Inilah 5 Alasan Kenapa Kawan Harus Punya Hobi

Inilah 5 Alasan Kenapa Kawan Harus Punya Hobi
info gambar utama

Penulis: Rifdah Khalisha

#WritingChallengeGNFI#CeritaDaerahdariKawan#MakinTahuIndonesia

Hobi merujuk pada kegiatan khusus yang biasanya Kawan lakukan pada waktu luang. Selama ini, Kawan mungkin memandang hobi sebagai suatu kegiatan yang tak wajib. Namun ternyata, hobi memiliki peran penting dalam kehidupan sehingga Kawan tak bisa memandangnya sebagai hal remeh. Setiap orang setidaknya harus menyukai satu jenis hobi.

Seberapa pentingnya, ya kegiatan ini? Nah, berikut beberapa alasan Kawan harus memiliki hobi yang mungkin tak pernah terpikirkan.

1. Memberikan Waktu Bersantai

Ilustrasi © Freepik.com
info gambar

Berbagai hal menumpuk, termasuk beban pekerjaan dan beban pikiran, rasanya memang tak pernah habis. Teruntuk Kawan yang jadwal kesehariannya begitu padat, sebaiknya Kawan memiliki hobi. Dengan melakukan hobi, Kawan bisa memberikan waktu luang untuk terbebas dari segala tanggung jawab yang bisa menjadi sumber stres.

Hobi seolah menjadi sebuah ‘pelarian’ yang tepat untuk tubuh dan otakmu rehat sejenak. Mulai sekarang, tetapkan dan usahakan jadwal rutin melakukan berbagai hal yang Kawan sukai. Jadikan hobi sebagai prioritasmu, kegiatan yang memberikanmu kesempatan bersantai, tetapi tetap produktif.

2. Mengubah Stres jadi Positif

Ilustrasi © Freepik.com
info gambar

Siapa di antara Kawan yang sering merasa jenuh hingga stres dengan rutinitas kehidupan pribadi? Pada dasarnya, rasa stres tak selalu berdampak buruk. Namun, apabila Kawan kesulitan mengelolanya, maka stres akan menimbulkan stres negatif atau distress.

Nah, hobi bisa membantu Kawan melepaskan rasa stres dan mengubahnya menjadi stres positif atau eustress. Menariknya, eustress dapat memotivasi diri untuk lebih tertantang, lebih senang,lebih tangguh, lebih semangat. Bahkan, menurut ahli, stres positif bisa jadi mata rantai terkuat untuk melindungi kesehatan otak jangka panjang.

3. Menstimulasi Kreativitas

Ilustrasi © Freepik.com
info gambar

Tahukah Kawan kalau kegiatan menyenangkan bisa secara mudah menstimulasi kreativitas? Hebatnya, melalui hobi, Kawan bisa membuka peluang baru dalam berpikir yang belum pernah Kawan lakukan sebelumnya. Tak hanya menstimulasi kreativitas saat melakukan hobi saja, tetapi juga saat melakukan pekerjaan bidang lainnya.

4. Membuka Peluang Bersosialisasi

Ilustrasi © Freepik.com
info gambar

Tak menutup kemungkinan hobimu itu dapat menciptakan interaksi baru dengan orang lain. Bahkan jika Kawan serius menekuninya, maka akan mengantarkanmu pada sebuah komunitas baru. Bukankah menyenangkan bisa bertemu orang-orang dengan hobi yang sama?

Jangan sampai melewatkan peluang besar ini, ya. Saat Kawan pergi ke komunitas yang mewadahi hobimu, Kawan bisa membangun jaringan pertemanan lebih luas lagi. Tak hanya itu, Kawan juga bisa mendapatkan hal lain, mulai dari pengalaman baru, wawasan baru, hingga membantumu menjalani hari demi hari dengan menyenangkan.

5. Menggali Potensi Diri

Ilustrasi © Freepik.com
info gambar

Tanpa Kawan sadari, semakin sering melakukan hobi, maka semakin meningkatkan kualitas hidup. Kawan bisa menemukan, menggali, dan mengasah potensi diri. Misalnya, saat mengikuti hobi kegiatan relawan, maka potensi diri seperti kemampuan bersosialisasi dan berbicara di depan umum bisa ikut meningkat.

Setelah mengetahui 5 alasan tersebut, Kawan bisa mulai memikirkan kegiatan yang mampu menarik minatmu untuk menguasainya dari sekarang. Sisihkan sedikit waktumu untuk rutin melakukah hobi, ya!

Kawan, untuk mendengarkan dan mengetahui lebih banyak informasi, yuk, dengarkan podcast GoodVoice di Spotify supaya Kawan Makin Tahu Indonesia!

Referensi: Covesia | Magazine Job Like | detikHealth

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini