Ajang Melegenda, Festival Film Sundance Kini Hadir di Indonesia

Ajang Melegenda, Festival Film Sundance Kini Hadir di Indonesia
info gambar utama

Dalam dunia perfilman, ada banyak sekali ajang yang diadakan. Baik itu tingkat nasional, maupun tingkat internasional. Para pelaku industri perfilman sudah pasti tidak asing lagi dengan salah satu festival film satu ini. Ialah Festival Film Sundance, sebuah ajang yang sudah hadir sejak 1978 di Amerika Serikat (AS).

Kini, festival film bergengsi tersebut resmi hadir di Indonesia. Tepatnya, pada Senin (15/3) lalu, IDN Media sebagai salah satu media di Indonesia berkolaborasi dengan XRM Media mengumumkan penyelenggaraan Sundance Film Festival 2021: Asia di Jakarta, Indonesia.

Festival film ini bertujuan untuk mendukung, menghubungkan, dan mempromosikan komunitas film independen di Asia, sekaligus menyuguhkan beberapa film independen persembahan Sundance Film Festival 2021 yang telah dikurasi oleh Sundance Institute. Sundance Film Festival: Asia adalah bagian dari program Sundance Institute di Asia, yang bertujuan untuk mempromosikan film-film independen, termasuk film Indonesia, kepada audiens global. Melalui beberapa program unik, seperti labs, grant funding, dan special projects yang dilakukan, Sundance Institute ingin mendukung komunitas-komunitas pembuat film independen.

Sundance Film Festival | Foto: IDN MEDIA
info gambar

Sebagai komitmen, Sundance Film Festival: Asia 2021 akan menyuguhkan sejumlah program untuk memberikan penghargaan terhadap para pembuat film di Asia, terutama insan perfilman di Indonesia. Festival ini akan menampilkan sejumlah program guna memperdalam dan mendemokrasikan pertukaran seni, serta melahirkan beragam ide baru yang autentik, dan akhirnya dapat dibagikan ke panggung global.

“Sudah lama kami ingin memperdalam hubungan kami dengan para pembuat film independen di Asia一mereka penuh dengan semangat dan optimisme. Bekerja sama dengan XRM Media dan IDN Media, kesempatan untuk bekerja secara lebih dekat dengan komunitas pembuat film dan penonton di Indonesia tentu menjadikan tahun pertama Sundance Film Festival: Asia sebagai prospek yang begitu menarik," ungkap Tabitha Jackson selaku Director of Sundance Film Festival.

Michael Y. Chow selaku Co-Founder dari XRM Media pun mengatakan bahwa melalui kerja sama ini, diharapkan semakin memperkuat semangat kolaborasi, persatuan, dan inklusivitas di Indonesia, di seluruh Asia, dan dengan pihak-pihak lain yang juga turut terlibat dalam pembuatan film indie.

Senada dengan keduanya, Winston Utomo CEO IDN Media bangga dapat menghadirkan Sundance Film Festival untuk pertama kalinya di Indonesia. Festival film bersejarah ini akan menjadi momentum penting bagi industri film di Asia, khususnya bagi para sineas dan pecinta film di Indonesia untuk dapat saling terhubung dan berkolaborasi dengan para sineas di seluruh dunia.

Dengan hadirnya festival bergengsi tersebut, sudah waktunya bagi dunia perfilman Indonesia bangkit menghasilkan karya yang lebih baik lagi. Dan tentunya dapat mengharumkan nama Indonesia di kancah global.* (comm)

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini