Sejarah Hari Ini (10 Januari 1993) - Pemerintah Jadikan Lembah Harau Cagar Alam

Sejarah Hari Ini (10 Januari 1993) - Pemerintah Jadikan Lembah Harau Cagar Alam
info gambar utama

Lembah dengan ngarai nan megah dan diselimuti hijaunya vegetasi bisa ditemui di Nagari Harau, Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Koto, Provinsi Sumatra Barat.

Sesuai dengan nama daerahnya, lembah yang sekelilingnya terhampar persawahan warga dinamai Lembah Harau.

Selain hamparan sawahnya, Lembah Harau menampilkan pesona dua bukit cadas terjal dengan ketinggian mencapai 150 meter, air terjun, pepohonan, dan satwa endemik seperti monyet ekor panjang (Macaca fascicuralis).

Kucuran air yang mengakibatkan air terjun menjadi pemanis dari cagar alam khas Payakumbuh, Lembah Harau.
info gambar

Dengan banyaknya nilai-nilai keanekaragaman hayati yang perlu dijaga dan dilestarikan, tempat dengan luas 270 hektare ini pun ditetapkan pemerintah Indonesia sebagai cagar alam dan suaka margasatwa pada 10 Januari 1993.

Letak Lembah Harau tidak jauh dari pusat Kota Payakumbuh, jaraknya hanya sekitar 15 kilometer.

Berada di Lembah Harau via Instagram/ chaaarania
info gambar

Selain keindahan alam, Lembah Harau juga menawarkan konsep wisata bertemakan Kampung Eropa, Jepang, dan Korea yang dinamakan Harau Dream Park.

Dibuka sejak 2018, para wisatawan bisa melihat desain bangunan unik penuh warna yang beberapa di antaranya dikelilingi tanaman bunga artifisial, salah satunya pohon sakura.

---

Referensi: Travelingyuk.com | Fisra Afriyanti, "Don't Stop Exploring West Sumatra" | Endah Kurnia Wirawati, "50 Best of Sumatera"

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini