Deretan Pulau dan Pantai Memesona di Indonesia yang Ternyata Kurang Populer

Deretan Pulau dan Pantai Memesona di Indonesia yang Ternyata Kurang Populer
info gambar utama

Soal Indonesia punya ribuan pantai dan pulau yang indah, memang sudah tenar di mancanegara. Namun, dari sekian banyak pulau-pulau dan pantai-pantai elok di Indonesia, nyatanya ada beberapa nama pulau dan pantai yang tak kalah memesona, namun kurang populer di telinga pelancong.

Dalam sebuah survei yang dilakukan Agoda, beberapa kawasan pantai dan pulau adalah destinasi teratas bagi wisatawan Indonesia. Namun begitu, saat diminta untuk memamerkan destinasi populer di Indonesia, sekira 40 persen partisipan survei Agoda GoLocal Photography Competition mengunggah foto pantai.

Kebanyakan dari mereka memasang foto pantai di wilayah Bali paling banyak muncul, diikuti Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Nusa Tenggara Barat (NTB). Sebagian juga memang merekomendasikan pantai di wilayah Sumatra dan Sulawesi sebagai destinasi liburan tropis.

Namun ternyata, ada sekira tujuh pantai dan pulau menakjubkan di Indonesia yang ternyata kurang populer dan mungkin tidak diketahui banyak orang. Padahal pemandangannya sangat elok dan memesona. Berikut daftarnya:

Pulau Weh

Aceh

Pulau weh di aceh
info gambar

Terletak di titik paling barat Indonesia, Pulau Weh merupakan pulau vulkanik kecil yang pernah terhubung dengan Pulau Sumatra. Pulau ini kemudian terpisah oleh lautan--dengan Pulau Sumatra--karena meletusnya gunung berapi pada zaman Pleistosen.

Secara umum, Pulau Weh memiliki dua pantai yang sangat indah, yakni Pantai Gapang dan Pantai Iboih. Lain itu, pantai ini memiliki perairan hangat dan jernih dengan kehidupan laut yang hidup tanpa gangguan. Cocok banget buat kalian para pelancong yang menyukai aktivitas selam permukaan (snorkeling).

Pulau Natuna dan Anambas

Riau

Pulau natuna
info gambar

Kepulauan Natuna dan Anambas merupakan jajaran pulau terluar di perbatasan utara Indonesia, yang letaknya berada di Kepulauan Riau. Kepualuan ini berbatasan langsung dengan sisi barat Laut China Selatan.

Kepulaian nan memesona ini dikelilingi pantai pasir putih, seperti yang terlihat pada Pantai Tanjung Sebagul dan Pantai Setengar. Sejatinya, Kepulauan Natuna dan Anambas menjanjikan petualangan di tempat terpencil dengan keindahan alam khas negara tropis.

Pantai Amed

Bali

Pantai Amed
info gambar

Ada yang bilang, Pantai Amed adalah lokasi terbaik untuk pelancong yang gemar menyelam. Terbentang di tujuh desa nelayan di tepi laut, Pantai Amed yang terletak di Bali Timur ini baru sedikit yang mengenalnya sebagai tempat selam dengan pesona terumbu karang cantik serta kekayaan biota laut.

Jika menyelam di sana, penyelam akan melihat bintang laut ungu, hiu karang, hingga penyu. Yang menarik, jika menyelam saat malam hari maka pesona plankton bioluminescent akan membuat kegiatan selam semakin seru..

Tempat ini juga menjadi lokasi terbaik untuk yang menyukai pesona keindahan kapal karam yang perlahan membatu. Bahkan, menurut para peselam dunia, tempat ini dinilai sebagai salah satu spot menyelam terbaik di dunia untuk kategori reruntuhan kapal karam.

Pantai Blue Lagoon

Bali

Pantai Laguna Biru
info gambar

Jika bosan dari keramaian Pantai Seminyak atau Jimbaran Bay yang top seantero Bali, maka kunjungilah Pantai Laguna Biru (Blue Lagoon Bay). Pantai ini boleh dibilang merupakan permata tersembunyi di Bali bagian timur, terkhusus bagi pelancong yang menginginkan ketenangan selama berlibur.

Dikenal sebagai surga bawah air, Blue Lagoon memiliki kehidupan laut yang eksotik dan merupakan tempat yang bagus untuk snorkelling maupun diving.

Pulau Ontoloe

Nusa Tenggara Timur

Pulau Ontoloe
info gambar

Bayangkan jika kita melancong ke sebuah pulau nan sepi, ditemani oleh ribuan kelelawar saat menikmati matahari terbenam. Nah, keseruan bisa didapatkan jika mengunjungi Pulau Ontoloe yang terletak di timur laut Flores, NTT. Pulau ini dikenal oleh masyarakat sekitar juga sebagai pulau kelelawar.

Koloni kelelawar buah itu biasanya terlihat terbang di atas pohon bakau dengan jumlah yang cukup banyak. Wajar saja, mereka menganggap pulai ini sebagai rumah.

Pulau Ontoloe juga merupakan pulau terbesar di Taman Wisata Laut 17 Pulau Riung, yang sebenarnya terdiri dari lebih dari 20 pulau kecil dengan ekosistem ragam spesies terumbu karang. Pantainya yang tenang yang kontras dengan perairan sebening kristal itu menjadikan Pantai Ontoloe sebagai tempat yang sempurna untuk berenang, snorkeling, dan melakukan kegiatan foto bawah laut.

Pantai Bira

Sulawesi Selatan

Pantai Bira
info gambar

Pantai indah yang terletak di Tanjung Bira, Sulawesi Selatan ini menyajikan pantai berpasir putih yang tak boleh dilewatkan pesonanya. Para pelancong bisa merasakan lembutnya pasir saat berjalan menyusuri pesisir.

Lain itu, dari pantai ini para pelancong juga bisa menyewa kapal untuk mengunjungi pulau Liukang Loe dan menikmati pesona terumbu karang di perairan dangkalnya.

Pulau Togean

Sulawesi Tengah

Pulau Togean
info gambar

Bagi pelancong yang pernah datang ke Pulau Togean, tentunya tak akan menampik jika kawasan itu adalah surga tropis sejati dengan pantai pasir yang sangat halus. Keindahan terumbu karang yang bisa terlihat dari permukaan air sebening kristal itu nyatanya bakal memanjakan para penggila aktivitas selam.

Para pengunjung juga bisa berinteraksi dengan masyarakat lokal Bajau yang dikenal ramah. Mereka juga biasa dipanggil sebagai Gipsi Laut.

Masyarakat asli itu tinggal di desa-desa yang dibangun di atas air, yang tentunya bakal sangat seru untuk penyusuri pemukiman atas air mereka. Jika ingin merasakan petualangan lebih menantang, cobalah untuk mendaki gunung berapi Una Una.

Deretan pantai dan pulau tadi tentunya bisa menjadi agenda ketika masa pandemi mereda, guna melepas kepenatan aktivitas selama pandemi Covid-19.

Konten di atas sebagian memakai konten yang ada di Wikipedia. Untuk melihat yang lainnya, silakan klik tautan berikut Arsip Wikipedia. Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Mustafa Iman lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Mustafa Iman.

Terima kasih telah membaca sampai di sini