Yuk, Terapkan Gaya Hidup Go Green dengan 5 Cara Ini

Yuk, Terapkan Gaya Hidup Go Green dengan 5 Cara Ini
info gambar utama

Bumi tempat kita hidup, kini mulai terancam dengan adanya perubahan iklim yang menimbulkan bencana alam di berbagai belahan di dunia. Kondisi ini disebabkan oleh meningkatnya konsentrasi gas karbondioksida dan gas-gas lainnya di atmosfer sehingga menyebabkan efek gas rumah kaca.

Untuk itu, manusia perlu umenerapan gaya hidup ‘go-green’ guna mencegah perubahan iklim. Banyak orang yang masih memiliki presepsi bahwa gaya hidup ‘go-green’ adalah gaya hidup yang mahal dan ribet. Padahal, gaya hidup ini juga mudah lho dilakukan sehari-hari. Hal apa saja yang harus Kawan lakukan untuk dapat menerapkan gaya hidup ‘go green’ dengan mudah? Yuk, simak pembahasannya.

Matikan lampu
info gambar

1. Matikan Lampu Atau Alat Elektronik yang Tidak Dipakai

Hal paling mudah untuk dilakukan adalah mematikan lampu atau alat elektronik yang tidak terpakai agar lebih hemat enegi. Hemat energi tak hanya membuat Kawan hemat dalam pengeluaran listrik setiap bulannya, tetapi juga penghematan terhadap sumber energi dari fosil.

Ketika satu orang mulai sadar untuk mematikan lampu dan alat elektronik yang tidak terpakai, maka hal tersebut dapat mengurangi keluaran gas karbondioksida yang dihasilkan oleh pembangkit listrik. Bayangkan jika seua orang secara kolektif melakukan ini, tentu perubahan iklim dapat dicegah.

Memilih baju
info gambar

2. Cermat Memilih Baju

Sektor industri fashion adalah salah satu penyumbang polusi terbesar. Industri fashion masih menyumbang polusi air, sampah beracun, juga sisa bahan yang menumpuk dalam waktu yang singkat.

Mulai sekarang Kawan dapat lebih cermat membeli baju dengan memilih baju yang benar-benar akan kita kenakan, jangka waktu penggunaan dan pertimbangan bahan. Pastikan Kawan membeli baju dengan bahan berkualitas sehingga baju berumur panjang, ya!

Selain itu, Kawan juga bisa membeli baju-baju second-hand atau yang bisa disebut juga dengan thrifting. Baju 'second hand' tak jarang memiliki kondisi masih bagus dan harga miring.

3. Tidak Lagi Menggunakan Kantong Plastik

Saat ini hanya kota-kota tertentu yang menyetop penggunaan kantong plastik. Contohnya adalah Jakarta. Hal ini dilakukan agar masyarakat mulai untuk menggunakan kantong belaja yang lebih ramah lingkungam. kantong belanja seperti ini bisa digunakan berkali-kali sehingga tidak menimbulkan sampah.

Gunakan transportasi publik
info gambar

4. Rutin Menggunakan Transportasi Umum

Kita tahu bahwa asap kendaraan membawa polusi yang merusak bumi dan kesehatan manusia. Untuk itu, Kawan dapat memilih untuk bersepeda atau menggunakan transportasi umum guna mengurangi emisi gas yang dibawa oleh kendaraan-kendaraan pribadi, baik motor ataupun mobil ketika beraktivitas.

5. Pilih Makanan Lokal yang Sehat

Tahukah Kawan kalau makanan yang kita konsumsi ternyata sangat berdampak pada lingkungan? Hal ini dikarenakan industri makanan sendiri menyumbangkan emisi karbon substansial dalam proses pengiriman produk di seluruh dunia. Jadi, ketika konsumsi makanan lokal dan organik akan membantu melestarikan lingkungan juga kesehatan.

Itulah beberapa cara yang bisa Kawan lakukan guna menerapkan gaya hidup 'Go Green'. Cukup mudah, bukan? Yuk, mulai menerapkannya. Jika bukan kita, siapa lagi? (YUR)

Referensi: GoGreen.com

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini