Apa yang Banyak Orang Cari di Google Sepanjang 2020?

Apa yang Banyak Orang Cari di Google Sepanjang 2020?
info gambar utama

Kawan GNFI, Rabu (9/12/2020) Google Indonesia mengumumkan secara resmi melalui virtual ''Year in Search 2020'' yang memberikan informasi dan perspektif unik tentang momen dan tren tahun 2020 berdasarkan penelusuran yang dilakukan di Indonesia.

Year in Search 2020 menggambarkan topik apa saja yang trending di Indonesia sepanjang tahun ini dan mengalami peningkatan dalam periode yang berkelanjutan sepanjang tahun dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Daftar Year in Search 2020 ini tidak disusun berdasarkan tingkat popularitas penelusuran.

''Year in Search menunjukkan bahwa di tahun 2020 adalah waktu yang penuh tantangan, perubahan, dan begitu banyak pertanyaan. Namun, kita bisa melihat bahwa orang Indonesia tangguh dan terus maju menghadapi tantangan dan perubahan ini,'' beber Fida Heyder, Head of Consumer Apps Marketing Google Indonesia, dalam acara tersebut.

''...Tidak hanya menunjukkan ketahanan dan beradaptasi, tapi kondisi normal baru juga mungkin telah memberikan perspektif baru bagi Indonesia, mendorong kebiasaan baru, meningkatkan keterampilan, hingga menciptakan terobosan.''

Tantangan baru yang muncul di tahun ini, menyebabkan orang Indonesia tidak ingin hanya mengikuti percakapan, tetapi berusaha memahami kabar terbaru. Dari isu-isu nasional seperti “Omnibus Law”, “Resesi”, “Kartu Pra-Kerja”, hingga “Odading” dan “WFH”.

Penelusuran yang populer (trending) tahun ini juga menunjukkan bagaimana orang Indonesia tergerak oleh tindakan. Kita bisa melihat dari kata kunci seperti "cara membuat hand sanitizer", "cara mendaftar UKM online", "cara menjadi reseller", hingga "cara menjadi YouTuber pemula" adalah beberapa penelusuran yang menduduki tren teratas tahun ini.

Efek dari pandemi dan masa kenormalan baru

Masa kenormalan baru (new normal) pun nyatanya menggerakan kebiasaan-kebiasaan baru, dalam mempelajari keterampilan baru dari kegiatan belajar hingga gaya hidup. Kita dapat melihatnya dengan jelas dari kueri seperti "Google Classroom", "apa itu kuota belajar", "cara masuk ke Google Classroom", hingga "sepeda lipat" termasuk di antara penelusuran yang jadi tren teratas di tahun ini.

Kita telah melihat pertumbuhan minat pada hiburan dari Korea di Indonesia selama beberapa tahun ke belakang, tetapi uniknya, tahun ini terdapat peningkatan yang signifikan dari hiburan Korea di banyak kategori mulai dari lagu, aktor/aktris, serial TV, hingga resep.

Kebiasaan baru tak hanya menyebabkan perubahan reaksi, konsumsi informasi dan hiburan tetapi juga mempengaruhi gaya hidup, bahkan mencetak rekor baru. Hal ini jelas terpancar pada hasil penelusuran tren teratas dari sosok dan kisah yang menghibur, hingga karya asal Indonesia di sepanjang tahun ini.

Seperti contohnya, Tilik, film pendek yang di rilis di YouTube pertama yang masuk sebagai salah satu film yang trending sepanjang tahun ini di Google Search di Indonesia. Selain sosok dan karya baru yang masuk dalam beragam kategori tren pencarian, seperti Bintang Emon, tahun ini juga merupakan tahun dengan banyak kepergian.

Mulai dari puluhan ribuan nyawa terdampak COVID-19, hingga para ikon legendaris yang selamanya hidup dalam budaya dan masyarakat Indonesia seperti Didi Kempot, Glenn Fredly, Omas, dan sederet nama besar lainnya.

Secara umum, ada sembilan kategori melalui kata kunci (keyword) yang diumumkan tahun ini, yakni:

  • Siapa,
  • Kepergian Tokoh,
  • Peristiwa Nasional,
  • Lirik Lagu,
  • Apa itu,
  • Bagaimana Cara,
  • Resep,
  • Film, dan
  • Daftar utama Tren Penelusuran secara keseluruhan.

Nah, untuk lebih lengkapnya, kawan GNFI dapat simak paparan melalui video berikut terkait sebenarnya apa yang banayk orang Indonesia cari di mesin pencari Google sepanjang 2020 ini.

Baca juga:

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Mustafa Iman lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Mustafa Iman.

Terima kasih telah membaca sampai di sini