Deretan Minuman Tradisional Indonesia yang Tak Kalah dari Boba

Deretan Minuman Tradisional Indonesia yang Tak Kalah dari Boba
info gambar utama

Penulis: Thalitha Avifah Yuristiana

Boba semakin populer belakangan ini. Boba menjadi varian topping yang kerap ditambahkan pada kopi dan teh di banyak kedai minuman. Bola-bola kecil yang kenyal tersebut pada mulanya berasal dari Taiwan.

Boba mulai berkembang sejak tahun 1980-an dari sebuah toko minuman teh di negara tersebut. Toko tersebut memiliki popularitas di kalangan siswa sekolah karena lokasinya yang strategis kala itu. Lewat toko tersebut tercetuslah bubble tea yang kini kerap kita temui sehari-hari. Hal tersebut membuat toko minuman teh tersebut semakin berkembang.

Eits, untuk Kawan penyuka boba, Indonesia juga memiliki beberapa minuman sejenis boba yang sayang untuk dilewatkan, lho. Beberapa minuman tradisional Indonesia ini tak kalah enak dan menyegarkan. Rasanya juga bervariatif dengan isian yang beragam. Yuk, simak minuman sejenis boba dari Indonesia berikut ini.

1. Cendol

Es cendol
info gambar

Cendol merupakan minuman sejenis boba yang biasanya dinikmati dengan es parut, gula merah cair dan santan. Minuman termasuk minuman khas sunda yang pada awalnya terbentuk dari tepung hunkwe. Namun, dalam perkembangannya, cendol kini terbuat dari tepung beras.

Cendol memiliki nama lain di Jawa Tengah yaitu Dawet. Meskipun begitu, ternyata ada perbedaan tekstur dan rasa antara cendol dan dawet di masing-masing daerah. Misalnya di Banjarnegara lebih dikenal dengan nama Dawet Ayu, serta Ponorogo yang terkenal dengan Dawet Jabung.

2. Sagu Mutiara

Mutiara sagu
info gambar

Minuman sejenis boba lainnya yang tak kalah enak adalah sagu mutiara. Sagu mutiara merupakan merupakan makanan yang memiliki tekstur kenyal dan berbentuk mutiara kecil warna khas merah, putih, dan hijau seperti namanya. Sagu mutiara biasa dinikmati dengan beberapa cara seperti mencampurnya dengan es cendol, dibuat puding hingga diolah menjadi jenang mutiara yang dinikmati bersama santan.

3. Kolak Biji Salak

Kolak
info gambar

Kolak biji salak kerap menjadi makanan pembuka puasa pada bulan puasa. Minuman sejenis boba ini memiliki rasa yang manis. Kolak sendiri berasal dari kata ‘Khalik’ yang memiliki Sang Pencipta Langit dan Bumi.

Kolak biji salak ini juga menjadi salah satu makanan yang digunakan penyebaran ajaran agama Islam di Pulau Jawa oleh para ulama. Kolak biji salak adalah modifikasi dengan cara mengolah ubi jalar oranye yang dicampur dengan tepung tapioka dan dibentuk menyerupai biji buah salak, kemudian dihidangkan dengan campuran santan.

4. Es podeng

Es podeng
info gambar

Minuman ini berasal dari bahasa Bahasa Belanda yang berarti putar. Hal tersebut dikarenakan proses pembuatan es yang diterapkan yang menggunakan mesin yang terus menerus berputar. Meski terkenal di Jakarta, es tradisional Indonesia diyakini dibawa pedagang asal Garut. Es podeng ini memberikan sensasi kesegaran dengan berbagai bahan di dalamnya seperti roti, kacang tanah, dan agar-agar yang tak kalah dari minuman boba.

Nah, mana nih minuman sejenis boba khas Indonesia yang Kawan sukai?

Referensi: Kompas | CNN Indonesia

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini