Eksotis Nan Menawan, Inilah Alasan Pantai Nglambor Wajib Dikunjungi

Eksotis Nan Menawan, Inilah Alasan Pantai Nglambor Wajib Dikunjungi
info gambar utama

Siapa yang lebih suka pantai daripada gunung? Ini dia sebuah pantai eksotis yang terletak di Kelurahan Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasinya persis di sebelah barat dari Pantai Siung dan sebelah timur dari Pantai Jogan. Tempat ini bisa ditempuh dengan jarak 71 kilometer dari stasiun Tugu, Yogyakarta.

Wisata pantai Nglambor ini merupakan hasil kerja sama dari pemerintah daerah dengan pemerintah desa setempat. Dengan mengumumkan keindahan pantai ini ke media sosial, berharap dapat membuat pantai ini mendapatkan tempat yang istimewa di hati para wisatawan.

Keindahan Pantai Nglambor | Foto: Datawisata
info gambar

Sebagai informasi, beberapa pantai di Gunung Kidul masih banyak yang melakukan ritual sedekah laut. Salah satunya pantai nglambor ini. Tidak sedikit wisatawan juga masyarakat setempat yang selalu berbondong-bondong untuk menyaksikan ritual tersebut.

Di sini terkenal dengan nama "Ngalangi", yang artinya menghalangi. Maksudnya, menghalangi nelayan untuk menangkap ikan di sekitar pantai. Yang diperbolehkan hanyalah pada saat pamijahan saja.

Samping kanan dan kiri dari Nglambor adalah Pantai Siung dan Jogan. Harga tiket masuk Pantai Nglambor ditarif sebesar 5 ribu hingga 10 ribu rupiah saja. Itu sudah termasuk biaya yang harus Kawan keluarkan untuk mengunjungi ketiga wisata tersebut.

Ada banyak hal menarik yang bisa Kawan lakukan di pantai ini. Selain berjemur dan sekadar berendam, pantai ini mempunyai tracking perbukitan yang sayang untuk dilewatkan.

Tak sampai di situ, tidak tanggung-tanggung ada dua sekaligus bukit yang menjulang, yaitu Watu Kalong dan Watu Kuntul. Cobalah untuk datang ke sini dan lihatlah pesona Nglambor dari ketinggian. Di tempat ini adalah titik terindah untuk menyaksikan pesona senja.

Snorkeling menikmati keindahan bawah laut

Potret pesisi Pantai Nglambor | Foto: Elevania
info gambar

Salah satu hal yang membuat Pantai Nglambor banyak dikenal adalah dengan keindahan bawah airnya. Jadi, jangan sampai terlewat untuk melakukan snorkeling. Hanya dengan 50 ribu rupiah untuk weekday dan 75 ribu rupiah untuk weekend, Kawan sudah bisa mendapatkan fasilitas pelampung, sepatu berenang, dan kacamata air.

Pastikan kaki Kawan bersih sebelum memakai sepatu. Jangan sampai ada pasir yang masuk. Karena Pasir di pantai ini cukup tajam sebab terbentuk dari pecahan karang. Jadi, bisa melukai kaki Kawan.

Setelah semua siap, Kawan akan diarahkan menuju ke beberapa titik spot penyelaman oleh para pemandu. Menariknya lagi, pemandu ini yang akan mengambil gambar Kawan di dalam air menggunakan kamera bawah air.

Jangan khawatir, para pemandu ini sudah tepercaya dan di bekali dengan ilmu fotografi. Biasanya, Kawan akan diarahkan dalam berbagai macam gaya di bawah air dengan ikan-ikan dan juga terumbu karang yang tidak akan mengecewakan.

Waktu terbaik bagi Kawan untuk berkunjung ke objek wisata ini adalah pagi hari mulai pukul 6 pagi hingga 10 pagi. Kemudian, dilanjutkan sore hari pada pukul 4 sore hingga menjelang matahari terbenam. Atau saat air laut sedang pasang adalah waktu terbaik Kawan melakukan kegiatan snorkeling.

Jika berjalan menyusuri pantai ke arah timur, Kawan akan menemukan Pantai Siung dan Pantai Watu Lumbung yang pemandangannya tidak kalah mengesankannya. Jika, Kawan teruskan perjalan ke timur, Kawan akan sampai di Pantai Wedi Ombo.

Kalau Kawan memutuskan untuk berjalan ke arah barat, Kawan akan menemukan objek wisata lainnya, yaitu Pantai Jogan, Pantai Ngetun, Pantai Timang, dan lain sebagainya.

Ketika berkunjung ke sini, jangan lupa untuk perhatikan kondisi fisik Kawan, ya. Mengingat menyusuri pantai memang tidak mudah, dengan perbukitan yang menjulang tinggi membuat Kawan harus mengeluarkan tenaga ekstra.

Bagaimana, tertarik untuk berkunjung ke Pantai Nglambor? Tidak hanya dapat menikmati keindahan di sana, Kawan juga bisa berkunjung ke pantai-pantai lainnya.

Referensi:99 Wisata Jogja

Baca Juga:

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

FB
KO
MI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini