Ponsel Kelas Menengah, Kini Hadir dengan Layar Super AMOLED

Ponsel Kelas Menengah, Kini Hadir dengan Layar Super AMOLED
info gambar utama

Belakangan, layar ponsel berjenis Super AMOLED yang sejatinya disematkan pada ponsel-ponsel kelas premium (flagship) mulai diterapkan pada ponsel segmen menengah, atau mid-range.

Salah satu ponsel yang mengadopsi teknologi layar cemerlang ini adalah Redmi Note 10 Series, ponsel yang secara resmi diluncurkan di Indonesia pada, Selasa (30/3/2021), dan tersedia disemua gerai ponsel sepekan setelahnya (6/4), dengan banderol Rp3,4 juta hingga Rp3,9 juta.

Boleh dibilang, seri ponsel ini melampaui batasan segmen menengah di Indonesia, yang umumnya--segmen mid range--hanya dibekali layar jenis AMOLED.

Hal ini boleh jadi kian penting, mengingat seiring dengan semakin banyaknya waktu yang dihabiskan para pengguna ponsel di depan layar. Hal itu akhirnya membuat keputusan para produsen ponsel, bahwa kenyamanan layar ponsel tentu menjadi pilihan utama soal fitur dan teknologinya.

Berdasarkan laporan We Are Social Indonesia 2021, umumnya masyarakat Indonesia menghabiskan waktu rata-rata 5 jam sehari di depan layar ponsel untuk berselancar di internet, gaming, dan menonton film melalui layanan streaming.

Karenanya, sebagai salah satu produsen ponsel terbesar di dunia, Xiaomi mulai membekali layar Super AMOLED pada ponsel-ponsel kelas menengahnya.

Nah, sebetulnya apa saja keunggulan layar AMOLED ini? Mari kita simak alasan-alasan berikut.

Layar dengan peningkatan kualitas Display

Ketimbang latar AMOLED biasa, teknologi layar Super AMOLED tidak memerlukan lapisan layar sentuh tambahan karena sudah terintegrasi dan menyatu di dalamnya (built-in). Kelebihan ini memungkinkan respon yang lebih cepat dan dapat juga meningkatkan refresh rate.

Layar smartphone Super AMOLED juga menyediakan viewing-angle yang luas, rasio kontras yang tinggi, dan tingkat pencerminan sinar matahari yang lebih rendah untuk menjamin kualitas display yang tinggi.

Pada Redmi Note 10 Pro, layar Super AMOLED seluas 6,67 itu dilengkapi dengan 120 Hz refresh rate yang sejatinya tak hanya lapang dari sisi diagonal, tapi juga menghadirkan layar dengan standar komposisi warna yang lebih tajam, hemat energi, dan responsif berkat 240 Hz touch sampling rate.

Hemat daya baterai

Ponsel dengan bekal layar Super AMOLED juga diklaim memiliki konsumsi daya baterai yang lebih rendah ketimbang ponsel yang dibekali layar AMOLED. Hal ini karena display jenis ini tidak perlu menggunakan backlighting dan dapat menghasilkan cahaya tanpa menimbulkan panas yang berlebihan.

Panel-panel pada layar Super AMOLED juga menyesuaikan konsumsi energi dengan tingkat kegelapan warna yang muncul, jika warna semakin gelap maka konsumsi daya semakin rendah. Dibandingkan dengan layar AMOLED, layar Super AMOLED memiliki performa yang jauh lebih baik dengan peningkatan 20 persen layar lebih terang dan tentunya 20 persen lebih hemat baterai.

Komposisi warna yang lebih tajam

Sejatinya, teknologi layar Super AMOLED merupakan perkembangan teknologi display dari OLED dan AMOLED, yang dikembangkan kemampuannya untuk menampilkan pilihan warna yang lebih luas dan menghasilkan tampilan yang lebih jernih.

Selain itu, warna hitam pada layar Super AMOLED juga memiliki kegelapan yang lebih pekat, karena masing-masing panel Super AMOLED dimatikan untuk memunculkan warna hitam. Hal itu menghasilkan paduan warna yang mengagumkan, terutama saat sedang menonton film dengan kostras dan kejernihan yang tinggi.

Beberapa ponsel yang mengadopsi layar ini, lazimnya juga menyediakan dual speakers yang mumpuni untuk memberikan kesan real cinema saat menonton film. Pada ponsel Redmi Note 10 Series, pengalaman menonton film maupun serial televisi favorit jadi semakin seru berkat tampilan warna yang ciamik dan suara yang imersif.

Ponsel jadi lebih ramping

Karena teknologi layar Super AMOLED tidak membutuhkan sumber backlight, maka struktur dari perangkat yang dipasang layar tersebut dapat dibentuk lebih tipis dan lebih ringan. Hal itu tentu bakal berdampak pada desain ponsel yang tentunya bakal lebih tipis dan ringan.

Segala keunggulan layar Super AMOLED tersebut hadir pada Redmi Note 10 Series yang didukung oleh lompatan teknologi dari seri sebelumnya, spiker ganda untuk meningkatkan kualitas suara dan menyempurnakan pengalaman pengguna.

Untuk varian tertingginya, yakni Redmi Note 10 Pro, dibekali kamera 108 MP yang memungkinkan pengguna untuk mengambil gambar dengan hasil lebih menakjubkan.

Baca juga:

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini