Terapkan 5 Tips Ini Supaya Belajar Memasak Jadi Lebih Menyenangkan

Terapkan 5 Tips Ini Supaya Belajar Memasak Jadi Lebih Menyenangkan
info gambar utama

Penulis: Rifdah Khalisha

#WritingChallengeGNFI#CeritaDaerahdariKawan#MakinTahuIndonesia

Siapa di antara Kawan yang suka memasak? Kegiatan ini memang menyenangkan, tetapi tidak demikian bagi sebagian orang. Terlebih, para pemula yang masih perlu banyak belajar dan berlatih.

Bukankah kata “belajar” memang kerap identik dengan sesuatu yang agak membosankan atau menyebalkan? Demikian pula dengan belajar memasak. Terlebih, jika Kawan terus menerus gagal mengolah masakan atau sulit menguasai teknik memasak.

Padahal, belajar seharusnya menjadi sesuatu yang menyenangkan. Tenang saja, Kawan bisa kok mengubah proses belajar masak jadi lebih seru dengan menerapkan tips berikut.

1. Belanja Bahan-bahan Masakan Sendiri

Ilustrasi © Freepik.com
info gambar

Tahukah Kawan kalau berbelanja bahan masakan sendiri akan membuat belajar memasakmu lebih asyik? Kalau tidak percaya, Kawan bisa buktikan sendiri dengan pergi ke pasar, minimarket, atau supermarket.

Kawan bisa memilih bahan masakan yang berkualitas serta bergizi sambil mengenal jenis-jenis bumbu dapur, sayuran, buah, dan bahan lainnya. Menariknya lagi, Kawan bisa sekaligus belajar kandungan dan manfaat bahan yang Kawan pilih. Makanan tentu akan lebih lezat jika menggunakan bahan pilihan terbaik.

2. Ajak Ibu, Teman, atau Pasangan Memasak Bersama

Ilustrasi © Freepik.com
info gambar

Buat Kawan yang merasa bosan dan sepi memasak sendirian, Kawan bisa mengajak kerabat terdekatmu, seperti ibu, teman, atau pasanganmu. Selain suasana memasak jadi lebih seru, Kawan juga akan banyak terbantu. Terlebih, kalau Kawan belum terbiasa mengatur waktu dan tahapan memasak.

Nah, dengan masak bersama, Kawan bisa deh berbagi pikiran dan tugas dengan mereka. Kan seru kalau memasak sambil sesekali bercerita dan bersenda gurau. Namun, ingat ya Kawan tetap harus jadi koki utamanya karena Kawan yang lagi belajar masak.

3. Tentukan Tema Khusus Saat Memasak

Ilustrasi © Freepik.com
info gambar

Kawan ingin belajar memasak dengan rutin, tetapi sering bingung harus memasak apa? Solusinya, Kawan bisa coba deh menentukan tema khusus di setiap sesi belajar memasak. Jadi, selain menjadi tantangan baru, masakanmu juga bisa lebih bervariasi dan terarah.

Kalau Kawan sudah menentukan tema, barulah memilih masakan yang akan Kawan buat. Supaya lebih meriah, boleh juga lho mengenakan kostum yang sesuai. Misalnya, memasak dengan tema halloween, maka Kawan bisa membuat masakan dari labu dengan nuansa mencekam, ide yang bagus kan?

4. Abadikan dan Apresiasi Hasil Masakanmu

Ilustrasi © Freepik.com
info gambar

Saat masakan siap saji, Kawan pasti rasanya ingin segera menyantap karena penasaran dengan rasanya. Tapi, coba deh Kawan menghias hasil masakanmu. Sederhana saja, kalau Kawan memasak lauk, bisa menaruh irisan timun dan tomat serta daun selada. Sementara itu, kalau memasak kue, bisa menambahkan fondant atau frosting.

Tak ada salahnya, lho mengabadikan karyamu dan mengunggahnya di media sosial. Ya hitung-hitung sebuah apresiasi untuk dirimu sendiri. Jadi, lebih semangat deh belajar memasak pada sesi selanjutnya.

Oh ya, memotret masakan bisa sekaligus membuatmu belajar teknik fotografi makanan. Gunakan saja kamera ponsel serta pencahayaan alami dari sinar matahari. Menurut ahli fotografi makanan, Kawan bisa menyulap foto lebih menarik dengan trik foto kreatif, seperti fokus pada komponen dan karakter masakan, ambil sudut pandang miring 45 derajat dari atas makanan, atau atur makanan berjumlah ganjil.

5. Catat Proses Belajar Memasakmu

Ilustrasi © Freepik.com
info gambar

Kawan sudah berhasil memasak beragam jenis masakan dengan racikan yang tepat? Nah, sebaiknya Kawan mencatat seluruh resep tersebut dalam sebuah buku khusus. Alangkah indah dan lengkap pula jika menempelkan foto masakanmu.

Dengan tips ini, resep masakanmu akan lebih mudah teringat bila suatu saat Kawan ingin memasaknya lagi. Biar tidak terlihat monoton, boleh kok menghiasnya sesuka hati. Tuangan kreativitasmu dengan tinta warna-warni, stiker, atau hiasan lainnya supaya menanamkan sugesti pada dirimu bahwa selama ini Kawan telah melalui kegiatan belajar yang seru.

Setelah menerapkan 5 tips di atas, yakin deh, Kawan akan merasa belajar memasak itu menyenangkan dan rasanya ingin terus memasak. Jangan lelah berlatih hingga Kawan semakin mahir. Selamat memasak!

Kawan, untuk mendengarkan dan mengetahui lebih banyak informasi, yuk, dengarkan podcast GoodVoice di Spotify supaya Kawan Makin Tahu Indonesia!

Referensi: Hipwee | detikFood | Resep Koki

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini