Menarik! Berikut 3 Rekomendasi Produk Merchant UMKM Lokal

Menarik! Berikut 3 Rekomendasi Produk Merchant UMKM Lokal
info gambar utama

Beberapa lembaga memprediksi bahwa Indonesia akan menjadi kekuatan ekonomi dunia. Seperti halnya World Bank dan International Monetary Fund (IMF) yang memperkirakan Indonesia akan berada di urutan ke-5 negara dengan kekuatan ekonomi terbesar pada tahun 2024. Salah satu kontribusi yang besar dan krusial dalam memperkuat ekonomi Indonesia dilakukan oleh para Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dengan menambahkan pendapatan bruto nasional.

Dewasa ini, UMKM semakin merambah ke berbagai bidang. Mulai dari bidang pangan hingga souvenir atau merchant. Untuk Kawan GNFI yang ingin memberi hadiah untuk orang terkasih, berikut rekomendasi 3 UMKM yang bergerak di bidang merchandise dengan produk-produk yang menarik dan berkualitas. Yuk, simak daftarnya!

Ecodoe

Salah satu merchant produk Ecodoe | Foto: Ecodoe
info gambar

Ecodoe merupakan UMKM yang memberdayakan masyarakat sekitar untuk membuat pusat kerajinan berbasis masyarakat. Dengan memiliki misi untuk membentuk jejaring guna menghubungkan setiap kreator souvenir atau merchandise lokal di seluruh Indonesia, Ecodoe melakukan strategi dengan menggunakan mekanisme sharing economy. Dengan mekanisme ini, tiap kreator lokal dapat menjual produk mereka dengan fasilitas yang disediakan oleh Ecodoe.

Ecodoe dalam hal ini berdedikasi untuk menjadi konsultan yang membantu para kreator lokal dalam mengembangkan bisnisnya. Ecodoe juga membantu para kreator lokal untuk memperoleh legalitas, finansial proyek berkolaborasi dengan kreator lainnya, promosi, dan menjadi inkubator untuk peningkatan UMKM di Indonesia.

Saat ini, sebanyak 270 UMKM telah bergabung bersama Ecodoe grup dengan total 200 ribu produk yang diperjualbelikan lewat Ecodoe. Mulai dari goodie bag kain tenun yang memiliki corak atau motif batik, notebook yang terbuat dari kulit dengan motif batik, hingga gelas kayu yang dapat dimodifikasi sesuai dengan keinginan pembeli.

Stripe.in

Stripe.in
info gambar

UMKM yang bergerak di bidang souvenir dan merchant sejak tahun 2018 ini memproduksi berbagai dompet dan card holder, yang dapat Kawan pakai untuk sehari-hari. Sebelum fokus untuk membuat dompet dan card holder, Stripe.in pernah menjual minuman kemasan dengan berbagai rasa.

Namun, seiring banyaknya pesanan dompet dan card holder dari customer, UMKM asal Bandung ini fokus ke bidang merchandise dan souvenir. Dikemas dengan ragam desain dan warna yang menarik, Stripe.in selalu membuat produk dengan kualitas terbaik.

Tak tanggung-tanggung, bahan yang digunakan untuk dompet dan card holder Stripe.in terbuat dar kulit sintetis premium. Dengan begitu, produk akan tahan lama dan tentunya dijahit dengan rapi.

Salt Executive

Salah satu produk gamis Salt Executive | Foto: Salt Executive
info gambar

Gamis menjadi salah satu jenis pakaian muslimah yang kerap digunakan ketika mengikuti berbagai kegiatan. Mulai dari kegiatan formal hingga kegiatan non-formal. Di era yang modern ini, model gamis tak hanya berupa kain panjang dengan warna yang cenderung itu-itu saja. Para perempuan masa kini bisa tampil syar’i dengan warna ceria dan motif yang beragam.

Ada berbagai macam pilihan motif dan bahan yang dapat dipilih. Salah satu UMKM yang terkenal dengan produk gamis berkualitas ialah Salt Executive. UMKM asal DKI Jakarta ini lebih berfokus kepada clothing, tekhusus gamis.

Perbedaan produk Salt Executive dengan UMKM yang memproduksi gamis lainnya terletak pada bahan yang digunakan. Salt Executive menggunakan bahan cigaret slub yang masih jarang digunakan. Bahan tersebut dipilih karena dapat dikombinasikan dengan berbagai motif yang didesain oleh Salt Executive. Untuk Kawan yang mencari gamis dengan konsep casual sporty, gamis Salt Executive dapat menjadi pilihan.

Itulah 3 rekomendasi UMKM yang bergerak di bidang merchant. Hal ini menunjukkan bahwa UMKM Indonesia semakin berkembang. Yuk, majukan UMKM Indonesia dengan membeli produk-produk berkualitas yang dihasilkan oleh mereka. Mana nih yang jadi favorit, Kawan? (Comm)

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini