Membangun Solidaritas Sosial Bagi Masyarakat Indonesia

Membangun Solidaritas Sosial Bagi Masyarakat Indonesia
info gambar utama

Membangun solidaritas sosial adalah hal yang sangat penting bagi masyarakat Indonesia akhir-akhir ini. Tentu saja, semua yang terjadi akhir-akhir ini sangat memberikan peluang untuk kembali mengingat kembali esensi gotong royong dalam kata "Solidaritas sosial".

Setahun ke belakang, ada berbagai rentetan peristiwa bencana alam. Mulai dari pandemi COVID-19 yang mewabah hingga hari ini, ditambah pada awal tahun 2021 musibah yang datang silih berganti, jatuhnya pesawat terbang, banjir dan longsor yang terjadi dibeberapa wilayah di Indonesia.

Lalu apa yang bisa kita lakukan? Bersikap tidak peduli? Menyerahkan semua penanganan kepada pemerintah? Seharusnya tidak seperti itu. Di situasi seperti sekarang inilah waktu yang sangat tepat untuk "unjuk gigi" tentang seberapa banyak kita bisa "Berbuat" untuk negeri dan sesama yang membutuhkan.

Membangun solidaritas sosial bisa terwujud melalui aksi-aksi individu maupun komunitas. Meskipun demikian, hal tersebut hanya bisa terwujud jika setiap individu memiliki kesadaran akan rasa kebersamaan yang kuat. Jika demikian, setiap individu akan bergerak dengan otomatis untuk melakukan aksi-aksi kebaikan dalam membangun solidaritas sosial.

Contoh nyata yang bisa dilakukan setiap individu dalam menghadapi pandemi COVID-19 yang tak kunjung usai adalah dengan menahan diri untuk tidak bepergian keluar rumah jika hal tersebut bukanlah hal yang penting dan darurat.

Selain itu, dalam lingkup komunitas bisa dilakukan dengan cara tidak mengadakan event yang dapat menjadi penarik perhatian kerumunan manusia. Atau bisa juga melakukan campaign galang dana melalui media sosial, ataupun platform-platform penyalur dana bantuan lainnya.

Meskipun terlihat sangat simple, hal-hal tersebut sangat berpengaruh dalam kembali membangun solidaritas sosial yang sedang diperlukan akhir-akhir ini. Di samping itu, pemerintah kita akan sangat terbantu apabila setiap orang dan komunitas memiliki kesadaran dan kepedulian bagi sesama.

Lalu, apa yang bisa kita lakukan untuk saudara-saudara kita yang terkena bencana seperti banjir dan longsor? Sedangkan jarak menjadi salah satu keterbatasan yang menghalangi niatan dan aksi-aksi nyata kita? Kita bisa juga melakukan hal yang sama seperti yang kita lakukan pada saudara-saudara kita yang terkena pandemi COVID-19.

Yap, kita bisa melakukan campaign donasi berupa harta, pakaian, maupun makanan. Akan tetapi tenang saja, tidak hanya bantuan harta atau materil, kita juga bisa melakukan dukungan moril berupa doa yang tentunya sangat dibutuhkan juga untuk saudara-saudara kita.

Itu semua hanya bisa terwujud apabila setiap kita memiliki kesadaran diri yang sangat kuat untuk sama-sama membangun solidaritas sosial bagi sesama. Maka dari itu, mari kita tumbuhkan kesadaran itu mulai dari sekarang. Terima kasih.

Referensi:bukanarjuna.com

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini