Intip Keunikan 4 Produk Homemade dari UMKM Lokal

Intip Keunikan 4 Produk Homemade dari UMKM Lokal
info gambar utama

Seiring berkembangnya zaman, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia mengalami pertumbuhan yang signifikan. Produk UMKM homemade atau buatan rumah menjadi salah satu dari sekian produk yang pasarnya menjanjikan. Meski kuantitasnya terbatas, tetapi kualitasnya tak kalah dengan produk buatan pabrik.

Bisnis UMKM homemade mampu menawarkan kelebihan yang bahkan tidak ditemukan pada produk buatan pabrik. Tak jarang pula, produk homemade membutuhkan pemesanan khusus sesuai keinginan konsumen sehingga produknya lebih eksklusif. Oleh karena itu, produk buatan rumah memiliki keunikan dan nilai tambah tersendiri.

Berikut rekomendasi empat UMKM lokal produksi rumahan yang memiliki nilai tinggi dalam setiap produknya.

Peek.Me Naturals

Peek.Me Naturals © Instagram.com/peekme.naturals
info gambar

Peek.Me Naturals merupakan UMKM asal DKI Jakarta yang berdiri pada tahun 2016. UMKM ini menghasilkan berbagai produk natural berbahan dasar aromaterapi untuk kebutuhan kesehatan, seperti insomnia, GERD, dan sebagainya. Bagi Kawan yang ingin mengurangi atau berhenti mengandalkan obat-obatan sintetis, produk Peek.Me Naturals bisa menjadi alternatifnya.

Peek.Me Naturals ingin membagikan kebaikan alam untuk seluruh masyarakat Indonesia.Tak tanggung-tanggung, seluruh produknya diracik dengan formula tanaman aromatik asli Indonesia. Kawan juga tidak perlu khawatir, setiap produknya telah teruji klinis sehingga aman digunakan dan minim efek samping untuk tubuh.

UMKM satu ini menyediakan produk remedy, personal care, dan weight management. Beberapa produk di antaranya, bye bye odor (deodoran alami), goodnight sleepyhead dan dreamland ticket (membuat tidur lebih baik), bye bye eczema (mengatasi eksim), anti allergy (mengurangi reaksi alergi pernapasan), belly fat buster dan bye bye laper (membantu mengatur berat badan), serta produk perawatan lainnya.

Peek.Me Naturals juga selalu menekankan pentingnya kesehatan preventif melalui berbagai workshop, event, dan konsultasi kesehatan.

Coco Soapworks

Coco Soapworks © Instagram.com/cocosoapworks
info gambar

Coco Soapworks berdiri pada tahun 2018. UMKM lokal ini bisa menjadi solusi untuk Kawan yang ingin beralih menggunakan produk perawatan berbahan dasar alami. Coco Soapworks menghadirkan berbagai produk perawatan alami untuk kulit bibir, wajah, dan tubuh yang diformulasikan sesuai kebutuhan kulit orang Indonesia.

Berawal dari kecintaan pada sumber daya alam Indonesia yang melimpah, kini Coco Soapworks menghasilkan produk utama sabun mandi alami yang dibuat secara handmade. Produknya terbuat dari minyak, dengan pewarna dan pewangi alami. Tak hanya itu, ada pula foot and bath salts, body oil, body butter, face mist, face oil, essential oil, hingga lip butter.

Sabun dan produk lainnya dari UMKM asal DKI Jakarta ini tidak mengandung bahan kimia berbahaya, seperti yang terdapat dalam sabun produksi pabrik modern. Dengan begitu, produknya ramah lingkungan serta aman digunakan siapapun. Terutama untuk Kawan yang berkulit sensitif.

Coco Soapworks juga hadir memberikan berbagai video edukatif, workshop, demo, dan private class untuk masyarakat, terutama bagi perempuan Indonesia. Terkadang, Coco Soapworks juga mengenalkan dan memasarkan produknya melalui bazar di beberapa mall.

heySTARTIC

heySTARTIC © Instagram.com/heystartic
info gambar

heyStartic merupakan UMKM asal Surabaya yang mempromosikan gaya hidup ramah lingkungan. Dengan mengusung konsep “Artistic Outside, #StartEthical Inside”, heySTARTIC menunjukkan bahwa produk daur ulang tetap bisa fesyenabel.

Tak sedikit orang yang mengira produk unggulan heySTARTIC terbuat dari kulit. Padahal itu adalah salah satu inovasi daur ulang kertas semen bekas. Hasilnya pun bervariasi. Mulai dari kombinasi ecoprint, sospeso, hingga membatik di atas kertas semen.

Berkat keunikannya membuat barang bekas menjadi berkelas, heySTARTIC pernah memperoleh INACraft Award 2015 dan menjadi Top 100 Indonesia Fashion and Crafts Award 2020. heySTARTIC juga mengolah bungkus kemasan menjadi motif lipat unik, kardus susu menjadi sisi dalam produk, kantong plastik menjadi rajutan, botol air mineral menjadi kursi, dan pernak-pernik lainnya.

Kawan bisa menemukan beragam pilihan produk ramah lingkungan, seperti tas, dompet, tempat laptop, dan tatakan meja. UMKM ini juga telah dipercaya menyediakan produk dalam jumlah banyak untuk kebutuhan acara instansi pemerintah maupun perusahaan swasta, seperti hamper box, goodie bag, dan mini-souvenir.

Cloneey

Cloneey © Instagram.com/cloneey
info gambar

Masih dari DKI Jakarta, Cloneey adalah UMKM lokal yang sudah berdiri sejak tahun 2016. Cloneey hadir menjadi salah satu media untuk meningkatkan kreativitas dan inovasi masyarakat di bidang industri seni dan kreatif.

UMKM ini menyediakan hadiah handmade berbahan dasar kayu. Kawan bisa memilih karakter dan desain produk sesuai keinginan. Bagi Kawan yang mencari hadiah unik dan berkesan untuk orang terkasih, produk Cloneey bisa menjadi pilihan. Tak hanya hadiah, tetapi juga bisa untuk menjadi hiasan rumah atau souvenir acara.

Kayu mahoni dipilih Cloneey sebagai bahan dasar pembuatan produk, karena serat kayu mahoni halus sehingga akan aman dan nyaman saat memakai produk. Awalnya, Cloneey hanya punya satu jenis produk utama. Namun, seiring berjalannya waktu, kini ada enam tipe produk duplicate doll.

Di antaranya regular midi, regular mini, fortune messenger, fortune royal, special round, dan special mug. Produknya bisa dibuat menjadi beragam jenis diversifikasi, seperti placard, keychain, trophy, dan lain sebagainya.

Nah, ternyata produk homemade dari UMKM lokal punya keunikan yang beragam, ya, Kawan? Selain bisa memakainya sendiri, Kawan juga bisa memberikan sebagai hadiah untuk orang terkasih. Yuk, pakai produk buatan dalam negeri dan dukung keberadaan UMKM lokal. (Comm)

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini