Inilah Perusahaan Game Asal Indonesia yang Sukses Hingga Mancanegara

Inilah Perusahaan Game Asal Indonesia yang Sukses Hingga Mancanegara
info gambar utama

Siapa di antara Kawan yang suka bermain game? Nah, Kawan harus berbangga diri karena Indonesia memiliki sederet perusahaan game yang tak kalah berkualitas dari perusahaan game asal luar negeri.

Berbagai perusahaan game yang sukses di internasional ini dapat menjadi contoh untuk meningkatkan minat masyarakat mengembangkan industri game dalam negeri. Yuk, simak daftar perusahaan game asal Indonesia yang sukses dan terkenal di dunia.

1. Agate Studio

Agate
info gambar

Agate Studio merupakan perusahaan yang didirikan oleh Arief Widhiyasa yang berkembang di Bandung. Game pertama yang dilunsurkan oleh Agate Studio adalah Earl Grey dan this Rupert Guy.

Tak berhenti disitu, Agate studio juga terus berkreasi dengan menciptakan game Valthirian Arc, Football Saga, Sexy Witch, Teka Teki Santai, Vroom, Game Dilan, dan sebagainya.

Kunci kesuksesan dari Agate Studo dengan manajemen cashflow untuk memastikan bahwa setiap game yang dibuat menghasilkan pemasukan yang lebih banyak dibandingkan pengeluarannya. Hal tersebut krusial untuk meyakinkan investor agar perusahaan game dapat bertahan di industri.

2. Touchten Games

Ramein Chain
info gambar

Siapa yang tidak pernah mendengar game yang dikeluarkan oleh Touchten Games? Mulai dari Sushi Chain, Ramen Chain dan Train Legend. Di antara ketiga game tersebut, Sushi Chain menorehkan prestasi menjadi salah satu game yang banyak diunduh dengan total unduhan sebanyak 1,2 juta kali di Apple App Store. Atas pencapaian tersebut, Discovery Nusantara Capital memutuskan untuk mendanai Touchten Games pada 2016 lalu.

3. Megaxus

Ayodance
info gambar

Ayodance adalah salah satu game yang booming ­ pada awal tahun 2007 yang dibuat oleh PT Megaxus. Perusahaan game ini merupakan publisher dan pengembang games asal Indonesia yang didirikan pada 2006.

Tak hanya membuat game, Megaxus juga menerbitkan video game yang memiliki banyak peminat. Selain AyoDance, ada beberapa game lain yang dibuat yaitu Lineage II, WarRock, GrandChase, CounterStrike Online, hingga Heroes of Atarsia. Inovasi terbaru dari Megaxus adalah membuat AyoDance yang dapat diakses melalui gawai.

4. Gemscool

Lost Saga
info gambar

Untuk pencinta game survival, maka tak lagi asing lagi dengan Gemscool yang pernah mendistribusikan game Point Bank. Berbagai game lain dari Gemscool yang tak kalah seru untuk dimainkan yaitu yaitu Dragon Nest, Lost Saga, dan Black Squad.

Nah, itulah deretan perusahaan game asal Indonesia yang sukses hingga mancanegara. Di antara game di atas, mana game yang pernah Kawan mainkan? (YUR)

Referensi:Dunia Games

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Kawan GNFI Official lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Kawan GNFI Official.

Terima kasih telah membaca sampai di sini