Miliki Suasana Unik dan Khas, Inilah 10 Desa Terindah di Dunia

Miliki Suasana Unik dan Khas, Inilah 10 Desa Terindah di Dunia
info gambar utama

Desa, sekilas yang terlintas adalah bayangan pemandangan yang asri, sejuk hingga menentramkan. Mungkin begitulah yang kebanyakan Kawan GNFI bayangkan sehingga desa seringkali menjadi tempat merehatkan sejenak bagi fisik dan pikiran dari hiruk pikuk pekerjaan. Lalu, bagaimana jika Kawan GNFI diajak untuk melihat potret desa-desa dengan suasana yang unik dan khas serta memiliki pemandangan yang menakjubkan?

Suasana desa yang memiliki pemandangan indah tentunya tidak hanya dimiliki Indonesia, melainkan tersebar luas ke berbagai penjuru dunia. Beberapa tahun yang lalu, sebuah majalah digital, Budget Travel, merilis sebuah tulisan dengan judul World’s Most Picturesque Villages. Namun, perlu Kawan GNFI tahu, bahwa salah satu dari daftar tersebut, terselip satu desa dari Indonesia yang memiliki keindahan yang luar biasa. Penasaran? Berikut adalah daftar 10 desa terindah di dunia :

1. Nagari Pariangan, Indonesia

Nagari Pariangan merupakan salah satu desa di Provinsi Sumatra Barat, Indonesia. Desa Pariangan disebut-sebut sebagai desa terindah di dunia yang memiliki peranan paling penting dalam hal budaya di masyarakat Minagkabau. Ciri khas dari desa Pariangan yakni memiliki atap yang runcing dan terawat dengan baik pun untuk rumah adat yang berusia lebih dari 300 tahun, dinding yang terbuat dari anyaman rotan dan kayu serta masjid dari abad ke-19 yang masih digunakan dengan mata air panas yang masih ada.

Baca juga: Mengenal Nagari Pariangan, Desa Kuno yang Dinobatkan Sebagai Desa Terindah di Dunia

2. Bibury, Inggris

Bibury adalah desa khas Cotswold yang menawan dengan bangunan batunya yang terbentang di sepanjang tepi Sungai Coln, yakni sungai yang mengalir melalui Bibury, terjepit di antara jalan utama dan hamparan padang rumput air rawa yang dikenal sebagai Pulau Rack.

3. Savoca, Italia


Savoca (Messina) adalah salah satu pemukiman dengan nuansa desa dan menjadi salah satu desa terindah di italia. Nama Savoca berasal dari tumbuhan elder yakni savucu jika diucapkan dalam dialek Sisilia yang merupakan tanaman semak dengan bunga berwarna putih dan harum yang masih tumbuh liar di celah-celah di antara rumah. Terdapat beberapa gereja di dalam desa Savoca yang semakin menambah keindahan desa ini, yakni Gereja San Michele dan Gereja San Nicolo.

4. Wengen, Swiss

Wengen adalah salah satu desa yang berada di negara Swiss tepatnya di pegunungan Bernese Oberland Swiss Tengah dengan ketinggian sekitar 1.274 mdpl. Wengen dilayani oleh sistem rel kereta api Wengernalpbahn (WAB) yang dapat diakes langsung dari Lauterbrunnen.

Baca juga: Terbersih di Dunia, Inilah 4 Rahasia Kebersihan Desa Wisata Panglipuran Bali

5. Eze, Prancis

Eze memiliki pemandangan Mediterania yang luas dan memiliki pesona abad pertengahan yang terawat dengan baik sehingga menjadikan daerah di puncak tebing ini memiliki keindahan yang memikat mata.

6. Cesky Krumlov, Republik Ceko

Nama Krumlov berasal dari bahasa Jerman yakni krumme aue yang artinya padang rumput bengkok karena topografi alam desa tersebut khususnya di sekitar sungai Vitava yang berliku. Desa ini tumbuh dengan kastil gotik abad ke 13 dari Penguasa Krumlov terdahulu.

7. Shirakawa-go, Jepang

Desa Shirakawa-go merupakan desa bersejarah Shirakawa-go dan Gokayama yang kini menjadi warisan dunia UNESCO. Desa tersebut dibangun dengan rumah yang bergaya gassho yakni dengan atap berbentuk segitiga yang memiliki makna layaknya tangan terlipat seperti seseorang sedang berdoa. Panorama desa bergaya gassho ini akan terlihat kehijauan ketika musim semi yang semakin menambah keindahan desa Shirakwa-go

8. Chimayo, AS

Chimayo merupakan sebuah desa kecil di kaki bukit Pegunungan Sangre De Cristo yang dihuni oleh orang Spanyol pada akhir abad ke 17. Suasana yang muncul di desa Chimayo adalah misitisme dan spiritualitas yang mengelilinginya yang mana salah satu penyebabnya kemungkinan karena penyembuhan yang terjadi secara ajaib pada awal abad ke 19.

Baca juga: Mengenal Kutuh, Desa Terkaya di Indonesia dengan Pendapatannya yang Fantastis!

9. Sidi Bou Said, Tunisia

Sidi Bou Said berada sekitar 21 km dari kota Tunis. Semua bangunan yang ada di daerah ini dicat dengan warna putih bersih dan warna biru untuk setiap pintunya, jendela dan ornamen rumah. Desa ini berada di puncak tebing di utara Tunisia sehingga memunculkan warna biru dan puith sejauh mata memandang ke arah Sidi Bou Said.

10. Cua Van, Vietnam

Desa ini terletak di antara tebing batu kapur di teluk Ha Long. Cua Van merupakan desa terapung dengan sekumpulan perahu berlabuh dan rumah rakit yang memiliki warna beragam. Desa ini sendiri berada cukup jauh dari kota Hanoi yakni sekitar 100 mil dengan estimasi perjalanan darat selama enam jam.

Beberapa nama desa di atas adalah yang desa-desa yang terangkum dalam World’s Most Picturesque Villages yang mana desa atau Nagari Pariangan dari Sumatra Barat menjadi salah satu desa terindah di dunia. Lalu, apakah Kawan GNFI sudah pernah menapakkan kaki dan menikmati keindahan salah satu desa terindah di dunia yang ada di Indonesia itu?

==

Sumber Referensi: Budget Travel | Good News From Indonesia (GNFI)

Baca juga:

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini