Kawan Harus Tahu! Inilah 3 Fakta Unik Ondel-Ondel

Kawan Harus Tahu! Inilah 3 Fakta Unik Ondel-Ondel
info gambar utama

Penulis: Thalitha Avifah Yuristiana

#WritingChallengeGNFI#CeritaDaerahdariKawan#MakinTahuIndonesia

Ondel-ondel menjadi salah satu kebudayaan yang cukup terkenal di Indonesia. Beberapa dari kita mengenal seni khas ini sebagai budaya khas Betawi yang berasal dari Jakarta. Selain dikenal sebagai budaya khas Betawi, ondel-ondel juga dikenal sebagai simbol ibu kota DKI Jakarta. Boneka setinggi dua meter ini akrab terlihat di berbagai perayaan besar, seperti acara pernikahan, hajatan, sunatan, hingga acara peresmian.

Bagi warga Jakarta dan sekitarnya, melihat ondel-ondel yang diarak warga di pinggir jalan mungkin sudah lumrah. Namun, bagi para wisatawan melihat boneka setinggi dua meter yang diiringi dengan rombongan dan musik Betawi, mungkin akan terkesima atau bahkan kaget saat melihat ondel-ondel berkeliling di pinggir jalan.

Meskipun sudah umum melihat ondel-ondel, sayangnya masih banyak warga Jakarta yang belum mengerti sejarah dan fakata dibalik dua boneka raksasa ini. Yuk! Ketahui 3 fakta menarik dari ondel-ondel.

1. Diberi Nama Barongan

Ondel-ondel
info gambar

Ondel-ondel masuk ke Indonesia sejak abad 16 dengan nama awalnya adalah Barongan. Nama barongan diambil dari kata "barengan" karena ondel-ondel biasanya diarak oleh masyarakat setempat secara bersama-sama.

Namun, perlahan namanya berganti menjadi ondel-ondel setelah seniman legendaris Benyamin merilis lagunya berjuduk "Ondel-ondel".

2. Berfungsi sebagai Penolak Bala

Ondel-ondel
info gambar

Tahukah Kawan kalau ternyata ondel-ondel berfungsi sebagai penolak bala, atau hal-hal jahat dan roh halus yang dapat menggagu manusia pada saat pertama kali diciptakan. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa ondel-ondel berwajah seram. Berfungsi untuk mengusir roh jahat, masyarakat betawi biasanya menyiapkan sesajen dan mengadakan ritual sebelum membuat boneka ondel-ondel.

Namun, kini ondel-ondel sudah berubah fungsi. Pada tahun 1960-an, gubernur kota Jakarta, Ali Sadikin mengubah penampilan ondel-ondel supaya tidak menjadi sekedar boneka pengusir roh jahat. Tampilannya diubah menjadi tidak begitu seram dan juga baju yang berwarna-warna dan menjadi lebih sering digunakan untuk memeriahkan acara hajatan seperti sunatan, pernikahan, dan lainnya. Bahkan, sekarang ondel-ondel dimanfaatkan sebagai hiburan dan mata pencaharian masyarakat.

3. Dimainkan secara berpasangan

Ondel-ondel terdiri dari dua jenis, ada yang laki-laki dan ada yang wanita. Ondel-ondel laki-laki memiliki warna merah, sedangkan yang wanita berwarna putih. Selain itu, ondel-ondel laki-laki cenderung menggunakan pakaian yang berwarna gelap. Beberapa orang percaya bahwa ondel-ondel laki-laki melambangkan kekuatan jahat, sedangkan ondel-ondel wanita yang memakai warna pakaian cerah dipercaya menjadi simbol kekuatan baik.

Nah, itulah fakta unik ondel-ondel yang perlu Kawan ketahui. Meskipun memiliki tampilan yang cukup seram, tetapi ondel-ondel cukup menghibur dengan pertunjukannya diiringi lagu khas Betawi, lho.

Kawan, untuk mendengarkan dan mengetahui lebih banyak informasi, yuk, dengarkan podcast GoodVoice di Spotify supaya Kawan Makin Tahu Indonesia!

Referensi: IndonesiaKaya | Okezone

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini