Melihat Pulau Derawan, Hidden Gems Eksotis di Kalimantan Timur

Melihat Pulau Derawan, Hidden Gems Eksotis di Kalimantan Timur
info gambar utama

Penulis: Thalitha Avifah Yuristiana

#WritingChallengeGNFI#CeritaDaerahdariKawan#MakinTahuIndonesia

Indonesia memiliki banyak hidden gems destinasi wisata yang tak boleh dilewatkan. Salah satunya adalah destinasi wisata Pulau Derawan. Pulau Derawan adalah destinasi wisata yang terdiri gugusan kepulauan dengan pantainya yang Indah.

Pulau Derawan ini berlokasi di Kalimantan Timur. Tak hanya menyajikan keindahan pantainya, Pulau Derawan juga terkenal dengan pemandangan lautnya. Hal ini yang membuat banyak orang menilai bahwa Pulau Derawan adalah surga dunia.

Lantas apa saja yang bisa kalian eksplorasi selama menikmati liburan di destinasi wisata ini? Yuk, simak objek wisata di Pulau Derawan berikut ini!

1. Menikmati Penginapan Apung di Pantai Pulau Derawan

Penginapan apung di Pulau Derawan
info gambar

Salah satu daya tarik wisata di Derawan yang tak boleh dilewatkan adalah menginap di penginapan apung berlokasi di atas permukaan air laut di tepi pantai Derawan. Dijamin hal ini menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

2. Sensasi Berenang dengan Ubur-ubur di Pulau Kabakan

Berenang dengan ubur-ubur di Pulau Derawan
info gambar

Objek wisata di Derawan lainnya yang tak kalah menarih adalah Pulau Kabakan. Wisatawan disuguhkan dengan keberadaan ribuan ubur-ubur air tawar yang tak memiliki sengat menghuni pulai ini. Sehingga Kawan dapat berenang bersama dengan ubur-ubur nan cantik jika mengunjungi Pulau Kabakan.

3. Mengeksporasi Goa Haji Mangku

Goa Haji Mangku
info gambar

Goa Haji Mangku memiliki bibir goa yang berbentuk vertikal dengan bagian dalam yang dipenuhi air. Sehingga bentuknya menyerupai danau. Goa Haji Mangku di Pulau Derawan ini terkenal dengan pemandangannya yang eksotik dan airnya yang menyejukan. Cocok untuk Kawan yang suka bertualang.

4. Menyelam di Blue Light Cave

Blue Light Cave
info gambar

Kepulauan Derawan juga terkenal sebagai destinasi favorit untuk menyelam. Keindahannya bahkan sampai ke mancanegara. Salah satu lokasi menyelam yang menarik adalah di “Blue Light Cave” sebuah goa bawah laut yang sangat menakjubkan. Lokasi lainnya yang kerap dijadikan spot untuk menyelam antara lain seperti Shark Point yang terkenal akan keberadaan hiu-nya, Coral Garden yang menawarkan keindahan ragam terumbu karang, Tuturuga Point, Snapper Point, dan masih banyak lagi.

5. Kawasan Konservasi Penyu di Pulau Sangalaki

Konservasi Penyu Sangalaki
info gambar

Untuk Kawan yang tertarik untuk mengenal lebih laun kehidupan penyu, maka kawasan konservasi penyu di Pulau Sangalaki menjadi destinasi yang tepat untuk Kawan datangi. Jika beruntung, Kawan dapat menyaksikan secara langsung kegiatan pelepasan tukik-tukik atau penyu kecil yang baru menetas ke lautan.

6. Pesona Pulau Maratua

Pulau Maratua
info gambar

Pulau Maratua adalah salah satu pulau di gugusan kepulauan Derawan yang terkenal akan keindahannya. Pulau dengan pasir putih dan dikelilingi laut berwarna tosca ini menjadi destinasi yang tepat untuk berfoto dengan keluarga atau orang tercinta, Tak hanya itu, Kawan juga akan menemukan Danau Haji Buang dan Danau Tanah Bamban di Pulau Maratua ini.

7. Menikmati Kejernihan Danau Labuan Cermin

Danau Labuan Cermin
info gambar

Destinasi wisata di kepulauan Derawan selanjutnya yang tak kalah menarik adalah Danau Labuan Cermin. Bak Cermin, air di danau ini sangat jernih karena belum terkontaminasi dengan sampah. Cocok untuk Kawan yang ingin refreshing.

Selain berbagai destinasi wisata di kepulauan Derawan di atas, masih banyak lagi pesona wisata kepulauan Derawan lainnya yang tak kalah indah dan menarik untuk dieksplorasi. Apakah Kawan siap untuk merasakan keseruan untuk berlibur di Pulau Derawan?

Kawan, untuk mendengarkan dan mengetahui lebih banyak informasi, yuk, dengarkan podcast GoodVoice di Spotify supaya Kawan Makin Tahu Indonesia!

Referensi: Pemerintah Kalimantan Timur | Indonesia Kaya | Explorer

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini