Bikin Ngiler, UMK Karawang Catat Rekor Tertinggi Nasional

Bikin Ngiler, UMK Karawang Catat Rekor Tertinggi Nasional
info gambar utama

Sebelum menanamkan modal, upah merupakan elemen yang sangat diperhatikan oleh investor. Sebaliknya, para pencari kerja juga selalu ingin mengetahui berapa standar upah yang akan diterimanya. Saking pentingnya, pemerintah turun langsung mengatur penetapan upah di tingkat provinsi dalam bentuk Upah Minimum Provinsi (UMP) dan kabupaten/kota dalam bentuk Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK).

Mengacu pada Ketentuan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI No. 7/2013, mendefinisikan bahwa UMK adalah upah bulanan paling rendah yang terdiri atas upah inti termasuk juga tunjangan masih yang berlaku di daerah kabupaten atau kota sesudah diputuskan oleh gubernur. Setiap tahun, upah minimum di beberapa daerah di Indonesia akan mengalami rekonsiliasi dan dievaluasi oleh gubernur di wilayahnya masing–masing, sehingga selalu mengalami perubahan.

Dasar Penetapan Upah Minimum

Penetapan Upah Minimum didasarkan pada Kebutuhan Hidup Layak (KHL) dengan memperhatikan produktivitas dan pertumbuhan ekonomi yang dihitung berdasarkan kebutuhan hidup pekerja dalam memenuhi kebutuhan mendasar yang meliputi kebutuhan akan pangan 2.100 kkal, perumahan, pakaian, pendidikan, dan sebagainya.

Awalnya penghitungan upah minimum dihitung didasarkan pada Kebutuhan Fisik Minimum (KFM). Kemudian terjadi perubahan penghitungan didasarkan pada Kebutuhan Hidup Minimum (KHM). Perubahan itu disebabkan tidak sesuainya lagi penetapan upah berdasarkan kebutuhan fisik minimum semata.

UMK Karawang

Status wilayah dengan Upah minimum kabupaten/kota tertinggi masih disandang Kabupaten Karawang. Ditengah pandemi, UMK Karawang justru naik. Nominalnya mencapai Rp4.798.312, naik Rp203.988 dari periode sebelumnya.

Upah minimum Karawang tercatat selalu mengalami kenaikan tiap tahun. Pada 2010, Karawang hanya memiliki UMK senilai Rp1,15 juta. Kemudian pada 2016 naik menjadi Rp3,33 juta, meningkat berturut-turut hingga pada 2011 berhasil mencatatkan rekor tertinggi nasional.

UMK Karawang dibanding wilayah lain

Tingginya nominal UKM Karawang menjadikannya sebagai wilayah dengan upah minimum tertinggi di Indonesia tahun ini. Nilainya jauh melampaui ibu kota Jawa Barat, Kota Bandung, dengan selisih Rp1,05 juta. Bahkan lebih tinggi dari ibu kota RI, Jakarta, yang mencatatkan selisih Rp382 ribu.

Sementara Semarang dan Yogyakarta menjadi ibu kota provinsi yang memiliki UMK paling kecil. Masing-masing mencatatkan nominal Rp2,81 juta dan Rp2,06 juta. Padahal harga kebutuhan pokok dan properti di wilayah tersebut tidak beda jauh dengan Karawang.

Faktor Utama Tingginya UMK Karawang

Industrialisasi menjadi faktor utama tingginya UMK Karawang. Kabupaten yang dulu dijuluki sebagai lumbung padi, kini telah bertransformasi menjadi kawasan industri terkemuka di Asia Tenggara.

Bukan hanya itu, kawasan industri di Karawang juga memiliki peralatan terlengkap dan tercanggih di Asia Tenggara. Letak Karawang yang strategis dan infrastuktur penunjang yang lengkap juga turut mendorong majunya industri di Kawarang.

Sesuai dengan julukannya sebagai kota industri, kini ribuan perusahaan dan pabrik telah berdiri di atas lahan yang mencapai jutaan hektare.

Berdasarkan data yang dihimpun dari Disnakertrans Kabupaten Karawang, dijelaskan bahwa hingga 2018, jumlah pabrik yang beroperasi di kabupaten ini sebanyak 1.762 pabrik.

Rinciannya, pabrik swasta sebanyak 787, PMDN sebanyak 269, PMA sebanyak 638, dan Joint venture tercatat sebanyak 58 pabrik.

Masih berdasarkan data Disnakertrans Karawang, hingga tahun 2018 terdapat 13.756.358 hektare luas lahan yang diplot sebagai industri. Hingga sekarang, kemungkinan jumlah pabrik dan luas area industrinya bertambah.

Kawasan industri terbesar di Karawang

Beberapa Kawasan industri di Karawang yang menjadi markas dari perusahaan-perusahaan besar di antaranya:

Kawasan industri KIIC

Terletak di kecamatan Telukjambe kabupaten Karawang dan beralamat di Graha KKIC Jl. Permata Raya LOT C-1B Kawasan Industri KIIC Karawang . Kawasan Industri KIIC adalah perusahaan patungan antara Sinar Mas Tanah dan ITOCHU Corporation Jepang. Ini meliputi area seluas 1.200 hektare.

Beberapa perusahaan yang bermasrkas di KIIC meliputi, PT Astra Daihatsu (engine plant), PT Astra Daihatsu (casing plant), PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia, PT Yamaha Motor West Java (Yamaha WJ), PT Aisin Indoneisa Automotive.

Kawasan industri Mitra Karawang

Kawasan Industri Mitra Karawang berdiri pada tahun 1989 yang berlokasi di Karawang, tepatnya di Desa Parungmulya, Kecamatan Ciampel – Karawang, Jawa Barat, dengan total area seluas ± 500 Ha. Kawasan Industri Mitrakarawang mulai beroperasi secara komersial pada tahun 1992.

PT Honda Prosper Motor (HPM) merupakan salah satu perusahaan besar yang bermarkas di Kawasan industri Mitra Karawang.

Kawasan industri Pupuk Kujang

PT Kawasan Industri Kujang Cikampek ( KIKC ) adalah anak perusahaan PT Pupuk Kujang yang berlokasi di Cikampek. KIKC mengelola kawasan industri seluas 140 hektare.

Kawasan industri Surya Cipta

Kawasan Industri Surya Cipta terletak di Karawang, 55 kilometer timur Jakarta, dengan akses langsung ke Jakarta-Cikampek Toll Road dan berdiri pada tahun 1990.Beralamat di Jl. Surya Lestari Ciampel - Kerawang.

Perusahaan yang bermarkas di Kawasan Industri Surya Cipta di antaranya adalah PT GS Battery Karawang dan PT Brigstone Karawang.

Adapun zona industri Karawang yang dicantumkan dalam penataan ruang, yakni dititikberatkan pada sejumlah kecamatan meliputi Kecamatan Telukjambe Timur, Cikampek, Klari, Purwasari, Pangkalan, dan Rengasdengklok.

Letak Kawarang yang Strategis

Diapit oleh dua wilayah metropolitan terbesar di Indonesia, Jabodetabek dan Bandung Raya, memberi keuntungan tersendiri bagi Karawang. Terutama dari segi akomodasi dan pembangunan.

Di masa depan, Karawang juga akan tersambung dengan kawasan metropolitan baru Segitiga Rebana (Cirebon, Patimban dan Majalengka) yang terkoneksi langsung dengan pelabuhan internasional Patimban dan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati, Majalengka.

Fasilitas penunjang yang lengkap

Sudah disebutkan sebelumnya, bahwa karawang merupakan kawasan industri terbesar di Indonesia. Juga terlengkap dan tercanggih dalam hal teknologi industrinya. Tak heran jika pembangunan infrastruktur di kawasan ini pun semakin maju.

Karawang yang berlokasi di bagian timur kota Jakarta ini, merupakan kawasan strategis. Berbagai moda transportasi tersedia untuk menjangkau kawasan ini, baik darat, laut, maupun udara. Dengan demikian akses dari dan menuju karawang dapat ditempuh dengan cepat dan mudah.

Untuk jalur darat, akses tol banyak tersedia, juga kereta listrik, commuter line, bus, hingga MRT tersedia. Semua moda transportasi ini juga dan sudah berintegrasi dengan beragam daerah lain di Jabodetabek. Untuk akses jalur laut dan udara juga mudah. Sebab kawasan karawang dekat dengan bandar udara dan pelabuhan.

Sementara itu, di Karawang juga telah tersedia fasilitas perbelanjaan seperti pasar, pertokoan hingga mall. Juga fasilitas penunjang lainnya seperti fasilitas pendidikan, hiburan, bisnis hingga pariwisata.

Gelontoran dana investasi yang tak henti

Kawasan industri Surya Cipta, Karawang.
info gambar

Sebagai catatan, nilai investasi yang masuk ke karawang hingga akhir triwulan ke-3 tahun 2019 mencapai Rp15,13 triliun. Investasi ini menyerap 5.070 orang tenaga kerja. Jumlah investasi tersebut didominasi oleh penanaman modal asing. Untuk penanaman modal dalam negeri, hanya sejumlah Rp 2.181 triliun.

Investasi yang masuk ke Karawang pada tahun 2019 lalu ini, masih lebih tinggi dari tahun-tahun sebelumnya. Investasi pada tahun 2018 saja contohnya, hingga akhir triwulan ke-3 total investasi yang masuk ke Karawang mencapai Rp 9,525 triliun. Lebih rendah dari jumlah investasi di tahun 2019. Masih tingginya nilai investasi ini, menandakan bahwa Karawang masih merupakan daerah favorit untuk berinvestasi.

Di dukung letaknya yang strategis (dekat dengan ibu kota), sarana dan prasarana yang lengkap sampai akses transportasi yang terhubung seperti jalan tol, kereta hingga Pelabuhan membuat Kawarang menjadi wilayah tujuan investasi yang menjanjikan.

Seiring pesatnya pembangunan Karawang yang didorong oleh kawasan industri, wilayah ini pun kini telah menjelma menjadi kawasan utama industri nasional. Maka tak heran, nilai UMK Karawang selalu menjadi yang tertinggi setiap tahunnya. Nominal UMK yang tinggi membuat kabupaten ini selalu menjadi incara para joobseeker.

==

Referensi:

Sumber Referensi : Disnakertrans Kabupaten Karawang | KIIC Karawang | Historia

Baca juga:

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini