Intip Helm Ukir Logam, Kerajinan Khas Kotagede

Intip Helm Ukir Logam, Kerajinan Khas Kotagede
info gambar utama

Yogyakarta menyimpan kekayaan seni budaya yang menakjubkan. Keberagaman budaya yang unik itu membuat Yogyakarta mempunya ciri khas tersendiri akan potensi kreatifnya. Di sisi lain, Yogyakarta juga memiliki tradisi kreatif yang karya-karyanya sudah lama dikenal hingga mancanegara, yaitu kerajinan logam khas Kotagede.

Kotagede adalah Kawasan kecil di Yogyakarta. Namun, dari tempat itu terdapat saksi tentang adanya peradaban yang luar biasa di abad ke-16. Pada masa itu, Kotagede menjadi ibu kota Kerajaan Mataram Islam, sebuah kerajaan yang sangat kuat di nusantara.

Dahulu kerajinan Kotagede menjadi komoditi utama, hingga akhirnya dikenal sebagai Kota peraknya Indonesia. Perkembangan kerajinan logam Kotagede masih eksis hingga saat ini, walaupun tantangannya beragam.

Helm ukir logam khas kotagede yang diminati pasar eroga
info gambar

Saat ini, toko-toko kerajinan logam di Kotagede masih bisa kita jumpai dengan mudah di sepanjang jalan utama di Kotagede. Sedangkan di kampung-kampung di sekitar Kotagede, kita juga masih bisa jumpai para pengrajin logam yang masih bertahan hingga saat ini.

Aktivitas membuat kerajinan logam di Kotagede adalah sebuah tradisi. Keterampilan tersebut secara turun temurun, dari generasi ke generasi tanpa melalui proses sekolah seni tinggi.

Tidak hanya itu, keterampilan membuat kerajinan ukir logam khas Kotagede ini juga sudah diminati pasar internasional, sehingga kerajinan Kotagedesudah dikenal sebagai sentra kerajinan logam kualitas dunia.

Salah satu produk kerajinan ukir logam yang terkenal adalah helm ukir logam khas Kotagede. Helm ukir logam memiliki bentuk yang unik dengan motif ukir logam yang indah dan detail, sehingga menjadi perhatian tersendiri bagi orang-orang yang sedang berburu kerajinan logam.

Helm ukir logam tersebut terbuat dari alumunium, sehingga lebih ringan untuk dipakai. Motif setiap helm pun bisa berbeda dan bisa diukir huruf menjadi sebuah nama. Selain menjadi souvenir cendera mata, beberapa perusahaan pertambangan dan perminyakan nasional juga menjadikan helm ukir logam khas Kotagede ini sebagai identitas perusahaannya. Ada juga yang sengaja memesan untuk koleksi pribadi karena suka seni ukir logam tersebut.

Salah satu tempat seni yang membuat ragam kerajinan ukir logam di Kotagede ialah Nursih Basuki Art Studio. Kerajinan ini memiliki pasar tersendiri. Akibat pandemi, studio seni kriya logam tersebut mencoba memasarkannya lewat daring.

Dengan cara kekinian, pemesan bisa berkonsultasi dan memesan helm ukir logam secara daring dan akan dikirim ke rumah masing-masing. Walaupun demikian, kualitas ukir logamnya pun tetap terjaga.

motif pada helm ukir logam bisa custom sesuai permintaan pemesannya
info gambar

“Hasil ukir logam khas Kotagede itu ukiran klasiknya. Bentuknya seperti flora, dan memiliki motif ukir relung yang khas,” ujar pengrajin ukir logam di Nursih Basuki Art Studio Kotagede.

Mulanya untuk membuat helm ukir logam membutuhkan waktu 4-10 hari, tergantung tingkat kesulitan dari desain atau motif yang diinginkan. Harga yang ditawarkan di studio tersebut terbilang lebih terjangkau. karena langsung dari pengrajin logamnya.

Selama pandemi ini, pesanan helm ukir logam tidak sebanyak dulu. Dengan layanan terbaru di dunia digital, pengrajin ukir logam Kotagede tersebut berharap pasarnya bertambah luas.*

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini