Indonesia Jadi Salah Satu Produsen Alas Kaki Terbanyak di Dunia

Indonesia Jadi Salah Satu Produsen Alas Kaki Terbanyak di Dunia
info gambar utama

Kawan GNFI, alas kaki tidak bisa dipisahkan dengan kehidupan sehari-hari. Selain sebagai pelindung kaki, saat ini sepatu maupun sandal juga berfungsi sebagai penunjang penampilan dan fashion. Dengan berbagai kebutuhan yang beragam, banyak negara pun memproduksi alas kaki dengan model dan menarik untuk pria maupun wanita.

Dari sekian banyak negara, Cina adalah produsen alas kaki terkemuka dunia pada tahun 2019, dengan total produksi sekitar 13,5 miliar pasang alas kaki. Menurut data dari statista.com, Cina, India, Vietnam, dan Indonesia adalah produsen besar dalam industri ini. Keempat negara tersebut menyumbang lebih dari 75 persen produksi alas kaki di seluruh dunia pada 2019.

Selain keempat negara tersebut masih ada negara lain yang memproduksi alas kaki seluruh dunia. Berikut 10 negara dengan produksi alas kaki terbanyak di seluruh dunia

Caption
info gambar

1. Cina

Produsen alas kaki besar dunia pada tahun 2019 adalah Cina dengan total produksi sekitar 13,5 miliar pasang alas kaki. Sejak tahun 2013, Cina selalu konsisten memproduksi alas kaki di atas 13 miliar pasang setiap tahunnya. Pasar domestik yang besar menjadikannya pasar utama produk alas kaki buatan Tiongkok.

2. India

Urutan kedua India dengan produksi tahunan 2,6 miliar pasang alas kaki per tahun 2019. Produksi alas kaki India telah mengalami peningkatan dalam beberapa tahun terakhir. Material berkualitas tinggi dan harga murah memungkinkan peningkatan produksi. Segmen utama produsen sepatu maupun sandal India lebih fokus untuk pria.

3. Vietnam

Dalam beberapa tahun terakhir produksi alas kaki di Vietnam meningkat sekitar 100 juta pasang alas kaki. Pada 2019, Vietnam memproduksi 1,4 miliar pasang alas kaki. Tak hanya untuk pasar nasional, 90% alas kaki yang dibuat di Vietnam diekspor ke luar negeri. Produksi alas kaki Vietnam berkisar dari sepatu biasa, sepatu bot dan sandal.

4. Indonesia

1,2 miliar pasang alas kaki diproduksi Indonesia pada tahun 2019. Sejak 2015, Indonesia mampu menghasilkan satu miliar pasang alas kaki setiap tahunnya. Jumlah yang diproduksi tersebut termasuk alas kaki yang dibuat untuk merek lokal serta merek internasional. Negara tujuan ekspor alas kaki Indonesia adalah Amerika Serikat, Belgia, Cina, Inggris hingga Italia.

5. Brasil

Brasil memprodusksi 908 juta pasang alas kaki pada 2019. Semua alas kaki tersebut di antaranya digunakan untuk ekspor dan pasar nasional. Bahan baku seperti kulit di Brasil yang berkualitas tinggi dan ditambah dengan upah rendah memungkinkan Brasil menghasilkan alas kaki dalam jumlah yang banyak.

6. Turki

Turki berhasil memproduksi sekitar 535 juta pasang alas kaki pada 2019. Negara tersebut memiliki berbagai produsen jenis alas kaki seperti sepatu bot, sepatu tenis, dan sandal. Turki memiliki sekitar 6.887 perusahaan untuk memproduski alas kaki.

7. Pakistan

481 juta pasang alas kaki dalam setahun diproduksi Pakistan pada 2019. Pameran alas kaki Internasional Pakistan dan asosiasi produsen alas kaki Pakistan telah membuat produksi alas kaki di negara ini besar dan terkenal di seluruh dunia.

8. Bangladesh

Bangladesh saat ini berada di posisi ke-8 di pasar alas kaki global dengan volume produksi 407 juta pasang di 2019. Permintaan domestik untuk industri alas kaki sekitar 200 sampai 250 juta pasang setahun, kemudian sisanya untuk diekspor. Pada 2018-2019, Bangladesh telah mengekspor alas kaki kulit senilai US$607,88 juta dan non-kulit senilai US$271,53 juta.

9. Meksiko

Menghasilkan sekitar 251 juta pasang alas kaki pada tahun 2019, Meksiko menjadi negara ke-9 yang memproduksi alas kaki dengan volume besar. Tenaga kerja yang terampil, desain yang bagus, dan bahan berkualitas dengan harga terjangkau membuat alas kaki buatan Meksiko diminati di pasar nasional dan internasional

10. Italia

Negara asal pizza ini memproduksi sekitar 179 juta pasang alas kaki selama satu tahun. Italia adalah salah satu pilar industri alas kaki karena mereka memiliki desainer unik yang mampu membuat alas kaki mereka menjadi trendsetter.

==

Sumber: Statista.com | Zipfixs.com | Eblsecurities.com

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini