10 Merek Mobil Paling Laris di Indonesia Sepanjang 2020

10 Merek Mobil Paling Laris di Indonesia Sepanjang 2020
info gambar utama

Pandemi covid-19 terbukti mampu menurunkan omset dan penjualan berbagai sektor ekonomi, termasuk sektor otomotif Tanah Air.

Pasalnya, masyarakat cenderung melakukan penundaan dalam membeli barang tersier seperti mobil karena desakan kebutuhan lain. Sementara aktivitas industri sempat melandai usai berbagai wilayah menerapkan pembatasan sosial lewat PSBB.

Setelah pada artikel beberapa waktu lalu mengulas merek mobil paling laris secara retail sales (dari dealer ke konsumen). Tulisan kali ini akan membahas merek mobil paling laris di Tanah Air berdasarkan penjualan wholesales atau distribusi pabrikan ke dealer sepanjang 2020.

Baca juga:Naik 108 Persen, Ekspor Suzuki Indonesia Paling Signifikan di Februari 2021

10 merek mobil terlaris di Indonesia sepanjang 2020, Toyota dan Daihatsu masih menjadi penguasa. Merek Cina (Wuling) masuk dalam daftar. © GNFI
info gambar

Berdasarkan data yang dihimpun Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan secara wholesales sepanjang 2020 mencatatkan angka sebanyak 532.027 unit. Turun 48,5 persen dari tahun sebelumnya (year on year) yang mencapai 1.032.907 unit.

Toyota masih menjadi penguasa, pabrikan asal Jepang ini berhasil menjual sebanyak 161.256 unit produknya. Angkanya menurun cukup signifikan dari penjualan tahun 2019 (331.004). Tipe Avanza menjadi yang paling laris dengan penjualan ritel sebanyak 35.754 unit (dari dealer ke konsumen).

Daihatsu berhasil membuntuti Toyota dengan angka penjualan sebanyak 90.724 unit. Sepanjang 2020, Sigra menjadi varian Daihatsu paling laris dengan total penjualan 23.295 unit.

Urutan ketiga diisi oleh Honda dengan angka penjualan sebanyak 73.315 unit. Tipe Brio mencatatkan penjualan yang cukup fenomenal, angkanya mencapai 40.897 unit seklaigus berhasil menyigkirkan Avanza.

Seperti posisi tahun 2019, Mitsubishi dan Suzuki masih berada di posisi keempat dan kelima. Pabrikan dengan lambang tiga berlian itu berhasil mencatat angkat penjualan sebanyak 66.130 unit, disusul merek berlogo “S” dengan angka penjualan ritel sebanyak 57.906 unit. Tipe Expander dan Carry Pikap masih menjadi penyumbang terbesar penjualan kedua merek tersebut.

Tiga merek mobil yang terkenal dengan mesin bertenaga besar, Fuso, Isuzu dan Hino menempel di posisi 6-8. Ketiga pabrikan asal Jepang itu mencatatkan penjualan sebesar 21.359 unit, 16.442 unit dan 12.621 unit.

Nissan yang tahun lalu menempati peringkat tujuh harus turun ke posisi sembilan dengan total penjualan 10.849 unit. Tipe Grand Livina menjadi model paling laris dari merek ini.

Wuling pun tidak mau ketinggalan, pabrikan otomotif asal Cina ini berhasil mencatatkan penjualan sebanyak 21.112 unit. Meskipun berada di peringkat 10, catatan tersebut merupakan suatu pencapaian yang menjanjikan bagi perusahaan yang belum lama bertarung di pasar otomotif Tanah Air.

Bagi Kawan GNFI yang pensaran dengan perkembangan merek mobil terlaris di Indonesia, berikut kami sajikan videonya.

Baca juga:

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Iip M. Aditiya lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Iip M. Aditiya.

IA
MI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini