PPI Edufest, Pameran Pendidikan Luar Negeri Secara Virtual oleh PPI Dunia

PPI Edufest, Pameran Pendidikan Luar Negeri Secara Virtual oleh PPI Dunia
info gambar utama

Direktorat Festival Luar Negeri Perhimpunan Pelajar Indonesia Dunia (PPI Dunia) membuka rangkaian acara “Perhimpunan Pelajar Indonesia Education Festival 2021 (PPI Edufest 2021)” pada (19/02) melalui kanal YouTube PPI Dunia dan dihadiri oleh 150 peserta.

PPI Edufest 2021 merupakan kegiatan pameran pendidikan luar negeri virtual terbesar di Indonesia dengan tema “Journey of the World Education Across Indonesia” yang melibatkan mahasiswa/i Indonesia di 48 negara – yang selanjutnya disebut dengan Duta Felari. Terhitung sejak bulan Februari hingga Mei 2021, Duta Felari memberikan informasi terkait studi di luar negeri kepada pelajar Indonesia di Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Indonesia Timur, Nusa Tenggara dan Bali, Jawa Timur, Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, Jawa Barat, Jakarta, Banten yang memiliki rencana untuk studi di luar negeri.

Pembukaan acara turut dihadiri oleh beberapa tokoh pendidikan Indonesia. PPI Edufest dinilai sejalan dengan visi pemerintah dalam pembangunan sumber daya manusia. “Pemerintah akan fokus pada pembangunan sumber daya manusia dalam RPJM tahap kedua karena pembangunan infrastruktur perlu diimbangi dengan pembangunan sumber daya manusia,” ujar Prof. Dr. R. Agus Sartono - Deputi Menteri Bidang Koordinasi Pendidikan dan Agama, Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Republik Indonesia. Acara dibuka dan diresmikan oleh Rektor Institut Pertanian Bogor sekaligus Ketua Forum Rektor Indonesia, Prof. Dr. Arif Satria, S.P, M.Si. “Cara terbaik memprediksi masa depan adalah dengan menciptakannya. PPI Dunia dapat menjadi bagian dari masa depan dengan menciptakan beragam kesempatan khususnya dalam pendidikan,” ujar Prof. Dr. Arif Satria, S.P, M.Si. CEO Schoters, Radyum Ikono, Ph.D. juga turut hadir menyampaikan pidato dan menyatakan dukungannya terhadap PPI Edufest.

Selama 4 bulan kedepan, PPI Edufest akan dilangsungkan melalui Zoom Cloud Meetings. Setiap wilayah akan disuguhkan tiga sesi pameran pendidikan yang terdiri dari Asia-Oseania, Timur Tengah-Afrika, dan Amerika-Eropa.

Sumatra menjadi wilayah pertama PPI Edufest 2021 yang telah berlangsung pada 20-21 Februari 2021. Dr. H. Erzaldi Rosman, S.E., M.M. - Gubernur Bangka Belitung dan Prof. Harry Azhar Aziz, M.A., Ph.D., CSFA - Ketua BPK RI 2014-2017 turut berpartisipasi dalam membuka rangkaian pameran pendidikan di wilayah Sumatra. Pameran pendidikan luar negeri virtual ini berhasil menarik perhatian kurang lebih 1400 peserta yang mendaftar secara resmi melalui website edufest.ppi.id dan mendapatkan total jumlah peserta 409 dari sesi pertama hingga sesi ketiga. PPI Edufest menargetkan 12.000 peserta dari seluruh Indonesia. Kalimantan akan menjadi wilayah kedua pada 6 Maret 2021 mendatang.

PPI Dunia berkolaborasi bersama lembaga di Indonesia yang memiliki harapan yang sama, seperti Schoters - lembaga pendidikan studi ke luar negeri dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) universitas-universitas di Indonesia serta beberapa lembaga lainnya. “PPI Dunia sangat mendukung pelajar Indonesia yang memiliki minat untuk studi di luar negeri dan semoga PPI Edufest menjadi salah satu pembuka jalan mewujudkan mimpi mereka,” harap Choirul Anam, Koordinator PPI Dunia 2020/2021.

Penulis: Nasrullah Anugrah Miftahul Qarib, Ketua Divisi Hubungan Masyarakat PPI Edufest 2021, PPI Malaysia

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini