Sederet Manfaat Me Time untuk Kesehatan

Sederet Manfaat Me Time untuk Kesehatan
info gambar utama

Ketika rutinitas sehari-hari semakin bertambah, ada kalanya seseorang akan mengalami kelelahan yang berlebihan atau yang biasa disebut dengan burnout. Apakah kawan pernah mengalaminya?

Untuk mengatasinya, Kawan dapat melakukan ‘me time’ atau mengalokasikan waktu dengan diri sendiri guna menurunkan stres, meningkatkan produktivitas, dan mengembalikan lebih banyak energi.

Ada masa ketika seseorang pelu untuk memberi energi positif bagi mental. Me time dapat dilakukan sesuai dengan hobi dan kegemaran Kawan. Ada yang menghabiskan me time dengan membaca buku, travelling, mendengarkan musik, travelling dan masih banyak lagi.

Selain dapat membuat Kawan menjadi lebih bahagia, me time ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan terutama kesehatan mental. Yuk, simak manfaat yang akan Kawan dapatkan ketika melakukan me time berikut ini.

Me Time
info gambar

1. Menjernihkan Pikiran

Berbagai permasalahan mulai dari masalah pendidikan, keuangan, hubungan dengan orang sekitar dapat menjadi penyebab pikiran seseorang dapat menjadi kalut atau kacau. Otak kita dipakai untuk senantiasa berpikir untuk menyelesaikan hal-hal tersebut. Padahal, otak juga butuh beristirahat agar dapat berfungsi dengan baik.

Untuk itu, manfaat me time dapat membuat pikiran pun menjadi lebih jernih sehingga Kawan menjadi lebih fokus dalam berpikir untuk menyelesaikan masalah.

2. Melatih Kreativitas

Memberikan waktu untuk diri sendiri penting untuk memunculkan ide kreatif. Misalnya, Kawan yang memiliki hobi menggambar, ketika me time untuk menggambar sendiri, maka Kawan akan menjadi lebih kreatif.

Hal ini didukung oleh penelitian yang dilakukan oleh Washington University, Amerika Serikat. Faktanya, orang yang memikirkan ide sambil berkelompok cenderung memiliki lebih sedikit ide ketimbang orang yang menyendiri untuk mencari ide lalu bekerja berkelompok.

3. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Ketika melakukan me time, tubuh menjadi lebih rileks. Tak hanya itu, tubuh juga mengeluarkan hormon serotonin yang membuat seseorang menjadi lebih bahagia. Ketika seseorang menjadi lebih bahagia, maka hal tersebut dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung .

Dalam studi yang dilakukan oleh European Heart Journal, seseorang yang memiliki perasaan bahagia akan mengalami penurunan risiko penyakit jantung hingga 22 persen.

4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Selain mengurasi risiko terkena penyakit jantung, melakukan me time juga ternyata dapat meningkatkan daya tahan tubuh lho.

Dalam sebuah studi yang dilakukan di Amerika Serikat, me time ampuh untuk mengeluarkan emosi positif dalam tubuh. Orang yang memiliki emosi positif, berupa perasaan bahagia, berenergi, dan tenang cenderung lebih jarang terkena penyakit flu karena emosi positif membentuk imunitas secara alami.

Melepas stres
info gambar

5. Mengatasi Stres

Salah satu manfaat me time adalah untuk mengatasi stres. Melakukan hobi atau kegiatan yang disukai tanpa gangguan orang lain dapat menurunkan tingkat stres seseorang. Sehingga, risiko Kawan terkena berbagai penyakit seperti hipertensi, diabetes, dan penyakit jantung pun akan berkurang.

6. Bertemu dengan Orang yang Memiliki Hobi Sama

Me time juga membuat seseorang dapat menghabiskan waktu untuk mendalami hobi di tengah aktivitas yang padat. Sehingga, me time memungkinkan Kawan untuk bertemu orang-orang baru dengan hobi yang sama dengan Kawan dan menjalin relasi dengan orang tersebut.

Sudah tidak ragu lagi untuk melakukan me time, Kawan? Yuk, lakukan bermanfaat untuk me time Kawan. (YUR)

Referensi: halodoc

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini