Patut diapresiasi! Inilah Deretan Brand Asli Indonesia yang Mendunia

Patut diapresiasi! Inilah Deretan Brand Asli Indonesia yang Mendunia
info gambar utama

Siapa bilang produk fashion buatan anak bangsa tidak sanggup bersaing dengan produk bangsa lain? Kebanyakan dari kita berpikir bahwa brand fashion Indonesia pasti kalah bersaing dengan produk luar negeri, dan pemikiran tersebut sesungguhnya salah.

Banyak lho anak-anak bangsa yang mampu menghasilkan produk berkualitas dan mampu bersaing dengan brand negara lain. Bahkan, di antara brand tersebut telah dipakai setia oleh beberapa artis papan atas.

Khusus untuk fashion, ternyata banyak brand lokal yang sudah go internasional dan dipakai oleh beberapa pelanggan setia di seluruh dunia. Berikut produk fashion asli Indonesia yang terkenal di mancanegara.

BODYPACK

Bodypack Indonesia | Foto: Bodypack.co.id
info gambar

Bodypack adalah sebuah merek tas asal Indonesia yang sudah mendunia. Produk ini difokuskan untuk menunjang aktivitas yang berkaitan dengan dunia teknologi digital di kalangan anak muda, atau berjiwa muda. Tas yang dihasilkan oleh Bodypack bisa digunakan untuk ke kampus maupun ke kantor dengan tersedia tempat untuk menyimpan laptop atau gadget, melakukan perjalanan ke luar kota hingga mancanegara.

Tas ini diluncurkan dengan berbagai variasi. Mulai dari tas khusus laptop, notebook, kamera, pemutar musik dan lain-lain. Bodypack Digital Case berfokus memproduksi tas berkualitas tinggi untuk digunakan pada segala kondisi setiap konsumen. Produk ini terus berinovasi untuk memberikan layanan yang tahan lama, kenyamanan, dan fungsional.

EIGER

EIGER | Foto: Eiger Adventure
info gambar

PT Eigerindo Multi Produk Industri atau dikenal sebagai EIGER adalah perusahaan populer di Indonesia dalam bidang peralatan berpetualang. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1993 oleh Ronny Lukito di Bandung.

Nama EIGER terinspirasi oleh Gunung Eiger, sebuah gunung cantik di Bernese Alps, Swiss, dengan ketinggian 3.970 meter di atas permukaan laut. EIGER memiliki visi menjadi perusahaan visioner, serta mendapatkan berkat dalam pertualangan dan e-lifestyle business.

Dimulai dengan fasilitas yang sangat terbatas, perusahaan ini memproduksi tas dengan dua mesin sederhana di Jalan Cihampelas No. 22 Bandung, Jawa Barat. Di tempat yang sama, Eiger membuka sebuah toko kecil untuk menjual tasnya.

Kini, Eiger telah berkembang menjadi pemimpin pasar industri tas dan pertualangan di Indonesia. Sampai sekarang, perusahaan ini telah memiliki 3 toko flagship, 34 ruang pamer, dan 81 counter yang tersebar di seluruh Indonesia.

Baca Juga: Konveksi Tas Seminar di Indonesia yang Handal.

Di tahun 2012, Eiger memperluas jaringan ritelnya dengan membukan Eiger Adventure Store (EAS) di Bandung. Ronny mengklaim jika EAS merupakan outlet terbesar di dunia dengan fasilitas lengkap di bidang petualangan. Outlet ini memiliki luas 1.500 meter dengan gaya arsitektur alam.

COTTON INK

Cotton Ink | Foto: Cottonink.co.id
info gambar

Cotton Ink adalah brand fashion dari dua orang desainer muda Carline Darjanto dan Ria Sarwono. Mereka berdua merupakan teman sejak kecil. Keduanya pun kemudian mengambil jalur pendidikan yang berbeda.

Carline, pergi ke sebuah sekolah bisnis di Malaysia. Saat pulang, ia melanjutkan hasrat fashion-nya dengan sekolah di Lasalle College of Fashion. Ria kuliah di Universitas Paramadina, Jakarta. Kemudian, ia mengambil kursus mode di London College of Fashion.

Keduanya lantas bertemu dan mendirikan label Cotton Ink. Saat itu, Carline sudah lulus dari Lasalle, dan Ria sedang mengerjakan tugas akhirnya di universitas. Cotton Ink sekarang telah menjadi brand fashion nasional, maupun internasional yang berkualitas tinggi. Cotton Ink berfokus pada produk pakaian wanita, antara lain gaun, outerwear, baju atasan dan pakaian wanita lainnya.

HAMMER

Hammer | Foto: iPrice
info gambar

Merek Hammer sudah ada sejak tahun 1987 lalu. Didirikan oleh Eddy Hartono, PT Warna Mardhika, gerai dari Hammer sudah banyak tersebar di berbagai pusat perbelanjaan di seluruh Indonesia.

Hammer selalu menghadirkan pakaian yang modern dan up to date. Konsep yang dianut oleh Hammer adalah basic, stripes,dan color. Brand satu ini menghasilkan kemeja, blouse, serta skirt. Ada juga celana, denim, dan outwear yang keren. Ada pula produksi lainnya, seperti Nail dan Coconut Island yang berhasil merebut hati masyarakat Indonesia.

3SECOND

3Second Brand | Foto: 3Second.co.id
info gambar

3Second adalah fashion yang berasal dari Bandung. Model baju dari 3Second selalu up to date. Brand fashion ini tergolong papan atas dan mudah ditemukan di kota-kota besar di penjuru Indonesia.

Produk yang dihasilkan dari 3Second bisa untuk wanita dan pria. Kebanyakan produk mereka adalah jaket, kaos, celana, hingga aksesoris seperti sepatu, topi, dan tas.

3Second terkenal di kalangan anak muda Indonesia, terutama anak muda yang suka pakaian sederhana, tetapi keren. Sejak pertama kali dibuka tahun 2002, 3Second memperkenalkan produk terbaiknya, yaitu kaos. 3Second juga menjual berbagai macam jaket, kemeja, celana, sweater, topi, dan juga sandal.

MINIMAL

Minimal Indonesia | Foto: Zilingo
info gambar

Pada tahun 2002 silam. brand Minimal mulai dibuat. Kini, Minimal sudah berkembang pesat. Brand ini bahkan sudah memiliki sekitar 75 toko yang tersebar luas di tanah air. Minimal telah berhasil menjadi salah satu pemimpin industri fashion di Indonesia

Produk berkualitas tinggi dan premium dengan desain keren dan up to date ini menghadirkan gaya unik untuk Kawan yang ingin tampil beda. Produknya dijual dalam harga terjangkau.

Minimal terlihat seperti brand fashion luar negeri, padahal Minimal adalah brand asli Indonesia. Brand ini fokuskan ke fashion wanita dengan gaya klasik dan chic. Minimal adalah brand fashion yang mampu membuat Kawan terlihat elegan, dengan model yang klasik dengan paduan motif kekinian.

Itulah beberapa brand fashion asli Indonesia. Masih banyak brand fashion lainnya yang sudah terkenal sampai ke seluruh dunia. Kita patut bangga menggunakan produk dalam negeri, karena kualitasnya ternyata tidak kalah dengan produk luar negeri.*

Sumber: Callmevendor

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini