Band Jepang yang Digawangi Basis Indonesia Raih Penghargaan di Crunchyroll Anime Awards

Band Jepang yang Digawangi Basis Indonesia Raih Penghargaan di Crunchyroll Anime Awards
info gambar utama

Dalam berseni, Indonesia mungkin juaranya. Terutama di dunia musik, banyak dari musisi kita tenar di negeri orang bahkan menjadi anggota band di tempat yang bukan di tanah kelahirannya.

Musisi berdarah Indonesia yang memperkuat sejumlah band luar negeri memang tidak satu dua orang. Sebut eks personil Van Halen, Edward Lodewijk van Halen atau kerap disapa Eddie. Meskipun tidak lahir dan besar di Indonesia, gitaris band 80-an itu sempat menjadi bahan pembicaraan saat ia wafat pada 2020 lalu karena mempunyai darah Banten dari moyangnya.

Selain Eddie Van Halen, juga ada Dougy Mandagie. Bagi yang belum tahu, Dougy adalah penyanyi kelahiran Manado, Sulawesi Utara, yang besar bersama The Temper Trap, band Australia yang pernah mengisi soundtrack film "500 Days of Summer". Ada fakta unik dari Dougy, di mana menurut beberapa sumber ia masih mempunyai hubungan darah dengan pahlawan nasional Indonesia, Arie Lasut.

β€” The Temper Trap (@thetempertrap) February 19, 2020

Tentu saja tulisan ini bukan bermaksud overproud. Ambil saja hikmahnya kalau darah Indonesia mempunyai semangat berseni yang kuat walaupun menjalani hidupnya di negeri seberang.

Selain Eddie dan Dougy, contoh lainnya ada di Jepang, yakni Luthfi Rizki Kusumah. Di negeri sakura itu Luthfi bersama band bernama ALI mencuat namanya karena mengisi sejumlah soundtrack anime (kartun Jepang) yang laris ditonton di seluruh dunia.

Pembetot Bas Asal Kota Bandung

Band asal Jepang, Alien Liberty International atau yang disingkat ALI, sepertinya belumlah terlalu tenar dibandingkan dengan band-band Jepang lainnya yang sudah mendunia. Namun, bisa dibilang wajar, karena band beraliran hip hop, jazz dan funk yang berbasis di Shibuya, Tokyo, ini masih terbilang muda. ALI baru aktif sejak 2016, begitulah menurut keterangan Wikipedia.

ALI diperkuat Leo Imamura, Kahadio, Luthfi Rizki Kusumah, Alexander Taiyo Fidel, Jin Inoue, Yu Haiwara, dan Cesa Aiichiro. Selain mereka yang telah disebutkan, juga ada mantan personil yang sudah keluar yakni Jua dan Zeru.

Luthfi
info gambar

Ada diversitas yang kaya dalam band satu ini karena tidak semuanya murni berasal dari Jepang. Sejumlah netizen di kolom komentar Youtube mereka membeberkan latar belakang para personil band ini di mana di antaranya menyebutkan Leo seorang Jepang berdarah Spanyol serta Inggris dan Zeru seorang Jepang berdarah Ghana.

Tentu tidak ketinggalan Luthfi yang disebutkan adalah orang Indonesia. Luthfi sendiri tidak menampik identitasnya sebagai seorang Indonesia. Hal itu bisa dilihat ada ikon bendera Indonesia di profil akun Twitter-nya. Mengutip dari Duniaku, Luthfi disebutkan berasal dari kota kembang, Bandung, Jawa Barat.

Penghargaan untuk ALI dari Crunchyroll

Nama ALI menjadi bahan pembicaraan setelah ditunjuk mengisi soundtrack anime "unik" Beastars pada 2019. Dalam lagu openingnya ALI menyanyikan lagu "Wild Side" yang ditonton hingga 9 juta kali di channel Youtube mereka dan 27 juta kali (per Februari 2021) di channel Youtube TOHO Animation, rumah produksi anime tersebut.

Kerja keras ALI dengan karyanya tampaknya membuat para rumah produksi anime TOHO Animation tertarik menggandeng mereka lagi. Pada 2020 mereka ditunjuk lagi untuk mengisi soundtrack anime Jujutsu Kaisen dengan judul lagu "Lost in Paradise". Di lagu tersebut ALI berduet dengan AKLO, rapper Jepang/Meksiko.

Luthfi bersama ALI
info gambar

Kedua lagu tersebut lantas menjadi favorit para penggemar anime. Tidak perlu heran mencari buktinya, karena pada Februari 2021 kedua lagu mereka ditunjuk situs penyedia tontonan anime, Crunchyroll, sebagai lagu terbaik dalam Crunchyroll Anime Awards. Luthfi sendiri turut membagikan kebahagiaan itu di laman medsosnya.

Kini Luthfi dan ALI sepertinya masih sibuk dengan proyek barunya. Pada 2021 ini mereka dikabarkan sedang menggarap soundtrack untuk anime yang diadaptasi dari video gim, yakni The World Ends with You.

---

Referensi: Crunchyroll | Duniaku | IGN | Alienlibertyinternational.com

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini