Ingin Mahir Menulis? Yuk, Terapkan 8 Cara Berikut!

Ingin Mahir Menulis? Yuk, Terapkan 8 Cara Berikut!
info gambar utama

Penulis: Thalitha Avifah Yuristiana

#WritingChallengeGNFI#CeritaDaerahdariKawan#MakinTahuIndonesia

Saat ini, menulis merupakan salah satu kemampuan yang paling krusial untuk dikuasai. Manfaat dengan memiliki skill dalam menulis bisa mendatangkan banyak keuntungan. Misalnya menjadi seorang jurnalis, publisher, hingga penulis.

Dengan memiliki kemampuan menulis yang baik, pekerjaan menulis apapun dapat di selesaikan dengan cepat dan benar. Untuk mahir menulis, Kawan dapat menerapkan beberapa cara berikut.

Menulis
info gambar

1. Membuat Rangkuman dari Karya Lain

Merangkum atau membuat kesimpulan sendiri dari tulisan yang ada, seperti dari majalah, buku, atau artikel di internet juga bisa di jadikan sebagai ajang latihan. Hal ini juga dapat digunakan untuk mengasah daya analisis Kawan.

2. Aktif Memberikan Komentar dalam Bentuk Tertulis

Media sosial kini menjadi sarana yang dapat dimanfaatkan untuk berlatih menulis. Caranya adalah dengan membuat status hasil dari susunan tulisan yang kita buat. Bagikan ilmu pengetahuan atau pengalaman, dan ceritakan kepada teman–teman di media. Lakukan secara terjadwal maka hal ini akan melatih kemampuan Kawan untuk menulis.

Apalagi status Kawan mendapat respon positif yang ramai. Maka, secara otomatis kita akan ikut aktif berkomentar. Banyak media sosial yang bisa dimanfaatkan, seperti google plus, facebook, twitter dansebagainya. Atau jika Kawan ada keinginan mempunyai blog, tidak ada salahnya mencoba membangun sebuah blog.

Menulis
info gambar

3. Menulis Buku Harian

Tahukah Kawan bahwa menulis buku harian bisa membuat sistem imun Kawan meningkat atau yang disebut dengan T-lymhocthes. Tak hanya itu, menulis buku hairian juga dapat mengurangi rasa stres karena unek-unek kita rasanya akan tercurahkan ke dalam bentuk tulisan, dan membuat memori atau daya ingatan menjadi lebih tajam.

4. Menerjemahkan Artikel Berbahasa Asing

Ada banyak artikel menarik yang diterbitkan melalui media online. Temukan artikel dalam bahasa Inggris dari sumber yang kredibel. Lalu, coba terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.

Dalam prosesnya, akan ada banyak tantangan yang menuntut keterampilan Kawan. Baik itu dalam segi penyusunan kalimat atau kosakata yang Kawan miliki. Kawan akan sekaligus belajar bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

Menulis
info gambar

5. Cari Waktu dan Tempat yang Sesuai untuk Menulis

Cobalah mencari tempat yang nyaman terlebih dahulu. Misalnya di teras rumah atau di perpustakaan. Buat gagasan umumnya, lalu tuangkan semua ide dalam bentuk tulisan.

Intinya, carilah waktu dan tempat yang pas untuk Kawan memulai menulis. Mengumpulkan mood juga bisa menjadi pertimbangan, lho!

6. Sempatkan untuk Membaca

Dengan banyak membaca, otomatis akan menambah kosakata kita. Membaca juga bisa dilatih agar tidak membosankan. Seperti layaknya kita belajar berbicara di waktu masih kecil.

Prosesnya itu mirip seperti mendengarkan orang bicara terlebih dahulu, baru kemudian mulai pintar berbicara. Begitu juga dengan menulis ini, semakin banyak kita membaca maka semakin luas pengetahuan yang kita miliki sehingga kemampuan menulis juga akan ikut berkembang.

Menulis
info gambar

7. Mulai dengan Membuat 5W+1H

Dengan membuat pertanyaan apa, siapa, di mana, mengapa, kapan waktunya, dan bagaimana akan sangat membantu Kawan dalam menulis. Format pertanyaan ini juga yang menjadi panduan bagi para jurnalis untuk menyusun sebuah artikel. Dengan begitu, artikel yang dibuat akan terlihat tersusun dengan rapi.

8. Mengikut Lomba

Lomba menulis sering sekali di adakan. Ada banyak lomba yang bisa di ikuti baik yang online ataupun offline. Kawan bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk ikut dalam rangka melatih kemampuan menulis Kawan. Ikuti semua prosedur lomba yang ada, dengan demikian tulisan yang akan kita ikut sertakan akan sesuai dengan peraturan panitia pelaksanaan lomba.

Salah satu lomba yang dapat Kawan ikuti adalah Writing Challenge batch 2 yang diadakan oleh Kawan GNFI dengan tema “Cerita Daerah dari Kawan GNFI”.

Tuliskan cerita daerah Kawan, dan dapatkan banyak hadiah menarik dari official merchandise GoodNews From Indonesia, yaitu Im Good Store. Cek informasi selengkapnya di @kawangnfi.

Kawan, untuk mendengarkan dan mengetahui lebih banyak informasi, yuk, dengarkan podcast GoodVoice di Spotify supaya Kawan Makin Tahu Indonesia!

Referensi:Kolektif| Gramedia

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini