Atur Skala Besar dan Kecil, Langkah untuk Tetapkan Tujuan Hidup

Atur Skala Besar dan Kecil, Langkah untuk Tetapkan Tujuan Hidup
info gambar utama

Banyak orang merasa seolah tak mendapat sesuatu yang berharga, meski setiap harinya mereka telah bekerja keras demi memenuhi suatu hal. Mungkin penyebabnya, mereka tak memikirkan dan menetapkan tujuan hidup untuk diri sendiri. Padahal, penting bagi kita untuk memiliki tujuan hidup. Saat melakukan perjalanan, kita tentu punya tujuan, bukan?

Menetapkan tujuan merupakan proses untuk memikirkan masa depan yang ideal. Jika memiliki tujuan, Kawan akan termotivasi dan berjuangan untuk mengubah harapan tentang masa depan agar menjadi kenyataan. Dengan kata lain, akan memperjelas visi jangka panjang dan jangka pendek.

Proses menetapkan tujuan membantu Kawan memiliki arah dalam hidup. Apabila Kawan telah mengetahui secara tepat tujuan yang ingin dicapai, maka akan lebih mudah dalam memusatkan untuk mencapai tujuan. Dengan begitu, Kawan akan memanfaatkan waktu dan sumber daya dengan sebaik mungkin.

Kawan dapat mengukur setiap pencapaian tujuan dan melihat kemajuan yang terjadi. Positifnya, tentu akan menambah kepercayaan diri, meningkatkan motivasi, serta mengenali kemampuan dan kompetensi diri sendiri.

Ilustrasi | Foto: Sixteen Bars
info gambar

Kawan mungkin bingung untuk mengawalinya. Sebaiknya, mulailah dengan menetapkan tujuan untuk diri sendiri, yakni tujuan skala besar dan tujuan skala kecil. Tak lupa, tentukan juga peluang yang dapat diraih. Berikut proses yang akan membantu Kawan menentukan tujuan dengan skala besar dan kecil.

Mulailah dengan membuat gambaran besar tentang hal yang ingin dilakukan dan dicapai dalam hidup. Pilih dengan jangka waktu panjang untuk masa depan, misalnya 10 tahun ke depan. Identifikasi dan pecahkan menjadi tujuan dengan skala kecil, yang dapat membantu Kawan mencapai tujuan skala besar tersebut.

Menetapkan Tujuan Skala Besar untuk Seumur Hidup

Menetapkan tujuan skala besar akan memberi perspektif secara keseluruhan dalam pengambilan keputusan kelak. Untuk memberikan cakupan luas dan seimbang dari semua area penting dalam hidup, Kawan dapat menetapkan tujuan dalam beberapa kategori berikut.

1. Sikap

Kawan mungkin menemukan sikap dan perilaku yang kurang Kawan sukai, membuat kesal, atau menimbulkan lebih banyak sisi negatif. Nah, Kawan dapat menetapkan tujuan untuk memperbaiki dan menemukan solusi bagi masalah tersebut.

2. Fisik

Pikirkan mengenai bentuk dan kesehatan fisik yang ingin dicapai hingga usia lanjut. Kemudian, Kawan harus mulai menetapkan langkah untuk mencapainya. Misalnya, Kawan ingin terlihat kuat dan bugar hingga usia lanjut, maka Kawan harus mulai rajin berolahraga dan konsumsi makanan sehat.

3. Keluarga

Tujuan ini berkaitan dengan hidup keluarga. Mungkin ada hal yang ingin dilakukan bersama keluarga. Kawan juga dapat merencanakan gambaran hidup berkeluarga kelak.

4. Kesenangan

Pikirkan bagaimana Kawan ingin menikmati hidup yang menciptakan kesenangan, dan kepuasan untuk diri sendiri.

5. Keuangan

Penting untuk mengatur prioritas keuangan setiap tahunnya. Tuliskan tujuan keuangan pribadi secara spesifik dan realistis, serta dengan target waktu yang jelas. Tentukan berapa banyak yang ingin dihasilkan hingga masa depan, dan berapa banyak tabungan yang ingin disimpan.

6. Pendidikan

Tujuan pendidikan memiliki pengaruh untuk keberhasilan proses pembentukan pribadi seseorang. Pikirkan pengetahuan atau keterampilan yang ingin Kawan miliki secara khusus. Terlebih, pendidikan tersebut dapat menunjang perjalanan mencapai tujuan.

7. Karier

Level apa yang ingin Kawan capai dalam karier? Kawan dapat menuju pada pencapaian karier dengan melakukan banyak hal supaya menambah pengalaman.

Ilustrasi | Foto: Mimeo.com
info gambar

Menetapkan Tujuan Skala Kecil

Setelah menetapkan tujuan skala besar, tetapkan rencana jangka pendek. Kawan harus menepati dan menyelesaikan setiap rencana tersebut, jika ingin mencapai tujuan di masa depan. Mulailah dengan meningkatkan kualitas dan realisme penetapan tujuan Kawan.

Bagi rencana tersebut menjadi beberapa tahapan waktu, misalnya rencana satu tahun, rencana enam bulan, dan rencana satu bulan. Setiap hari, buat pula daftar tugas harian hal-hal yang harus Kawan lakukan. Tinjau kembali rencana Kawan dan pastikan telah sesuai dengan cara-cara untuk mencapai tujuan hidup.

Setelah Kawan sudah memiliki rencana, lakukan secara disiplin untuk bergerak ke arah tujuan. Pastikan bahwa tujuan yang telah ditetapkan berdasarkan pada keinginan sendiri, bukan yang diinginkan oleh orang lain. (RIF)

Sumber: Mind Tools | Studilmu

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini