Kerja Sama dengan TV Azteca, Indonesia Akan Promosikan Diri di Meksiko

Kerja Sama dengan TV Azteca, Indonesia Akan Promosikan Diri di Meksiko
info gambar utama

Sebelum ada Korean Wave dengan salah satu senjatanya yakni K-Drama atau drama Korea, pertelevisian Indonesia pernah diisi dengan tayangan "sinetron" ala Amerika latin, telenovela. Terjadi mulai 90-an, program televisi tanah air seringkali menayangkan telenovela beragam judul, di antaranya Maria Mercedes, Rosalinda atau Esmeralda.

Kebanyakan telenovela yang ditayangkan berasal dari negara tetangga Amerika Serikat, Meksiko. Bisa dibilang ini adalah bentuk kerja sama paling terlihat di mata masyarakat Indonesia selain pusat rekreasi anak KidZania yang muncul pada 2007.

Salah satu telenovela terkenal di Indonesia, Maria Mercedes, yang dibintangi aktris Meksiko, Thalia.
info gambar

Telenovela memang tidak segandrung dulu. Bahkan TV Azteca, salah satu stasiun tv besar di Mesiko, sudah tidak berminat memproduksinya lagi. Namun, kerja sama antara Indonesia dan Meksiko dipastikan akan terus terjalin lewat media televisi.

Promosikan Indonesia di Meksiko

Kepastian jalinan kerja sama dengan Meksiko disampaikan lewat siaran pers Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Meksiko pada Jumat (11/12/2020). Dikabarkan oleh KBRI Meksiko, CEO TV Azteca Benjamin Salinas telah melakukan pertemuan Duta Besar RI Mexico City, Cheppy T. Wartono yang dilakukan di kantor TV Azteca pada Rabu (9/11/2020).

Bertemu dengan Salinas, Cheppy menceritakan hype telenovela di stasiun tv Indonesia pada 1990-an sampai awal 2000. Pada pertemuan itu, ia juga menyampaikan kondisi acara tv Indonesia sekarang yang sudah tidak lagi menayangkan tayangan produksi Meksiko.

Menanggapi hal ini, CEO TV Azteca menyampaikan pihaknya yang sudah tidak memproduksi lagi telenovela. Meskipun begitu stasiun tv yang ia pegang terus mengembangkan berbagai acara yang lebih menarik, terutama dengan tayangan live show.

— KBRI MEXICO CITY (@KBRIMexicoCity) December 10, 2020

Salinas pun menyatakan pihaknya siap untuk melakukan kerja sama dengan stasiun tv di Indonesia untuk membuat produksi bersama. Tak hanya untuk mempromosikan Meksiko di Indonesia, tetapi tentunya juga sebaliknya mempromosikan Indonesia di Meksiko.

Sampai saat ini belum diketahui tayangan Indonesia seperti apa yang akan ditayangkan di Meksiko. Apakah hanya sebatas iklan pariwisata? Atau sinetron Indonesia? Yang jelas patut ditunggu realisasinya.

TV Azteca sendiri merupakan salah satu jaringan stasiun tv terbesar di Meksiko dengan penonton lebih dari 100 juta orang (80% penduduk Meksiko). Saat ini TV Azteca lebih memfokuskan produksi pada acara-acara hiburan live show yang berisi kompetisi antar tim dan juga serial TV.

Beberapa produksinya telah dibeli dan ditayangkan oleh Netflix dan Amazon Prime Video. Salah satu produksi TV Azteca yang memiliki rating tinggi adalah serial dengan judul “Hernan” yang ditayangkan di Amazon Prime Video. Dalam membuat produksinya, TV Azteca juga bekerja sama dengan stasiun TV dari Kolombia dan Spanyol.

---

Referensi: Kemlu.go.id

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini