

4. Narrow

Narrow | Sumber: Boladaim.com
info gambar

Beberapa klub Futsal luar negeri telah memakai apparel asal Bandung ini. Di ajang AFC Futsal Club Champhionship, apparel lokal ini juga bakal memajang mereknya di ajang futsal terbesar untuk klub futsal di Asia.

Klub futsal asal Australia, Vic Vipers, resmi menggandeng Narrow sebagai apparel kostumnya di ajang AFC Futsal Club Championship 2017. Tim futsal asal Iran, Messungun dan timnas Timor Leste juga mempercayai Narrow sebagai apparel untuk jersey mereka.

Nah, itulah empat apparel lokal dari Indonesia yang sudah mulai mendunia. Semoga saja ini menjadi awal yang baik bagi apparel lokal untuk unjuk gigi di dunia luar, dan dikenal luas oleh tim dari luar negeri.*

Referensi: Boladaim

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini