Yuk, Mulai Hari dengan Kebiasaan Baik dan Berkualitas!

Yuk, Mulai Hari dengan Kebiasaan Baik dan Berkualitas!
info gambar utama

Apa yang Kawan mulai pada pagi hari akan menentukan keseluruhan hari tersebut. Jika diawali dengan energi positif, maka kemungkinan besar hari Kawan akan berjalan lancar dan berakhir menyenangkan. Maka dari itu, penting melakukan kebiasaan baik berkualitas di pagi hari yang mampu mendorong energi positif.

Nah, di tulisan kali ini, Kawan akan diajak memulai hari dengan kebiasaan baik. Yuk!

Bangun Lebih Awal di Pagi Hari

Ilustrasi © ngovee.com
info gambar

Penelitian yang dilakukan oleh University of Toronto mengungkapkan bahwa seseorang yang bangun lebih awal di pagi hari umumnya lebih bahagia dan memiliki tingkat kepuasan yang tinggi dengan kehidupan mereka.

Sebaiknya, bangun lebih awal di pagi hari sekitar 3 jam sebelum memulai aktivitas sehari-hari. Dengan begitu, Kawan dapat menikmati pagi hari dengan tenang tanpa perlu terburu-buru. Setelah bangun, Kawan masih memiliki cukup waktu untuk menyiapkan kebutuhan, berolahraga, jalan pagi, sarapan bergizi, dan kegiatan lainnya yang dapat meningkatkan mood baik.

Bangun lebih awal juga dapat meningkatkan konsentrasi, daya ingat, dan produktivitas. Mulailah kebiasaan baik secara perlahan dengan tidur lebih cepat di malam hari. Untuk membantunya, Kawan bisa menjauhkan gawai minimal 30 menit sebelum tidur, memadamkan lampu kamar, dan memasang alarm.

Berolahraga Ringan

Ilustrasi © SehatQ.com
info gambar

Kawan pasti sudah paham betul bahwa olahraga berpengaruh baik untuk kesehatan dan kebugaran. Tapi, kenapa sih harus memulai hari dengan berolahraga? Hal ini karena saat berolahraga, tubuh memproduksi hormon endorfin sebagai penghilang rasa sakit alami. Apabila otak menerima endorfin di pagi hari, maka Kawan akan memulai hari dengan lebih optimis dan percaya diri.

Kawan hanya perlu membiasakan diri. Lakukan kebiasaan baik ini sebelum beraktivitas pada hari itu, sediakan waktu setidaknya 30 menit untuk berolahraga ringan. Kawan bisa olahraga dengan mendengarkan alunan musik atau mengajak anggota keluarga agar lebih semangat.

Meditasi

Ilustrasi © Glintzmedia.co
info gambar

Kawan dapat terhindar dari emosi negatif di pagi hari dengan melakukan meditasi. Kebiasaan ini patut dicoba karena dapat membantu mengontrol emosi lebih baik, menjernihkan pikiran, membuang stres, serta menimbulkan rasa bahagia.

Meditasi merupakan praktik memusatkan hati dan pikiran menjadi lebih tenang. Luangkan waktu untuk dirimu bermeditasi paling tidak 5-10 menit per harinya. Lakukan meditasi dengan memilih posisi nyaman, melatih konsentrasi tinggi, memperhatikan postur tubuh yang tepat, mengatur ritme pernafasan, hingga bebaskan pikiran.

Berjalan Kaki dan Berjemur

Ilustrasi © iStock
info gambar

Kawan bisa menikmati banyak hal sambil berjalan kaki di sekitar rumah, seperti menghirup udara segar tanpa polusi, menstimulasi mata melihat keindahan alam, memanjakan pendengaran dengan suara alam, serta menikmati sinar matahari pagi. Keberkahan yang luar biasa, bukan?

Kawan juga bisa berjemur selama 15 menit di bawah sinar matahari yang masih belum terik. Matahari pagi menghasilkan sinar UV (ultraviolet) yang jika menyentuh permukaan kulit akan berubah menjadi vitamin D. Seolah mendapat vitamin gratis yang baik untuk tubuh!

Selalu Bersyukur

Ilustrasi © news.detik.com
info gambar

Kebiasaan baik terakhir yang menjadi kunci keberhasilan memulai pagi hari adalah bersyukur. Kawan harus berterima kasih pada Tuhan atas karunia hidup di hari itu dan berterima kasih pada diri sendiri karena mampu melalui hari kemarin. Bersyukurlah karena tanpa disadari, hidupmu telah banyak dilimpahkan kebaikan. Hal ini terbukti mampu menjaga kesehatan mental, menstabilkan suasana hati, dan memberikan energi positif

Sebelum memulai hari, Kawan bisa menerapkan kebiasaan baik tersebut sehingga kegiatan pagi hari menjadi lebih berkualitas. Selain hal-hal di atas, adakah kebiasaan baik lainnya yang biasa Kawan lakukan? (RIF)

Referensi:Hello Sehat | Hipwee | IDN Times | Klik Dokter

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini