Berkunjung ke 7 Destinasi Wisata Sejarah yang Bikin Makin Tahu Indonesia

Berkunjung ke 7 Destinasi Wisata Sejarah yang Bikin Makin Tahu Indonesia
info gambar utama

Penulis: Thalitha Avifah Yuristiana

#WritingChallengeGNFI#CeritaDaerahdariKawan#MakinTahuIndonesia

Bangsa Indonesia adalah negara yang sangat beruntung karena memiliki sumber daya dan budaya yang melimpah. Hal inilah yang menyebabkan Indonesia memiliki beragam destinasi wisata dengan menyuguhkan pemandangan eksotis memanjakan mata.

Namun, tak hanya itu, Indonesia juga terkenal dengan wisata sejarah yang dapat menambah pengetahuan Kawan. Untuk rencana liburan Kawan berikutnya, pastikan tempat-tempat bersejarah di bawah ini wajib Kawan datangi, ya!

1. Fort Rotterdam

Fort Rotterdam Wisata Sejarah
info gambar

Terletak di Gowa-Tallo, Benteng Fort Rotterdam menjadi ikon kejayaan Kerajaan Gowa di tahun 1667. Wisata bersejarah ini berlokasi di pinggir pantai sebelah barat kota Makassar. Tahukah Kawan kalau dulunya Fort Rotterdam ini dinamakan Benteng Ujung Pandang?

Sejarah di balik Fort Rotterdam ini juga menarik untuk dikulik. Pasalnya, Kerajaan Gowa menyerahkan bateng ini kepada Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC). Selama berada di tangan VOC, benteng berubah nama menjadi Fort Rotterdam yang pusat pertahanan sekaligus penampungan rempah-rempah untuk kawasan Indonesia timur. Tak terima dengan kekalahan tersebut, pejuang Indonesia kala itu merebut kembali Fort Rotterdam yang dipimpin oleh Sultan Hasanuddin.

2. Masjid Menara Kudus

Masjid Kudus
info gambar

Masjid Menara Kudus merupakan salah satu wisata sejarah yang telah cukup lama berdiri. Terhitung sejak 1549, masjid ini didaulat sebagai salah satu masjid tertua yang tetap kokoh berdiri hingga saat ini. Salah satu keunikan dari masjid ini adalah perpaduan kebudayaan Hindu-Budha dengan Islam yang sangat kental dari segi arsitekturnya.

Mengingat kala itu Islam masuk ke Indonesia karena pengaruh dari Hindu-Buddha yang masih sangat kental. Sunan Kudus yang memiliki tujuan besar untuk menyebarkan agama Islam akhirnya berhasil mendirikan masjid ini, setelah mengalami akulturasi agar bisa diterima masyarakat kala itu. Waktu yang tepat untuk berkunjung ke masjid ini ialah ketika pelaksanaan Festival Dhandhangan, dilakukan guna menyambut bulan puasa.

3. Istana Maimun

Wisata Sejarah Istana Maimun
info gambar

Beralih dari Pulau Jawa, wisata sejarah di daerah Medan, Sumatra Utara ini juga tak boleh dilewatkan. Istana Maimun merupakan peninggalan dari Kesultanan Deli yang dibangun sejak tahun 26 Agustus 1888 hingga selesai pada 18 Mei 1891.

Detail arsitekturnya merupakan gabungan dari konsep arsitektur melayu, Timur Tengah, dan Eropa yang dibuat identik dengan warna kuning keemasan. Siapa sangka bahwa istana ini dibangun oleh seorang arsitek dari Italia bernama Theo Van Erp. Ketika Kawan masuk ke dalamnya, Kawan akan disajikan berbagai furniture mewah yang ada di Istana Maimun ini.

4. Taman Sari

Wisata Sejarah Taman Sari
info gambar

Dengan luas mencapai 10 hektar, Kompleks Taman Sari sebagai peninggalan Portugis memiliki beragam fasilitas. Mulai dari kolam pemandian, jembatan gantung, hingga kanal air. Pembangunan yang digagas oleh Sultan Hamengku Buwono I ini memakan waktu selama 9 tahun.

Wisata sejarah ini telah menjadi saksi dari berbagai peristiwa bersejarah. Mulai dari penjajahan Belanda dan Jepang, kemerdekaan bangsa Indonesia, penjajahan Inggris di tahun 1812, bahkan peristiwan bencana gempa bumi di tahun 1876.

5. Kota Lama Semarang

Kota Lama Serang
info gambar

Jika berbicara mengenai pusat perdagangan, Kota Lama Semarang menjadi wisata sejarah yang pernah berjaya beberapa waktu silam. Pada abad ke-19 dan ke-20, kawasan Kota Lama Semarang merupakan kawasan niaga yang memiliki 50 bangunan kuno yang bersejarah.

Ketika mengunjungi Kota Lama Semarang, Kawan akan disuguhkan dengan pemandangan bangunan bernuansa Eropa sekitar tahun 1700-an dengan atap yang unik, penggunaan kaca warna-warni, dan ukuran pintu serta jendela yang besar. Bahkan, UNESCO mengajukan kota ini sebagai warisan dunia.

6. Masjid Baiturrahman

Masjid Baiturrahman
info gambar

Tak heran jika masjid ini salah satu ikon dari Kota Aceh. Pasalnya, selain arsitekturnya yang sangat memukau, objek wisata sejarah ini tetap berdiri kokoh di tengah berbagai peristiwa bersejarah yang dialami oleh Indonesia. Masjid ini dibangun oleh Kesultanan Aceh tepatnya ketika Sultan Iskandar Muda berjaya.

Wisata sejarah ini menjadi benteng pertahanan masyarakat Aceh ketika melawan penjajah. Masjid Baiturrahman kembali menunjukkan kekuatannya dengan tetap utuh ketika diterjang tsunami Aceh tahun 2004 silam.

7. Kota Tua Jakarta

Wisata Sejarah Kota Tua
info gambar

Berbicara mengenai wisata sejarah, maka tak lengkap jika tidak membahas Kota Tua di Jakarta. Kota Tua pada awalnya merupakan pusat pemerintahan kolonialisme Belanda sehingga banyak bangunan yang didominasi oleh arsitektur khas Belanda.

Di Kota Tua juga ada berbagai museum bersejarah yang dijamin membuat Kawan #MakinTahuIndonesia. Misalnya Museum Fatahillah, Museum Wayang, Museum Bank Indonesia, Museum Seni Rupa dan Keramik, hingga Museum Bahari. Cocok sekali bukan untuk menghabiskan liburan bersama keluarga sekaligus menambah wawasan?

Nah, itu dia wisata sejarah di Indonesia yang dapat membuat Kawan lebih tahu dan lebih pintar. Kawan juga dapat memceritakan wisata sejarah di masing-masing daerah kawan dengan mengikuti Writing Challenge Kawan GNFI Batch 2 "Cerita Daerah dari Kawan GNFI". Simak info selengkapnya di Instagram Kawan GNFI, ya!

Kawan, untuk mendengarkan dan mengetahui lebih banyak informasi, yuk, dengarkan podcast GoodVoice di Spotify supaya Kawan Makin Tahu Indonesia!

Referensi: Tiket | Bobobox

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini