Merasa Tidak Mampu untuk Berinovasi? Coba Ikuti Cara Elon Musk Ini!

Merasa Tidak Mampu untuk Berinovasi? Coba Ikuti Cara Elon Musk Ini!
info gambar utama

Apakah inovasi dapat dipelajari?

Begitulah pertanyaan yang pernah dilontarkan oleh Wall Street Journal kepada Elon Musk. Dan, jawaban Elon Musk adalah ya, "inovasi sangat bisa dipelajari," pungkasnya. Elon Musk adalah seorang pengusaha dibalik SpaceX, Tesla, SolarCity, dan PayPal yang inovasinya sudah tidak diragukan lagi. Lalu, apa saja kebiasaan yang biasa dilakukan oleh Elon Musk dan orang-orang yang sangat inovatif?

1. Berani menantang dirinya dan tidak mudah menyerah

Seorang yang inovatif akan terus bersemangat menjalankan aktivitas yang memberikan tantangan kepada dirinya. Mereka terus mengisi hidupnya dengan pengalaman, pembelajaran, dan bacaan baru. Mereka tidak takut untuk bertanya mengapa dan tidak akan pernah berhenti mencari perspektif yang berbeda.

2. Percaya bahwa kegagalan adalah sebuah pilihan

Ilustrasi | Foto: Freepik
info gambar

Sometimes you win, sometimes you learn. Sebenarnya, tidak ada kegagalan jika kita tidak memilih untuk gagal, apapun kondisinya. Anggaplah kita sedang dalam suatu pertandingan sepak bola, jika kita tidak menang, berarti kita sedang belajar.

Kita bisa memilih kalau kita tidak sedang kalah, tetapi kita hanya sedang belajar saja untuk hasil ke depan yang lebih baik. Jika kita terus menang dalam setiap situasi, tidak akan ada inovasi.

3. Menuliskan setiap ide yang datang di catatan kecil

Setiap orang yang inovatif pasti suka membawa catatan-catatan kecil ke mana pun ia pergi, bisa catatan di smartphone atau buku kecil. Pernahkah Kawan merasakan ketika muncul suatu ide, lalu karena tidak dicatat tiba-tiba hilang begitu saja?

Inilah gunanya catatan kecil. Sebagus apapun memori ingatanmu, ketika ada ide yang muncul, selalu tuliskan saat itu juga.

4. Selalu menyiapkan dan memelihara lingkungan yang kreatif

Orang yang inovatif paham mengenai dirinya dan lingkungan yang dapat membuat dirinya produktif. Mereka mengatur ruangan kerja dengan senyaman mungkin sehingga dapat membuat suasana hati dan pikirannya selalu dalam performa terbaik.

Mereka juga paham kapan jam-jam kreatif bagi dirinya. Ada yang merasa lebih produktif di pagi hari, namun ada yang malam hari. Orang yang inovatif juga akan selalu menjaga lingkungan orang di sekitarnya mendukung untuk menemukan ide-ide baru.

Orang-orang yang inovatif selalu belajar, membangun positif mindset, menuliskannya, dan menunjang dengan membentuk lingkungan yang suportif. Begitulah beberapa poin pembelajaran dari Elon Musk yang bisa Kawan ikuti.

Nah, kalau Kawan ingin tahu lebih dalam dan luas bagaimana cara supaya menjadi inovatif, Kawan bisa mengikuti acara Innovation Talks dalam rangkaian acara Paragon Innovation Summit 2.0 2021 yang diselenggarakan atas kolaborasi PT Paragon Technology & Innovation (PT PTI) dan Pemimpin.id pada 27-28 Maret 2021.

Acara ini akan diisi oleh tokoh-tokoh inspiratif yang siap untuk membagikan pemikiran serta pengalaman berinovasi dari lintas sektor. Beberapa tokoh tersebut, seperti Nadiem Makariem, Sandiaga Uno, Salman Subakat, dan masih banyak lagi.

Dengan adanya Innovation Talks (iTalks) ini diharapkan semakin banyak anak bangsa yang terpapar dengan nilai inovatif dan siap memberikan dampak positif, termasuk kamu. Yuk, gabung!

Referensi: Inc | Entrepreneur

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini