Ingin Menurunkan Berat Badan Selama Puasa? Ikuti Cara Ini!

Ingin Menurunkan Berat Badan Selama Puasa? Ikuti Cara Ini!
info gambar utama

Momen bulan puasa biasanya dimanfaatkan sebagian orang untuk menurunkan berat badan. Memang sah-sah saja untuk melakukan diet, tapi jangan sampai lupa bahwa fokus utamanya ialah beribadah. Jangan sampai malah terlalu rumit merancang diet sampai meninggalkan ibadah yang harusnya dilakukan.

Sebenarnya ada cara mudah untuk menurunkan berat badan selagi puasa. Menjalankannya mungkin tak semudah itu, tetapi setidaknya bisa diusahakan demi tubuh langsing saat Lebaran nanti.

Lantas, apa saja cara yang bisa dilakukan untuk diet selama bulan puasa?

Jangan makan berlebihan

Pada saat sahur dan berbuka, usahakan makan dengan kontrol penuh. Makanlah secukupnya dan hindari segala sesuatu yang berlebihan. Boleh saja kok makan makanan yang diinginkan, tapi perhatikan porsinya.

Misalnya, Anda sudah bercita-cita ingin makan nasi hangat dengan ayam bakar, gorengan, sekaligus es campur saat buka puasa. Apakah semuanya bisa dimakan? Tentu, tetapi mungkin bisa dengan cara mengurangi porsinya jadi lebih kecil.

Kurangi makanan dan minuman manis

Segala makanan dan minuman manis memang selalu menggoda, mulai dari kolak, es buah, es teh manis, martabak, es krim, bubur manis, dan sebagainya. Bila dikonsumsi berlebihan, yang ada malah bikin makin gemuk sebab setelah berbuka biasanya Anda tak lagi aktif beraktivitas.

Bila merasa kurang afdol tanpa minuman dingin saat berbuka, Anda mungkin bisa membuat menu alternatif, misalnya es teh dengan gula diet nol kalori, kurma, buah-buahan manis seperti melon, atau sekadar mencicipi beberapa sendok es buah.

Kurangi makanan digoreng

Selain makanan manis, gorengan juga jadi godaan besar selama puasa. Rasanya seperti pas dan nikmat membatalkan puasa dengan gorengan hangat. Namun ingat, makanan berminyak bukanlah menu yang tepat saat ingin menurunkan berat badan. Gorengan mengandung banyak lemak jenuh yang bisa meningkatkan berat badan, diabetes, bahkan risiko penyakit jantung.

Jadi, jika Anda memang berniat untuk memiliki tubuh ramping saat Lebaran nanti, bisa mulai menjauhi makanan yang digoreng dan mengolah makanan dengan cara dikukus, rebus atau panggang.

Pilih bahan makanan segar

Untuk membantu penurunan berat badan dengan cara sehat, sebisa mungkin makanlah dari bahan-bahan segar. Anda bisa mengolah sayur, buah, ikan, dan daging tanpa proses berlebihan.

Buatlah salad sayur, buah potong, ikan atau daging panggang dengan bumbu sederhana. Bisa juga membuat tumis sayur dengan sedikit atau tanpa minyak. Cara ini akan membuat nutrisi pada makanan tidak hilang karena pengolahan berlebihan. Pun, kurangi produk olahan mulai dari sosis, bakso, kornet, nugget, dan sejenisnya.

Jangan lupa mencukupi kebutuhan air

Selama berpuasa, jangan lupa untuk mencukupi kebutuhan air untuk tubuh. Meski tak bisa minum sepanjang hari, Anda bisa tetap memenuhinya di malam hari. Cara mudahnya bisa dengan minum dua gelas saat sahur, empat gelas saat berbuka puasa, ditambah dua gelas air sebelum tidur.

Cukup minum air pun terbukti bisa membantu penurunan berat badan, plus bisa membuat Anda tak ingin makan banyak karena perut terasa kenyang.

Aktif berolahraga

Agar berat badan bisa turun dan tubuh pun lebih sehat, jangan lupa tetap aktif berolahraga. Sesuaikan jadwalnya dengan kegiatan sehari-hari Anda, bisa setelah sahur, pagi hari, sore hari menjelang buka puasa, atau setelah tarawih.

Jenis olaharga yang dipilih juga bisa menyesuaikan dengan jam latihan Anda. Baik itu jogging, yoga, bersepeda, maupun jalan kaki 10 ribu langkah. Setidaknya, berolahragalah selama 30-menit setiap hari demi tubuh langsing di hari Lebaran.

Baca juga:

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Dian Afrillia lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Dian Afrillia.

DA
MI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini