Intip 6 Jajanan Indonesia yang Punya Kembaran di Negara Lain

Intip 6 Jajanan Indonesia yang Punya Kembaran di Negara Lain
info gambar utama

Penulis: Thalitha Avifah Yuristiana

Sebagai negara yang memiliki beragam kebudayaan, Indonesia juga memiliki jajanan tradisional yang memiliki cita rasa unik dan enak. Tak hanya ada di Indonesia, ternyata jajanan tradisional Indonesia yang kaya rasa dan bentuk tersebut memiliki kembaran di negara lain, lho. Yuk, intip daftarnya!

1. Putu Piring

Putu Piring
info gambar

Siapa yang menyukai jajanan tradisional yang terbuat dari tepung beras kasar dengan isian gula merah, dan dibalut dengan parutan kelapa? Kita lebih mengenalnya dengan nama kue putu.

Sensasi lembut dari kue putu ini juga ternyata dapat ditemukan juga dengan kue putu piring di Singapura. Bedanya, putu piring asal Singapura tidak berwarna hijau dan dicetak menggunakan alat berbentuk cawan.

2. Banh da lon

Banh da lon
info gambar

Kue lapis menjadi salah satu jenis jajanan tradisional khas Indonesia dengan rasa yang lembut. Vietnam ternyata memiliki kue yang memiliki rasa dan bentuk serupa dengan kue lapis yang diberi nama banh da lon.

Kue yang terbuat dari tepung tapioka, tepung beras, ubi, santan, dan kacang hijau. Banh da lon dapat menjadi salah satu jajanan yang dapat kalian santap ketika datang ke Vietnam dan menjadi buah tangan oleh-oleh keluarga di Indonesia.

3. Roti Sai Mai

Roti Sai Mai
info gambar

Salah satu jajanan tradisional di Indonesia yang melekat di pikiran kita mungkin salah satunya adalah rambut nenek. Rasanya manis dan membuat kita ketagihan. Dinamakan rambut nenek karena bentuk karena teksturnya terlihat seperti rambut.

Rambut nenek ini ternyata juga dapat Kawan temukan di Thailand, lho! Berbeda dengan rambut nenek, Roti sai mai biasanya disajikan bersama pancake tipis yang memiliki beraneka rasa seperti pisang, coklat, vanila, bubble gum, dan sebagainya. Apakah Kawan tertarik untuk mencobanya?

4. Jian Dui

Jian Dui
info gambar

Camilan onde-onde merupakan salah satu favorit banyak orang. Dengan taburan wijen, jajanan ini terkenal dengan rasanya yang gurih. Ternyata cita rasa yang Kawan temukan di onde-onde juga dapat ditemukan pada Jajanan tradisional China, yaitu Jian Dui.

Jian Dui memiliki bentuk dan rasa yang serupa dengan onde-onde. Jian dui berbentuk bulat terbuat dengan tepung beras berisi kacang merah. Kesamaan antara onde-onde dengan jian dui lainnya yaitu sama sama ditaburi dengan wijen sebelum digoreng hingga matang. Dijamin bikin Kawan dapat melepas rindu dengan onde-onde ketika berada di China.

5. Bua Loy Nam

Bua Loy Nam
info gambar

Pada musim hujan ini, ada berbagai minuman khas Indonesia yang menghangatkan tubuh. Salah satunya adalah wedang. Eits, ternyata tidak hanya ditemukan di Indonesia aja loh. Ada juga wedang khas Thailand yang diberi nama Bua loy nam king dengan cita rasa yang sama persis dengan wedang ronde yang kita temukan di Indonesia.

Serupa tapi tak sama, bua loy nam juga terbuat dari bola-bola yang tepung beras dengan kue jahe. Perbedaannya terletak pada isian yang biasa yaitu butiran wijen hitam di dalamnya. Hm, penasaran untuk mencobanya, Kawan?

6. Chè chuối

Che chuoi
info gambar

Hidangan kolak yang biasa kita santap pada bulan puasa ternyata juga punya kembaran di Vietnam dengan nama chè chuối. Sama-sama terbuat dari kuah santan dan pisang, chè chuối jadi makanan penutup yang terkenal di Viernam. Namun, biasanya chè chuối menambahkan kacang yang dicincang dan bubur mutiara yang dibuat dari tepung sagu.

Itulah 6 jajanan Indonesia yang mirip dengan makanan negara lain. Makanan mana nih yang pernah Kawan coba?

Referensi:EndeusKumparanFood

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini