Inilah 6 Merek Kopi dengan Gerai Terbanyak di Indonesia

Inilah 6 Merek Kopi dengan Gerai Terbanyak di Indonesia
info gambar utama

Kawan GNFI, jumlah kedai kopi di Indonesia terus tumbuh menjadi emerging business yang cukup menjanjikan. Ini terlihat dari menjamurnya jumlah kedai kopi kekinian dalam tiga tahun terakhir.

Berdasarkan riset independen Toffin, jumlah kedai kopi di Indonesia hingga 2019 mencapai lebih dari 2.950 gerai, meningkat hampir tiga kali lipat dibandingkan pada 2016, yang hanya 1.000 gerai. Di mana market value yang dihasilkan mencapai Rp4,8 trilirun, nominal yang cukup fantastis dari bisnis minuman.

Angka riil jumlah kedai kopi dalam riset yang dilakukan Toffin dan MIX MarComm SWA ini bisa lebih besar karena sensus kedai kopi hanya mencakup gerai-gerai berjaringan di kota-kota besar. Tidak termasuk kedai-kedai kopi independen modern maupun trandisional di berbagai daerah.

Adapun konsumsi kopi domestik saat ini tumbuh 13,9 persen per tahun melebihi konsumsi dunia 8 persen. Di mana 6 dari 10 orang yang disurvei menyukai kopi kekinian, seperti kopi kenangan, dan lainnya, dengan 40 persen responden pergi kedai coffe to go.

Berdasarkan data yang dikutip dari Statista 2019, dari ribuan gerai yang tersebar, berikut 6 merek kopi dengan gerai terbanyak di Indonesia.

Baca juga: Bersama Brasil dan Vietnam , Indonesia Kuasai Produksi Biji Kopi Dunia

1. Janji Jiwa

Janji Jiwa menjadi merek kopi dengan gerai terbanyak di Indonesia. Hingga tahun 2019, jumlah gerai Janji Jiwa berjumlah 500 outlet yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Merek yang terkenal dengan jargon “kopi dari hati,” Kopi Janji Jiwa sukses merebut hati kaum milenial. Menyuguhkan minuman kopi lokal dengan cita rasa yang pas. Menu favorit #temansejiwa, yakni es kopi susu (espresso, susu, dan gula aren). Harga menu kopi ini mulai dari Rp15 ribu-30 ribu.

2. Starbucks

Rasanya, merek kopi satu ini sudah tidak asing di telinga masyarakat. Pasalnya, Starbuck memiliki ratusan outlet yang tersebar di Indonesia, terutama di kota-kota besar.

Merek kopi asal negeri Paman Sam, Amerika Serikat, ini tergolong brand kopi yang high class. Meskipun harganya relatif lebih mahal dibanding merek lainnya, namun tetap saja ramai dikunjungi konsumen.

Berdasarkan data Statista 2019, kedai Startbuck sudah mencapai lebih dari 421 outlet di Indonesia. Cepat "beranak pinak" karena mengusung konsep kemitraan

3. Kopi Kulo

Posisi ketiga diisi oleh Kopi Kulo, layaknya kedai kopi lainnya, Kopi Kulo mengusung konsep coffee to go dengan sistem kemitraan. Berdasarkan data yang dikutp dar Statista 2019, Kopi Kulo telah memiliki 345 outlet di seluruh Indonesia.

Kulo mempunyai tiga varian es kopi susu yakni, Es Kopi Kulo, Es Kopi Keju, dan Es Kopi Baileys. Ada juga Es Matcha dan Cookies’n Cream sebagai varian minuman non-kopi. Salah satu menu non-kopi andalannya adalah Avocatto yang dibuat dari campuran susu dan alpukat. Semua minuman ini bisa Kawan GNFI bawa pulang dengan mengeluarkan uang sebesar Rp15.000 sampai Rp27.000.

Baca juga: Ciri Khas 6 Kopi Nusantara yang Mendunia

4. J.CO Donuts & Coffe

Posisi keempat diisi oleh merek lokal, J.CO Donut & Coffee. Tidak seperti merek lain yang pure menyediakan menu miniman kopi, J.CO menyediakan pula menu andalan berupa donat dan yoghurt. Kendati demikian, minuman kopi tetap menjadi salah satu menu andalan J.CO.

Berdasarkan data yang dikutip dari Statista 2019, merek ini telah memiliki 273 gerai di seluruh Indonesia. Mayoritas gerai J.CO tersedia di pusat perbelanjaan kota-kota besar di Indonesia.

5. Dunkin Donuts

Mengusung konsep yang hampir sama dengan J.CO Donuts & Coffe, Dunkin Donuts juga menyediakan menu andalan berupa donat dengan berbagai varian. Namun, minuman kopi tetap menjadi menu andalan yang cukup laris diburu konsumen.

Hingga tahun 2019, merek yang berasal dari Amerika Serikat ini telah memiliki 200 gerai yang tersebar di seluruh Indonesia.

6. Kopi Kenangan

Posisi terakhir diisi oleh Kopi Kenangan, merek yang belum lama ini dapat suntikan dana dari sederet perusahaan besar seperti Sequoia Capital, ini memiliki 175 gerai di Indonesia. Setelah mendapatkan suntikan dana yang besar ($109 juta), gerai Kopi Kenangan di prediksi bakal terus tumbuh dan berkembang di Indonesia.

Menu andalan di toko ini adalah Kopi Kenangan Mantan. Perpaduan kopi, susu, dan gula aren membuat rasa yang nikmat dan segar. Umumnya, gerai kopi ini beroperasional dari jam 10.00-21.00 waktu setempat. Soal harga bervariatif, mulai dari Rp 18.000 hingga Rp 42.000.

==

Sumber Referensi: Statista| Travel Kompas | Tempo.co

Baca juga:

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Iip M. Aditiya lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Iip M. Aditiya.

Terima kasih telah membaca sampai di sini