Sejarah Hari Ini (2 Maret 1959) - Berpisah dari UI Jadilah ITB

Sejarah Hari Ini (2 Maret 1959) - Berpisah dari UI Jadilah ITB
info gambar utama

Sejak dibuka pada 2 Februari 1950, Universitas Indonesia (UI) memiliki 9 fakultas dan 3 lembaga yang tersebar di lima kota.

Salah satunya di Bandung, Jawa Barat, di mana terdapat Fakultas Teknik dan Fakultas Ilmu Pasti dan Fakultas Ilmu Alam yang berdiri di kota kembang tersebut.

Berangsur-angsur fakultas di luar Jakarta memisahkan diri membentuk instansi secara mandiri, tak terkecuali yang ada di Bandung.

Setelah memutuskan berpisah, fakultas di Bandung membentuk Institut Teknologi Bandung (ITB) yang berfokus pembelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi.

Pada 2 Maret 1959, peresmian dilakukan oleh Presiden RI, Sukarno, yang sebelumnya menandatangani Peraturan Pemerintah Nomor 6 Tahun 1959 tentang Pendirian Institut Teknologi (Lembaran Negara Tahun 1959 Nomor 9 dan Tambahan Lembaran Negara Nomor 1733) yang ditetapkan tanggal 28 Februari 1959.

Seusai melakukan orasi, Sukarno membuka prasasti peresmian yang kemudian hari dikenal mahasiswa ITB sebagai Tugu Sukarno.

Sukarno sendiri bukanlah sosok yang asing di ITB. Ia merupakan lulusan kampus tersebut semasa masih bernama Techniche Hoogeschool te Bandung.

---

Referensi: ITB.ac.id | Pusat Dokumentasi Arsitektur Indonesia, "Tegang Bentang"

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini