Keren! Inilah 4 Aplikasi Pengganti WhatsApp Karya Anak Bangsa

Keren! Inilah 4 Aplikasi Pengganti WhatsApp Karya Anak Bangsa
info gambar utama

Jika Kawan mencari aplikasi pengganti WhatsApp, tetapi buatan lokal atau karya anak bangsa Indonesia, tentu saja Kawan harus menggunakan Aplikasi berikut. Mau tahu apa saja aplikasinya?

Berikut daftar aplikasi pengganti WhatsApp karya anak bangsa yang patut Kawan ketahui dan segera Kawan download di Google Play Store.

1. Palapa

Palapa-aplikasi PeSankita Indonesia
info gambar

Palapa adalah generasi penerus PeSankita Indonesia (PS) yang dirancang untuk keamanan society 5.0. Aplikasi ini dikembangkan oleh XecureIT, perusahaan pertahanan siber terkemuka di Indonesia dan berdasarkan perangkat lunak sumber terbuka gratis.

Tak kalah dengan WhatsApp, Telegram, Signal dan BIP, Palapa mempunyai beragam fitur menarik yang patut dipertimbangkan. Di antaranya jumlah keanggotaan grup tidak terbatas, dapat kirim dokumen, audio, video, dan gambar hingga 100 MB, amankan data saat istirahat dengan database terenkripsi di perangkat dan file cadangan, serta mengamankan implementasi enkripsi end-to-end untuk semua video atau panggilan suara, pesan suara, dan obrolan pribadi atau grup.

Dengan begitu, pihak yang tidak berwenang, termasuk administrator sistem infrastruktur Palapa tidak bisa membaca konten, catatan pribadi terenkripsi, dan pemberitahuan tangkapan layar otomatis dalam percakapan, jika salah satu pengguna mengambil tangkapan layar. Tak hanya itu, tersedia juga proses pertukaran kunci ujung-ke-ujung, sehingga server tidak memiliki akses ke kunci rahasia dan algoritma enkripsi yang kuat ECC Curve25519, AES-256, dan HMAC-SHA-256, serta masih banyak lagi fitur yang dapat Kawan nikmati dari layanan pesan ini.

Jika Kawan ingin menggunakan aplikasi Palapa sebagai pesan instan pengganti WhatsApp, maka Kawan dapat mengunduhnya di Google PlayStore. Dan untuk Kawan pengguna iOS, aplikasi ini juga tersedia di Appstore.

2. Hi App

Hi App Aplikasi Karya Anak Indonesia
info gambar

Hi App adalah aplikasi komunikasi sosial multifungsi yang dirancang untuk memudahkan gaya hidup digital Anda yang dinamis. Aplikasi ini dibuat oleh para anak bangsa yang bersemangat dari PT Halo Kreasi Indonesia.

Aplikasi chatting buatan Indonesia ini memiliki kemiripan desain dengan WhatsApp. Kawan dapat menikmati beberapa fitur yang ditawarkan dari aplikasi ini. Di antaranya dapat berkirim pesan secara gratis, berkumpul dengan teman, keluarga, dan rekan kerja dengan membuat obrolan grup, lebih terorganisir, aman dan nyaman, simpel dan mudah digunakan, serta dapat berbagi dokumen dengan mudah.

Dengan menggunakan aplikasi ini, Kawan tak lagi kesulitan dalam memahami pesan dari berbagai bahasa. Aplikasi ini akan membantu dalam menerjemahkan pesan yang dikirim dan diterima.

3. NU Mobile

NU MOBILE Aplikasi Organisasi Islam di Indonesia
info gambar

Aplikasi pengganti WhatsApp yang ketiga ialah NU Mobile. Aplikasi ini dikembangkan oleh NU Digital Services dan dilengkapi dengan fitur telekomunikasi berbasis simless dan terintegrasi dengan aplikasi yang berisi konten-konten penyedia kebutuhan dan keinginan masyarakat, disertai dengan digital identity.

Perlu diketahui, aplikasi ini telah diunduh lebih dari 100 ribu kali di Google Play Store. Sesuai dengan namanya, aplikasi pesan ini dibuat oleh NU (Nahdlotul Ulama).

4. Yogrt

Yogrt adalah aplikasi sosial media terbaru Indonesia
info gambar

Selanjutnya aplikasi chatting karya anak bangsa yang dapat menjadi alternatif WhatsApp adalah Yogrt. Yogrt adalah aplikasi sosial media terbaru dengan teknologi berbasis lokasi yang dapat membuat Kawan tidak akan ketinggalan hal-hal seru di sekitar Kawan.

Aplikasi ini dikembangkan oleh PT Ideaga Altekno Nusakarsa dengan tujuan untuk melancarkan proses PDKT, atau kenalan antar penggunanya. Aplikasi chatting buatan Indonesia ini mampu memberikan pengalaman unik bagi para user-nya.

Yogrt hadir dengan kombinasi layanan pertemanan, chatting (obrolan), dan game. Dengan begitu, dengan kombinasi fitur-fitur tersebut diharapkan mampu memudahkan proses kenalan antar penggunanya dan juga mempererat silaturahmi.

Layanan pertemanan, chat dan game merupakan aplikasi yang sering digunakan dan disukai oleh pengguna ponsel berusia 13 hingga 30 tahun. Segmentasi pasar itulah yang dibidik oleh pengembang perangkat lunak ini.

Nah, Itulah 4 daftar Aplikasi pengganti WhatsApp buatan anak bangsa yang patut Kawan ketahui. Lalu, bagaimana denganmu Kawan? Apakah sudah mengunduh dan memakai aplikasi buatan Lokal ini?*

Referensi: Google Play Store

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini