Tumbuh Pesat di Indonesia, Pembayaran Digital ShopeePay Lakukan Inovasi

Tumbuh Pesat di Indonesia, Pembayaran Digital ShopeePay Lakukan Inovasi
info gambar utama

Perilaku berbelanja online saat ini memang sudah menjadi kebiasaan banyak orang, terutama di tengah kondisi pandemi Covid-19. Secara umum, Indonesia merupakan pasar e-commerce terbesar di Asia Tenggara. Karena sekira 90 persen pengguna internet Indonesia pernah melakukan belanja online, demikian menurut data We are social dan Hootsuite.

Berdasarkan laporan McKinsey, industri e-commerce di indonesia diprediksi akan mencapai nilai 40 miliar dolar AS pada tahun 2022. Salah satu faktor terbesarnya adalah pertumbuhan kelas menengah di Indonesia yang cukup pesat, yakni sebesar 21 persen dari total populasi atau sebanyak 57,3 juta orang pada tahun 2019.

Faktor lain yang juga mendorong perkembangan e-commerce adalah tingkat penetrasi internet serta kemudahan transaksi berbasis mobile yang terus meningkat. Hal itu memungkinkan lebih banyak orang untuk mengakses berbagai platform belanja online, mulai dari toko online, aplikasi marketplace, media sosial, dst.

Shopee puncaki pemeringkatan

Menukil data iPrice, situs agregator belanja daring, menunjukkan bahwa sepanjang 2020 e-commerce Shopee mendapatkan kunjungan tertinggi di Indonesia. Shopee berhasil mencatatkan rata-rata di atas 90 juta kunjungan saban bulannya.

Pada kuartal IV (Q4) 2020, misalnya, Shopee berhasil mencatat sebanyak 129.320.900 kunjungan, naik 32.788.600 kunjungan ketimbang periode Q3. Sementara pada periode Q1 dan Q2, ada kunjungan sebanyak 71.533.300 dan 93.440.300 yang dicatat Shopee.

Posisi kedua jawara e-commerce 2020 ditempati oleh Tokopedia, dengan rata-rata kunjungan di atas 80 juta. Sama hal nya dengan Shopee, Kunjungan tertinggi Tokped juga tercatat pada Q4 (114.656.600 kunjungan). Naik signifikan dari total kunjungan periode Q3 (84.997.000 kunjungan).

Peningkatan kunjungan Shopee dan Tokopedia di Q4 berkat flashsale atau campaign yang dilakukan kedua perusahaan. Sale akhir tahun 10.10, 11.11, dan 12.12 menjadi peak season bagi perusahaan e-commerce untuk berlomba mengakuisisi pengguna.

Inovasi pembayaran digital ShopeePay

Salah satu upaya Shopee untuk terus berkembang adalah memudahkan akses pengguna ke ranah dompet digital. Untuk produk dompet digital yang satu ini, lazim dikenal dengan nama ShopeePay.

Kamis (1/4/2021), ShopeePay mengumumkan kerja sama dengan Google Play Store untuk mendukung tren pertumbuhan penggunaan layanan digital di Indonesia.

Pendek kata, pembayaran digital ShopeePay kini terintegrasi dengan Google Play Store untuk berbagai kebutuhan, seperti pembelian aplikasi, top up game, hingga berlangganan layanan Video on Demand (VOD).

Riset We Are Social dan HootSuite pada 2020 juga mengungkap fakta bahwa sebanyak 86,2 persen pengguna internet mengaku menggunakan aplikasi hiburan dan video, meningkat 83 persen dari di tahun sebelumnya. Sementara, 60,4 persen lainnya mengaku menggunakan aplikasi mobile game, meningkat dari 59 persen di tahun sebelumnya.

Peningkatan tren ini mendorong integrasi ShopeePay dan Google Play Store untuk menyediakan akses pembayaran yang lebih aman dan menyeluruh, khususnya bagi pengguna Android yang mendominasi lebih dari 90 persen pasar ponsel di Indonesia.

''Kerja sama ini merupakan pencapaian inovasi terbaru dari ShopeePay dalam menyediakan solusi pembayaran digital yang terintegrasi, khususnya di platform kelas dunia seperti Google Play Store. Terutama di tengah pandemi, masyarakat mengandalkan layanan digital untuk mengakses hiburan, mengeksplor hobi, serta berbagai aktivitas dari rumah lainnya,'' kata Eka Nilam Dari, Head of Strategic Merchant Acquisition ShopeePay, dalam siaran pers perusahaan, kamis (1/4).

''...Dengan penawaran yang memuaskan dan akses yang tak terbatas akan transaksi pembayaran digital di dalam Google Play Store, kami harap kolaborasi ini dapat semakin mendorong antusiasme masyarakat terhadap transaksi digital.''

Sebagai bagian dari kerja sama ini, pengguna akan mendapatkan cashback 100 persen untuk setiap transaksi menggunakan ShopeePay. Program cashback ini dapat dinikmati untuk melakukan beragam transaksi mulai dari pembelian aplikasi, layanan VOD seperti iflix, Vidio, dan VIU, serta layanan hiburan seperti webtoon.

Lain itu, pengguna juga akan mendapatkan cashback yang sama untuk membeli item berbagai game populer, seperti Free Fire, Arena of Valor, Call of Duty Mobile, Mobile Legends, Genshin Impact, PUBG Mobile, State of Survivals, Lord Mobile, Rise of Kingdoms, dan masih banyak lagi.

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini