Simak 5 Ide Belajar Keterampilan Baru untuk Mengisi Waktu di Rumah

Simak 5 Ide Belajar Keterampilan Baru untuk Mengisi Waktu di Rumah
info gambar utama

Sebagaimana yang telah diketahui, sejak Maret 2020 pemerintah mengimbau semua masyarakat tetap di rumah untuk menangani penyebaran virus Covid-19. Namun, terlalu lama berdiam diri dan menjalani aktivitas yang sama di rumah rentan menimbulkan rasa bosan. Nah, untuk mengatasinya, cobalah berbagai kegiatan baru.

Kawan bisa memanfaatkan waktu dan kesempatan untuk melakukan kegiatan yang belum sempat terlaksana selama ini. Misalnya saja mempelajari keterampilan baru yang akan menstismulasi dan mengembangkan diri. Keterampilan ini pun tidak menutup kemungkinan akan membuka peluang baru di masa depan.

Berikut ini 5 ide keterampilan baru yang bisa Kawan pelajari untuk mengisi waktu di rumah.

1. Memasak

Memasak Grid.id
info gambar

Kawan bisa mengasah kemampuan mulai dari memasak makanan untuk diri sendiri. Selain mengurangi pengeluaran karena tak perlu membeli makanan dari luar, kebersihan dan kualitas gizinya pun lebih terjamin.

Di zaman sekarang, mudah sekali menemukan informasi hanya dengan mengetikkan kata kunci. Kawan bisa membaca artikel atau menonton video yang membahas teknik memasak dan mempraktikkan resep tertentu. Sebagai pemula, Kawan harus mampu memahami dan membedakan hal mendasar, seperti bumbu dan bahan masakan.

Perlu diingat bahwa sebanyak apapun Kawan belajar, kemampuanmu tak akan berkembang jika tidak turun langsung ke dapur. Pengalaman adalah guru terbaik, jadi, tak apa bila Kawan gagal pada percobaan pertama.

Mulailah mengikuti resep untuk hidangan sederhana. Setelahnya, Kawan bisa mencicipi masakan tersebut, jika kurang yakin, mintalah pendapat yang jujur dan spesifik dari orang-orang sekitarmu. Jangan patah semangat, teruslah mencoba sampai Kawan bisa menyajikan masakan dengan rasa yang pas di lidah.

2. Memainkan Gitar

Memainkan Gitar © Liputan6.com
info gambar

Alat musik gitar memang sangat populer dan sudah tidak asing di telinga kita. Bagi pemula yang ingin belajar memainkan gitar, Kawan bisa menjelajahi situs-situs yang memuat pembelajaran online berupa kelas belajar atau video instruksi.

Ada beberapa hal yang perlu Kawan ketahui sebelum mulai memetik gitar. Yang terpenting pertama adalah kunci dasar gitar, karena setiap kunci menghasilkan nada berbeda. Lalu, memilih posisi memegang gitar yang nyaman dan mengatur senar agar mengeluarkan suara merdu.

Selanjutnya, belajar konsentrasi saat memetik gitar menggunakan kelima jari utnuk menciptakan permainan nada yang indah. Supaya suasana berlatih semakin menyenangkan, pilihlah satu lagu dengan kunci dasar yang sangat mudah untuk dimainkan. Jika diimbangi dengan latihan rutin, tak butuh waktu lama, Kawan akan mahir bermain gitar.

3. Hand Lettering

Hand Lettering © Canva.com
info gambar

Hand lettering merupakan seni menulis indah, seolah-olah ‘menggambar’ huruf supaya tampak artistik. Keterampilan ini akan memberi Kawan ruang berkreasi seluas-luasnya tanpa terikat aturan tertentu. Jadi, jangan takut mencoba karena tak ada tulisan tangan yang benar atau salah.

Lihatlah inspirasi karya di berbagai platform jika masih bingung membentuk tulisan. Kawan juga bisa menonton video untuk mempelajari pergerakan tangan saat membuat hand lettering. Alih-alih sibuk minder melihat orang lain memakai pulpen mahal dan kertas tertentu, sebaiknya mulailah dengan alat apapun yang Kawan punya, seperti pulpen tinta biasa dan kertas hvs.

Tak ada salahnya memanfaatkan waktu luang untuk berlatih hand lettering selama 10 menit setiap harinya. Dengan begitu, Kawan bisa menemukan dan mengkreasikan gaya hand lettering sesuai selera. Kawan bisa menulis kalimat bijak dan membingkainya untuk hiasan dinding di rumah, menyenangkan, bukan?

4. Menjahit

Menjahit © Pinterpandai.com
info gambar

Jika selama ini keterampilan menjahitmu hanya untuk memperbaiki sobekan baju atau kancing lepas, sudah saatnya Kawan mencoba kreasi yang lebih bermanfaat. Melihat keterbatasan stok masker di awal pandemi, bisa menjadi inspirasi bagi Kawan untuk belajar menjahit masker.

Perhatikan setiap detail pola dan potongan dengan membongkar baju, rok, atau celana tak terpakai. Kawan bisa memanfaatkan kain sisa yang ada di rumah. Lalu, mulai belajar menjahit pola dan potongan sederhana, seperti totebag, sarung bantal, atau tatakan gelas.

5. Melukis

Melukis © Fustany.com
info gambar

Buat para pengagum seni, yuk jadikan waktumu di rumah kian produktif dengan melukis. Melukis mampu mengurangi stres, meningkatkan memori, mengasah konsentrasi, serta menambah kreativitas.

Tidak hanya untuk anak-anak, orang dewasa pun memiliki kesempatan untuk mulai belajar menyapukan kuas cat berwarna di atas media lukis. Kawan boleh latihan melukis dengan peralatan seadanya, seperti watercolour atau cat air dengan media kertas atau kanvas.

Lukislah objek sederhana yang tidak membutuhkan pewarnaan rumit. Kini, sudah banyak online shop yang menjual paket melukis berisi kuas, cat air, dan kanvas yang sudah digambar pola. Hal ini tentu akan memudahkanmu.

Kawan juga bisa mengambil kelas melukis secara online kalau ingin lebih serius mempelajarinya. Ada banyak situs yang menawarkan instruksi bagi seniman pemula. Supaya semakin tertantang, ikutilah challenge melukis dari berbagai akun media sosial.

Bukankah menyenangkan bisa mempelajari dan mengasah keterampilan tanpa perlu keluar rumah? Yuk, manfaatkan momen luang di rumah aja untuk aktivitas penuh makna! (RIF)

Referensi:Pop Mama | Indozone | Brilio | Rimma

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini