Inilah Serial Animasi 3D Buatan Indonesia yang Sarat Muatan Edukasi

Inilah Serial Animasi 3D Buatan Indonesia yang Sarat Muatan Edukasi
info gambar utama

Sebelumnya, layar kaca nasional lebih sering menayangkan serial yang berasal dari luar negeri. Mulai dari Doraemon, Shinchan, Spongebob Squarepants, Upin & Ipin, hingga Shaun the Sheep. Tak kalah kerennya, kini serial animasi 3 dimensi Indonesia sudah mulai berkembang.

Kawan dapat dengan mudah menikmati serial animasi buatan Indonesia dengan mutu dan kualitas memukau. Serial Indonesia lebih unggul daripada serial kartun asing karena mengandung nilai kearifan lokal sehingga sangat dekat dengan aktivitas sehari-hari. Penyajian jalan ceritanya sederhana dan mudah dipahami, terutama oleh penonton anak-anak.

Berikut serial animasi 3 dimensi yang tak hanya menghibur, tetapi sarat muatan edukasi dan sikap positif.

1. Uwa dan Rimba

Uwa and Friends | Foto: Kompasiana.com
info gambar

Uwa dan Rimba Indonesia merupakan serial film animasi lokal yang dirilis oleh Hicca Studios Yogyakarta pada tahun 2011. Animasi ini yang sangat cocok ditonton anak-anak. Serial bertema edukasi ini mengisahkan kehidupan rimba tiga satwa khas Indonesia yang terancam punah, yakni Badak Bercula Satu (Pito), Harimau Sumatra (Mica), dan Orang Utan (Uwa).

Awalnya bernama "Uwa dan Rimba Indonesia" dan pernah meraih penghargaan juara pertama Indonesia Creative Festival 2012 dari Kementrian Perindustrian. Namun, memasuki tahun 2013, serial ini dikembangkan menjadi konten animasi 3D. Berharap bisa diterima semua anak di seluruh dunia, nama serial ini pun diubah menjadi “Uwa and Friends” dengan tampilan visual lebih menarik dan karakter lebih imut.

Selain ceritanya menghibur, serial ini juga memberikan edukasi untuk anak. Ada banyak pesan moral yang dapat dipetik, seperti menanamkan nilai nilai sosial dalam kehidupan sehari hari, mengenalkan satwa langka, flora, dan fauna khas Indonesia, serta menanamkan kepedulian terhadap alam. Hicca Studio ingin kehadiran film ini dapat membantu 9 pilar kecerdasan anak, utamanya perkembangan motorik dan kemampuan empati sosial anak-anak serta tumbuh bahagia dalam usianya.

2. Petualangan Si Unyil

Petualangan Si Unyil | Foto: Vidio.com
info gambar

Siapa yang tidak mengenal tokoh boneka Unyil? Sosok boneka Si Unyil ini telah menemani di masa kecil sejak tayangan perdananya yang hadir di TV pada 1980-an. Hingga saat ini, Unyil masih menjadi karakter populer di kalangan anak-anak. Sempat terhenti cukup lama, kini Unyil membuat adaptasi serial animasi tersendiri berjudul Petualangan Si Unyil.

Produksi Film Negara (PFN) bekerja sama dengan Telkom Indonesia untuk menggarap serial animasi yang rilis pada tahun 2017. Karya anak bangsa ini patut mendapat apresiasi karena penyajian kualitas gambar, ilustrasi, pengisi suara, dan jalan cerita sangat menarik. Terbukti, serial ini berhasil meraih penghargaan KPI di tahun 2018 kategori Program Televisi Animasi.

PFN ingin membangun industri animasi di Indonesia dengan lebih serius. Tidak hanya sebagai hiburan untuk anak-anak, serial Petualangan Si Unyil juga menyisipkan edukasi pesan moral di setiap ceritanya. Selama menonton serial ini, diharapkan anak Indonesia bisa memperkaya pengetahuan umum dan lebih dekat dengan alam.

3. Nussa

Nussa diproduksi oleh dua perusahaan animasi asal Indonesia The Little Giantz dan 4 Stripe Productions. Telah tayang di YouTube sejak 2018, Walaupun berdurasi pendek, tayangan perdananya di YouTube telah memperoleh lebih dari 1,6 juta penonton dalam kurun waktu tiga hari saja.

Bercerita tentang kehidupan Nussa, anak laki-laki berusia 9 tahun yang lahir dengan kaki tidak sempurna, tetapi keterbatasannya tak menghalangi ia untuk berbuat kebaikan. Nussa memiliki keingintahuan yang tinggi serta pengetahuan agama yang cukup luas. Di serial ini, Nussa ditemani oleh Rara, adik perempuannya yang polos dan lucu.

Serial animasi Nussa dikemas bernuansa islami, tetapi pembawaannya tetap santai dan ringan. Nussa dan Rara sebagai pemeran utamanya akan mengajak penonton untuk menikmati petualangan dan pemecahan masalah kehidupan sehari-hari yang berasaskan ajaran islam.

Ternyata, serial animasi 3 dimensi karya anak bangsa sudah mampu bersaing dengan animasi dari luar negeri. Yuk mari kita dukung bersama untuk memajukan animasi di Indonesia hingga bertaraf internasional! (RIF)

Referensi:Uwa and Friends | Akurat | IDN Times | Tirto | Liputan6

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini