Teman Kreasi Indonesia, Cara Smartfren Mengajarkan Komunitas untuk Berbisnis

Teman Kreasi Indonesia, Cara Smartfren Mengajarkan Komunitas untuk Berbisnis
info gambar utama

Smartfren sebagai salah satu operator asli Indonesia, memperkuat dukungannya terhadap produsen, wirausahawan, dan kreator lokal, melalui peluncuran program Teman Kreasi Indonesia. Program ini merupakan sarana pemberdayaan berkelanjutan yang berbasis pengembangan dan penguatan komunitas kreatif di masyarakat.

Menggunakan prinsip kokreasi yang saling mendukung, program ini diharapkan dapat mendorong lahirnya banyak wirausahawan sosial, wirausahawan digital, serta kreator lokal di Indonesia.

Roberto Saputra, Chief Brand Officer Smartfren, pada konferensi pers virtual, Kamis (25/3/2021), mengatakan bahwa kehadiran program Teman Kreasi Indonesia adalah bukti sinergi antara perusahaan, pelanggan, dan masyarakat dapat membuka peluang menuju Indonesia yang lebih baik.

''Kami yakin Teman Kreasi Indonesia dapat menjadi medium memperkuat ketahanan ekonomi serta pendidikan berbasis digital. Apalagi Smartfren memiliki keunggulan berupa koneksi internet yang 100 persen 4G LTE yang sangat penting dalam mendukung pengembangan wirausaha berkonsep digital dan sosial,'' jelasnya.

Sementara Dani Akhyar, Head of Community Development Smartfren, pada kesempatan tersebut juga mengatakan bahwa program Teman Kreasi Indonesia adalah tonggak bagi upaya Smartfren mewujudkan pemberdayaan masyarakat berbasis komunitas dan internet.

Wujud sinergi perusahaan, produk, dan komunitas

Seperti sudah lazim dilakukan oleh perusahaan yang melihat kalangan komunitas sebagai sebuah aset yang tak bisa dipandang sebelah mata, maka sepertinya momentum itu bakal dioptimalkan oleh Smartfren melalui program ini.

Program Teman Kreasi Indonesia sejatinya merupakan bentuk kolaborasi antara misi perusahaan, produk, serta kekuatan komunitas. Hal itu terlihat dari Smartfren (perusahaan), WOWLabs (produk), dan Smartfren Community (komunitas).

Sekadar pengingat saja, Smartfren sebelumnya telah meluncurkan WOWLabs sebagai platform kokreasi untuk generasi konten, dan melahirkan berbagai produk edisi terbatas.

Karya terbaru kokreasi tersebut berupa jersey pesepeda dari Common Spot dan Show The Monster, akan dijual dan sebagian hasilnya digunakan sebagai modal pendukung kegiatan Teman Kreasi Indonesia.

Peserta program Teman Kreasi Indonesia juga bakal mendapatkan dukungan modal berupa koneksi internet 4G LTE Advance yang sangat bermanfaat digunakan menjalankan kegiatan wirausaha online.

Dengan dukungan jaringan potensi pasar dari Smartfren Community yang tersebar di 100 kota di wilayah Indonesia, diharapkan program ini bisa melahirkan jaringan wirausaha serta kreator baru yang 100 persen lokal, sehingga memperkuat ketahanan ekonomi masyarakat.

Menjawab pertanyaan GNFI, Smartfren berjanji akan mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki kalangan komunitas itu, seperti memberikan pelatihan untuk mengoptimalkan kemampuan (skill), dan bagaimana cara manajemen bisnis yang bisa diterapkan setelahnya.

Memperluas sebaran komunitas

Dari data Smartfren, saat ini program Teman Kreasi Indonesia telah hadir di beberapa wilayah di Indonesia, antara lain:

  • Natuna,
  • Lampung,
  • Depok,
  • Tangerang,
  • Tangerang Selatan,
  • Lebak,
  • Cilegon,
  • Serang,
  • Bekasi,
  • Bandung,
  • Bandung Barat,
  • Garut,
  • Cibungur,
  • Tegal,
  • Kuningan,
  • Pekalongan,
  • Cilacap,
  • Blitar,
  • Bojonegoro,
  • Pati,
  • Tanah Laut,
  • Mojokerto,
  • Surabaya, dan
  • Bali.

''Saat ini program ini telah hadir di 24 kota, dengan dukungan dari Smartfren Community dan partner kokreasi Smartfren WOWLabs. Kami selalu terbuka dan aktif mencari kota-kota lain yang ingin bergabung sebagai keluarga Teman Kreasi Indonesia, serta bersama-sama membuka peluang baru,'' ungkap Dani.

Rencananya Smartfren akan menghadirkan program tersebut di berbagai wilayah lain yang sudah dijangkau oleh Smartfren Community. Produk yang dihasilkan dari program Teman Kreasi Indonesia ini antara lain berupa kuliner lokal seperti keripik gedebog pisang, keripik daun jeruju, keripik jantung pisang, kopi robusta, dan ledre.

Bagi pelaku wirausaha atau mereka yang ingin mengembangkan wirausaha berbasis digital dan sosial dapat mendapatkan informasinya di media sosial Smartfren.

Boleh jadi, apa yang dilakukan Smartfren tadi adalah upaya untuk meningkatkan ekonomi masyarakat yang jelas-jelas terkena dampak pandemi Covid-19.

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Mustafa Iman lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Mustafa Iman.

Terima kasih telah membaca sampai di sini