Yuk, Lakukan Aksi Nyata untuk Raih Harapanmu dengan Metode WOOP!

Yuk, Lakukan Aksi Nyata untuk Raih Harapanmu dengan Metode WOOP!
info gambar utama

Penulis: Rifdah Khalisha

#WritingChallengeGNFI#CeritaDaerahdariKawan#MakinTahuIndonesia

Setiap manusia tentu punya harapan, impian atau cita-cita. Kawan memang perlu berpikiran positif dan yakin bahwa Kawan mampu mewujudkan harapan tersebut. Namun, harapanmu tentu tetap harus realistis dan sejalan dengan kenyataan sehingga tak terjebak rasa malas berusaha.

Boleh saja mengkhayal perihal masa depan, tetapi yang terpenting adalah aksi nyata. Segeralah bangkit menyusun rencana masa depan. Kawan bisa lho menggunakan metode WOOP yang terdiri dari 4 langkah, yuk simak penjelasannya.

1. Wish (Harapan)

Ilustrasi © Freepik.com
info gambar

Fase pertama yang tak boleh Kawan lewatkan yakni memiliki harapan yang jelas tujuannya. Kawan bisa menulis seluruh harapan yang ingin Kawan raih di buku catatan. Bisa jangka pendek, jangka menengah, maupun jangka panjang.

Misalnya, dalam waktu dekat akan mengikuti wawancara kerja, Kawan bisa menulis harapan untuk lulus wawancara dan diterima kerja di perusahaan tersebut. Kawan juga bisa menulis harapan jangka panjang seperti meraih jabatan tinggi.

Pastikan keinginan tersebut realistis dengan waktu realisasi yang tepat. Gunakan metode SMART, yakni specific, measurable, achieveable, realistic, dan time bound. Dengan kata lain keinginanmu harus spesifik, dapat diukur, dapat diraih, rasional, dan punya jangka waktu tertentu. Buatlah keinginan yang sesuai dengan batas kemampuanmu.

2. Outcome (Hasil)

Ilustrasi © Freepik.com
info gambar

Kawan boleh membayangkan perasaan bahagia dan puas jika berhasil meraih harapan. Bangunlah pikiran yang positif bahwa impianmu tak mustahil dan mampu terwujud. Kawan percaya kan kalau mimpimu itu bisa membuahkan hasil?

Tetapi, sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, termasuk prinsip wish dan outcome. Percuma kalau sudah memiliki harapan dan membayangkan hasil tapi tidak melakukan apa pun. Kawan harus membuka mata untuk melihat kenyataan.

3. Obstacle (Hambatan)

Ilustrasi © Freepik.com
info gambar

Yuk, kembali ke kenyataan hidup kalau di kemudian hari Kawan mungkin akan melalui banyak hambatan. Setiap hal pasti ada tantangannya tersendiri, dan hal ini sangat wajar, kok. Hambatan hadir dalam banyak bentuk, mulai dari keuangan, fasilitas, persaingan, hingga pendapat orang lain.

Sudah saatnya mulai memikirkan hambatan yang mungkin Kawan hadapi di kemudian hari. Jadi, catat semua kemungkinan yang bisa membuatmu gagal mencapai harapan. Kunci keberhasilan ada pada bagaimana langkah Kawan menyikapi dan mengatasi hambatan.

4. Plan (Rencana)

Ilustrasi © Freepik.com
info gambar

Kalau Kawan sudah melewati tiga tahapan, maka yang terakhir Kawan harus menyusun rencana yang lengkap dan matang. Jika terjadi hambatan, bukankah Kawan harus melakukan sesuatu?

Fase rencana ini gunanya sebagai strategi untuk membantumu menghadapi hambatan. Kawan bisa memahami hambatan secara mendalam lalu merancang rencana utama dan banyak rencana cadangan. Jadi, jika rencana yang satu tak berhasil, Kawan tak khawatir karena masih ada rencana lainnya.

Nah, itu tadi 4 langkah penerapan metode WOOP untuk membantumu meraih harapan dan impian. Gimana Kawan sudah tertarik menerapkannya? Yuk, jangan hanya berani bermimpi, Kawan juga harus mewujudkannya!

Kawan, untuk mendengarkan dan mengetahui lebih banyak informasi, yuk, dengarkan podcast GoodVoice di Spotify supaya Kawan Makin Tahu Indonesia!

Referensi: IDN Times | Paragram | Ngobrolin.id

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini