Mendongkrak Integritas Perusahaan dengan Memanfaatkan Momentum Ramadan

Mendongkrak Integritas Perusahaan dengan Memanfaatkan Momentum Ramadan
info gambar utama

Banyak cara perusahaan untuk memperlihatkan integritasnya ke arah yang lebih positif, baik melalui pelayanan yang optimal, maupun mendobrak tradisi ke arah yang lebih kongkret dan positif. Di bulan Ramadan tahun kedua pandemi ini, boleh jadi momentum itu bisa dimanfaatkan secara optimal.

Jika biasanya omzet para penjaja makanan dan penjual barang konsumtif lainnya mendulang untuk akibat dampak arus mudik lebaran, maka dengan diberlakukannya pelarangan mudik di sebagian wilayah strategis di Indonesia, boleh jadi hal itu tak akan terjadi.

Namun, bukan berarti para penyedia jasa maupun pedagang ritel tak bisa memanfaatkan momentum tersebut. Seperti pernah kami tulis sebelumnya, bahwa untung menggunung siap diraih oleh para penyedia jasa ekspedisi atau kurir barang. Karena tak bisa mudik, banyak warga yang mengirimkan barang ke kampung halamannya sebagai pengganti silaturahmi yang secara fisik terputus.

Layanan eCommerce bisa dibilang bakal menjadi ujung tombak yang mengakselerasi hubungan interaktif antara produsen dan konsumen, terutama mereka yang bergerak di bidang penyediaan barang, makanan, dan layanan lainnya.

Xiaomi pamer logo baru

logo baru xiaomi
info gambar

Sebagai salah satu basis penjualan ponsel di kawasan Asia, Indonesia tentu tak lepas dari fokus para produsen ponsel dan ekosistem AIoT-nya. Salah satunya adalah Xiaomi yang belakangan memperkenalkan logo barunya kepada pada Mi fans di Indonesia, Rabu (14/4/2021).

Melalui desain logo yang lebih dinamis, langkah ini dimaksudkan untuk memperkuat pijakan kaki Xiaomi di pasar premium serta meningkatkan daya tarik jenama/brand di mata audiens atau peminatnya.

Sejatinya, desain yang diperbarui oleh Presiden Nippon Design Center (NDC), Kenya Hara, ini diperkenalkan secara global pada 30 Maret 2021 lalu. Melalui desainnya, logo Xiaomi kini mengadopsi kontur lebih lembut dan bulat pada pojoknya yang semula berbentuk segi empat, termasuk tipografi “Mi” yang didesain ulang, menjadikan logo baru lebih segar secara visual.

Warna oranye yang merupakan identitas korporat tetap dipertahankan untuk terus menyampaikan geliat hidup dan semangat muda dari Xiaomi. Warna hitam dan perak juga digunakan sebagai warna tambahan untuk mengakomodasi lini produk kelas atas (high-end).

Logo baru juga diikuti oleh format baru yang mendobrak aturan tradisional dalam penggunaan logo di masa lalu. Pendek kata, Xiaomi ingin bilang bahwa logo baru ini lebih fleksibel melalui gambaran yang dinamis pada empat sudutnya. Xiaomi menyebut bahwa gambaran ini adalah yang paling ideal yang bisa disampaikan secara 'eksplisit' oleh perusahaan, sehingga akan menciptakan dinamika baru dan menjadikan logo terlihat lebih ''hidup''.

Melalui konsep “hidup” ini, pada akhirnya Xiaomi menunjukkan pemikiran dan responnya terhadap titik balik era interkoneksi pintar (intelligent interconnectivity). Karena, seperti sering disebut sebelumnya, sebagai perusahaan teknologi Xiaomi bakal berkomitmen untuk menghadirkan lebih banyak inovasi untuk ikut tumbuh bersama penggunanya.

Ramai-ramai bikin program Ramadan

Selain memperkenalkan logo baru pada momentum Ramadan ini, Xiaomi juga menggelar program Turun Harga Ramadan (THR) untuk beberapa produk unggulannya seperti ponsel maupun ekosistem AIoT-nya sepanjang Ramadan tahun ini melalui beberapa platform eCommerce.

Tema-tema yang dihadirkan di dalam panduan belanja selama bulan puasa ini dimaksudkan sebagai rekomendasi produk kepada pengguna berdasarkan momen-momen Ramadan sepanjang periode 19 April hingga 7 Mei 2021, di toko online Mi.com dan official storeeCcommerce.

Panduan Belanja Ramadan menjadi kesempatan untuk mengetahui portofolio produk Xiaomi yang hadir di pasar Indonesia, seperti produk ponsel maupun ekosistem AIoT. Mulai dari ponsel kelas entry-level seperti Redmi 9T, kelas mid-range Redmi Note 10 Series, hingga kelas flagship seperti Mi 11.

Lain itu, ada perangkat Smart Home untuk membuat suasana di rumah lebih nyaman selama menjalankan ibadah puasa dan menyambut lebaran, melalui produk Mi Air Purifier 3C, Mi Robot Vacuum-Mop Essential, dan Mi Router 4A Gigabit Edition.

Lain Xiaomi, layanan dompet digital ShopeePay juga mendorong akses digitalisasi finansial bagi pelaku bisnis dan konsumen di seluruh Indonesia. Menemani masyarakat menjalankan ibadah puasa, eCommercepapan atas di Indonesia ini memberikan program spesial melalui penawaran menarik yang dihadirkan.

Kali ini, ShopeePay menyediakan promo cashback hingga 100 persen di berbagai ritel online favorit masyarakat melalui kampanye ShopeePay Super Online Deals yang berlangsung 15-21 April 2021.

Cindy Candiawan, Head of Campaigns & Growth Marketing ShopeePay, Selasa (13/4), mengatakan bahwa situasi saat ini mendorong masyarakat untuk semakin sering mengandalkan layanan online dalam hampir setiap aspek kehidupan mereka termasuk saat merayakan momen keagamaan.

''...Memasuki tahun kedua perayaan bulan suci Ramadan di tengah pandemi ini, kami ingin mendorong masyarakat untuk tetap semangat dalam menjalani ibadah puasa secara aman dan nyaman. Kami harap kehadiran ShopeePay Super Online Deals di bulan Ramadan kali ini dapat membantu masyarakat memenuhi kebutuhan Ramadan mereka secara nyaman, aman, dan memuaskan, serta meningkatkan adopsi pembayaran digital di seluruh Indonesia.”

promo shopeepay

Kalangan operator pun tak mau kehilangan momentum untuk memberikan program atau layanan terbaiknya sepanjang Ramadan 1442 Hijriyah ini. Seperti apa yang digagas oleh operator lokal, Smartfren, dengan terus menggaungkan produk Extra Unlimited Malam Full Speed guna mendukung berbagai kegiatan positif dan penuh faedah di kala sahur.

Melengkapi manfaat tersebut, Smartfren juga turut menghadirkan rangkaian kegiatan bertajuk #RamadanExtraFaedah yang memanfaatkan teknologi untuk menyebarkan konten berfaedah dan menginspirasi kebaikan.

Harapannya manfaat dan inisiatif tersebut dapat mendukung generasi muda dan para kreator muda Indonesia mewujudkan Ramadan yang lebih baik, positif, serta membuka peluang bagi masyarakat sekitar.

Djoko Tata Ibrahim, Deputy CEO Smartfren, mengatakan bahwa pandemi Covid-19 yang masih berlangsung bukanlah halangan untuk menjalani Ramadan dengan penuh makna. Ada banyak hal positif dan berfaedah yang bisa dilakukan bersama dengan memanfaatkan teknologi.

''...Smartfren bersama Arief Muhammad dan Anya Geraldine mengajak anak-anak muda untuk menyebarkan kebaikan dengan menciptakan konten-konten berfaedah di media sosial, serta ikut mendukung kokreasi dengan seniman visual Hana Madness dan produsen fesyen lokal Koolastuffa yang mengeluarkan merchandise khusus Ramadan berupa Kemeja Koko dan Scarf,'' bebernya pekan lalu.

Hasil dari inisiatif tersebut, sambung Joko, akan disalurkan melalui Yayasan Benih Baik Indonesia dan akan digunakan untuk mendukung UMKM milik para penyandang disabilitas, memberikan peralatan pendukung penyandang disabilitas, serta mendukung pembangunan rumah baca.

''Harapan kami, Ramadan kali ini jadi lebih berfaedah dan penuh berkah serta dapat memacu kreativitas sekaligus membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat Indonesia.”

Dari paparan di atas, tentu bagi para penyedia jasa maupun layanan eCommerce berharap ekonomi Indonesia akan tetap terus berjalan baik meski episode pandemi Covid-19 masih berlanjut.

Layanan eCommerce yang optimal, program khusus yang memberikan geliat positif di sektor ekonomi, serta upaya jenama/brand untuk memberikan layanan yang terus diperbaiki, diharapkan akan mampu mendongkrak laju ekonomi, baik bagi pemilik usaha, perusahaan, masyarakat, dan para pelaku UMKM di Indonesia.

Tentunya layanan-layanan dengan memanfaatkan momentum Ramadan ini menjadikan visi dan misi para pelaku usaha untuk terus berkembang akan semakin berdampak nyata, terlebih dilakukan dengan cara elaborasi dengan berbagai kalangan.

Baca juga:

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini