Ternyata Tangerang Lebih Unggul dari Jakarta Soal Kecepatan Internet

Ternyata Tangerang Lebih Unggul dari Jakarta Soal Kecepatan Internet
info gambar utama

Kawan GNFI, dalam situasi pandemi Covid-19 seperti saat ini, tentu kecepatan internet menjadi salah satu keandalan untuk melakukan beragam kegiatan, seperti belajar, bekerja, belanja, maupun melakukan aktivitas lainnya.

Tak heran, beberapa kegiatan berbasis online menjadi populer dilakukan oleh kalangan industri dan perusahaan, seperti seminar online (webinar), pameran (expo) virtual, jelajah/wisata virtual, dst.

Sebagai negara dengan penggunaan internet tertinggi di kawasan ASEAN--menurut World Bank dan Google, tentunya kecepatan internet di Indonesia harus menjadi tolok ukur untuk membuat aktivitas berbasis digital tadi bekerja secara optimal.

pengguna internet di ASEAN 2015-2020
info gambar

Koneksi terbaik masih Jawa sentris

Dalam catatan lembaga penguji Ookla, wilayah Tangerang disebut memiliki akses internet terbaik di Indonesia, mengalahkan Jakarta yang merupakan Ibu Kota negara.

Dari lima besar kota dengan koneksi Internet terbaik di Indonesia dari urutan 1-5 itu adalah;

  • Tangerang,
  • Makassar,
  • Jakarta,
  • Medan, dan
  • Palembang.

Sementara Bekasi, Surabaya, Depok, Bandung, dan Semarang, berada dalam posisi 6-10 untuk meengkapi kota-kota dengan koneksi Internet terbaik di Indonesia.

koneksi internet di indonesia
info gambar

Dari data itu, disimpulkan bahwa beberapa wilayah di Indonesia bagian tengah dan timur, seperti Bali, Lombok, NTT, Sulawesi, dan Papua, sejatinya mendapatkan porsi yang sama, mengingat beberapa tempat di kawasan tersebut akan menjadi tilang punggung wisata prioritas di Indonesia, seperti Mandalika (Lombok), Labuan Bajo (Flores), Alor (NTT), dan tentunya Raja Ampat (Papua Barat).

Operator dan vendor ponsel dengan kecepatan internet terbaik (Q3-Q4 2020)

Lalu jika berbicara siapa operator yang memiliki jaringan terkuat soal koneksi internet, pada periode kuartal III (Q3) hingga kuartal IV (Q4) di Indonesia, urutannya adalah; Telkomsel, IM3 Ooredoo, XL, Smartfren, dan Tri (3).

Speedtest Intelligence mengungkapkan Telkomsel adalah operator seluler tercepat di antara penyedia layanan internet di Indonesia dengan skor 22,22 pada chipset modern.

kecepatan internet operator indonesia
info gambar

Lembaga itu juga menguji kinerja gabungan produsen ponsel besar yang produknya dijual di Indonesia, dan menemukan bahwa ponsel produk Apple (iPhone) adalah yang tercepat sela kecepatan mengunduh konten pada periode itu, dengan catatan kecepatan 22,71 Mbps.

ponsel dengan kecepatan internet terbaik
info gambar

Kecepatan internet di Indonesia

Secara umum, lembaga penguji Ookla mencatat bahwa wilayah Indonesia pada periode Januari 2021 berada dalam posisi ke-121 di kategori mobile (17,33) di bawah Srilanka, dan posisi ke-115 untuk kategori fixed broadband (23,77 Mbps).

kecepatan internet di indonesia

kecepatan internet di indonesia
info gambar

Catatan-catatan soal kecepatan internet pun rutin dilakukan oleh Ookla yang merupakan sebuah perusahaan di balik aplikasi Speedtest. Perusahaan itu juga didapuk sebagai pemimpin global dalam pengujian kecepatan broadband, data, dan analisis jaringan seluler.

Sebagai hasil dari volume pengujian di semua platform Speedtest, Ookla memiliki analisa terlengkap tentang kinerja dan aksesibilitas internet di seluruh dunia. Ookla pun mengubah miliaran pengujian jaringan online ini menjadi salah satu faktor penting, baik untuk operator seluler maupun produsen ponsel dalam memetakan wilayah sebaran layanan.

Bahkan, produk unggulan perusahaan, yakni Speedtest Intelligence, digunakan oleh ISP (internet service provider), operator, bisnis, universitas, dan lembaga pemerintah yang sama-sama memercayai komitmen perusahaan yang berkantor di Seattle (AS) dan Dublin (Irlandia) ini soal kualitas dan netralitas.

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini