Unik! Berikut 6 Rumah Anti Mainstream Karya Arsitek Indonesia

Unik! Berikut 6 Rumah Anti Mainstream Karya Arsitek Indonesia
info gambar utama

Rumah bukan hanya sekadar tempat tinggal untuk melepas lelah dan berkumpul bersama keluarga. Rumah dapat menjadi salah satu pencitraan diri seseorang. Maka dari itu, obsesi untuk memiliki model rumah unik kekinian juga tak lekang oleh zaman.

Saat ini, banyak arsitek Indonesia yang mampu melahirkan karya-karya unik, menarik, dan layak diapresiasi! Bahkan, mereka mampu mencuri perhatian masyarakat luar negeri. Yuk, intip kumpulan rumah unik, buah karya kreativitas arsitek nusantara!

Rumah Ranting

Rumah Ranting | Foto: sugarandcream.co

Yu Sing adalah arsitek Indonesia yang terkenal akan kepiawaiannya mengubah material bangunan yang murah menjadi terlihat mahal dan artistik. Hal ini pula yang bisa Kawan lihat pada desain rumah unik bertajuk Rumah Ranting, yang berhasil Yu Sing Rancang.

Rumah unik satu ini banyak menggunakan material-material alami daur ulang, yang menjadikan rumah unik ini murah dari segi pemanfaatan material. Namun, jangan sangka jika rumah unik ini akan terlihat murah, karena pengolahan bentuk material yang apik menjadikan rumah unik karya Yu Sing ini sangat dinamis dan terlihat mahal.

Kombinasi material alami dan modern pada rumah ranting, membuat rumah unik ini mampu terlihat layaknya rumah yang menggunakan material mahal dengan kualitas terbaik. Tentunya rumah unik dengan gaya seperti ini cocok sekali dengan suasana atmosfer yang ada di Indonesia. Tertarik mengadaptasi konsep rumah unik serupa karya-karya Yu Sing?

Rumah Miring

Rumah Miring | Foto: sugarandcream.co

Jika di Italia terdapat menara pisa yang miring, maka di Indonesia terdapat rumah miring karya arsitek rumah mewah dari Budi Pradono.

Ingin tampil berbeda dengan lingkungan sekitarnya, Budi Pradono sengaja membuat desain rumah unik yang terlihat miring dengan struktur baja kuat. Jadi, Kawan nggak perlu khawatir rumah ini roboh, karena kemiringan dari rumah unik satu ini sudah terdesain dengan baik.

Tak hanya memperhatikan desain bangunan saja, rumah ini juga sudah didukung sistem mekanikal elektrikal yang dirancang oleh tenaga ahli.

Rumah unik ini juga didominasi penggunaan kaca, sehingga sirkulasi cahaya di dalam rumah miring sangat baik. Dengan gaya yang futuristik, rumah miring dapat menjadi pilihan yang tepat untuk Kawan yang ingin tampil kekinian dengan gaya unik.

Rumah Kontainer Unik

Rumah Kontainer | Foto: master-container.com

Berangkat dari keterbasan biaya, Riri seorang arsitek Indonesia memutuskan untuk mengaplikasikan material tak lazim untuk rumah yang ia huni bersama keluarganya. Material rumah unik tersebut terbuat dari boks portacamp kontainer.

Penggunaan kontainer sebagai elemen bangunan memang tengah menjadi tren. Namun, kebanyakan penggunaan material ini masih berkisar pada bangunan komersil. Belum sampai pada rumah ataupun hunian.

Alih-alih terlihat aneh, rumah unik yang menggunakan kontainer ini justru tampil eksentrik dan menonjol di antara hunian-hunian lain yang berada di sekitarnya. Dilengkapi dengan dekor interior bergaya semi-industrial untuk mendukung tema kontainer, rumah unik ini ternyata enggak kalah nyaman untuk dihuni.

Jangan takut merasa enggak nyaman tinggal di dalam kontainer, karena dengan penataan interior yang baik, rumah akan menjadi seru dan nyaman untuk digunakan sebagai tempat tinggal dan beristirahat. Jika perlu, kamu bisa menggunakan layanan jasa sewa mesin forklift untuk membantu meringankan pekerjaan ketika menempatkan kontainer ke posisi yang diinginkan.

Muted House

Muted House | Foto: mmbiz.qpic.cn

Bagian depan rumah biasanya merupakan bagian yang paling banyak diekspos, sehingga permainan serta desain pada bagian ini biasanya paling ditekankan. Namun, berbeda dengan rumah unik karya studio Arsitek Indonesia Aboday, bernama Muted House. Rumah unik yang didominasi warna putih ini justru tampil sangat sederhana, dengan wajah bangunan yang polos dan cenderung rata tanpa embel-embel desain berarti.

Namun, kesederhanaan dari rumah unik inilah yang menjadikannya berbeda dan tampil sangat artistik dibandingkan rumah lain. Sirkulasi udara ataupun cahaya pada rumah unik ini enggak terganggu. Rumah unik ini terbukti tak sekadar anti-mainstream, tetapi juga nyaman untuk ditinggali bersama keluarga.

Rumah Batik Tempo

Rumah Batik | Foto: uncubemagazine.com

Jika batik biasanya digambar atau di kuas di atas lembaran kain, bagaimana jadinya jika batik diaplikasikan pada sebuah desain rumah? Hal inilah yang bisa Kawan lihat dari desain rumah unik bertajuk Rumah Batik Tempo karya Wahana Architects.

Pemilik dari rumah unik ini adalah keluarga yang kental akan kebudayaan Jawa, sehingga muncullah konsep rumah unik yang berfokus pada adaptasi bentuk-bentuk tradisional yang erat dengan kebudayaan Jawa, yaitu batik.

Selain penggunaan pola batik, material kayu yang kaya pada rumah unik ini makin memperkuat kesan etnik yang ada pada hunian. Kawan bisa menemukan motif seperti kawung diimplementasikan pada ukiran dinding, hingga furniture favorit yang semakin membuat nuansa Jawa makin kental.

Rumah Ala Resort Modern

Atelirt Cosmas Gozali | Foto: wazzudu.com

Siapa bilang pada lahan terbatas di tengah kota, Kawan enggak bisa menciptakan rumah dengan kenyamanan dan atmoster sebaik vila-vila resort di pinggiran daerah urban? Rumah unik bernuansa resort modern ini adalah karya Atelirt Cosmas Gozali.

Didominasi warna putih, rumah unik ini banyak menerapkan bentuk-bentuk geometrik sederhana namun tak lazim, seperti segitiga yang runcing hingga lengkungan-lengkungan organik.

Dengan begitu, rumah dapat tampil menarik tanpa perlu terlihat berlebihan. Pengaturan masa bangunan dan juga bukaan yang dimiliki rumah unik ini juga diatur sedemikian rupa, sehingga atmosfer di dalam rumah sangat nyaman.

Untuk kawan GNFI yang ingin mencari informasi perumahan syariah murah, sekarang ada situs yang update mengenai hal tersebut loh! Yaitu perumahansyariahmurah.net, cek yuk!

Gimana? Ternyata banyak bukan desain rumah unik buah karya arsitek Indonesia yang membanggakan? Pasti kamu jadi nggak sabar untuk mewujudkan rumah unik idaman milikmu sendiri.

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini