Pentingnya Open Minded Saat Menjadi Pengguna Media Sosial

Pentingnya Open Minded Saat Menjadi Pengguna Media Sosial
info gambar utama

Penulis: Ega Krisnawati

Media sosial mampu membuat Kawan GNFI semakin terhubung dengan siapa pun. Namun, dalam penggunaannya, Kawan GNFI juga perlu memperhatikan kenyamanan pengguna lain ketika bermedia sosial. Caranya, dengan menjadi pengguna media sosial yang mampu berpikiran terbuka atau open minded.

Di zaman yang serba digital, tidak jarang satu orang individu memiliki lebih dari satu media sosial. Hal ini membuat tiap orang mesti mampu memanfaatkan media sosialnya secara maksimal.

Dilansir dari Be United, salah satu bentuk dari memanfaatkan media sosial secara maksimal adalah dengan menerima perbedaan pendapat dari pengguna media sosial lain. Tidak hanya berguna sebagai wadah untuk membagikan suatu momen, media sosial juga dapat menjadi tempat untuk menuangkan ide ataupun pendapat.

Manfaat dari memiliki pikiran open minded dalam bermedia sosial ialah mendapat wawasan baru, pengalaman baru, dan pertumbuhan diri. Selain itu, seseorang yang memiliki pikiran open minded juga akan memiliki mental yang kuat dan merasa lebih optimis.

Dikutip dari laman Verywell mind, karakteristik pengguna sosial media yang open minded, yaitu penasaran untuk mendengar pendapat orang lain, mampu mempertanyakan lagi terkait ide-ide yang dimilikinya, tidak mudah marah saat diberikan koreksi terhadap kesalahannya, dan memiliki empati terhadap orang lain.

Selain itu, pengguna media sosial yang open minded juga memiliki karakteristik ingin mengetahui sudut pandang orang lain, rendah hati terhadap pengetahuan dan keahliannya, serta menghargai pemikiran orang lain.

Cara menjadi pengguna media sosial yang Open Minded

Pentingnya Menjadi Open Minded | Foto: Kepoindonsia
info gambar

Memiliki pemikiran yang open minded adalah sebuah tantangan. Pasalnya, dalam banyak hal pikiran kita dirancang untuk memandang konsep sebagai suatu keutuhan. Lantas, bagaimana caranya agar menjadi pengguna sosial media yang open minded?

1. Belajar untuk tidak mudah marah

Kali ini, Kawan GNFI dapat melatih diri untuk tidak mudah marah saat mendengar pendapat yang berbeda. Caranya dengan meluangkan waktu sejenak untuk memahami keputusan dari tindakan yang dibuat oleh setiap orang.

Kemudian, cobalah untuk menempatkan Kawan GNFI di posisi orang lain. Melalui cara ini, Kawan GNFI mampu melihat segala sesuatu dari sudut pandang orang lain.

2. Jangan menutup diri

Kawan GNFI bisa belajar untuk menyambut situasi yang baru dengan cara menganggap berbagai opini yang berbeda sebagai pengalaman baru.

3. Keluar dari zona nyaman

Menurut laman The Good Man Project, cara keluar dari zona nyaman dapat dilakukan dengan perlahan-lahan tapi pasti. Misalnya, dengan pergi ke tempat yang baru dan mencoba hal-hal yang baru.

4. Bersosialisasi dan mencari teman baru

Meski Kawan GNFI sudah memiliki banyak teman sebelumnya, tapi tidak ada salahnya jika membuka kesempatan untuk mengenal orang baru. Dengan mengenal orang baru, Kawan GNFI akan menemukan peluang untuk mengetahui hal-hal yang belum pernah diketahui sebelumnya.

5. Jangan takut untuk bertanya

Terkadang salah satu cara awal untuk memahami situasi tertentu adalah dengan mengajukan banyak pertanyaan. Meski hal ini dapat mengganggu kehidupan pribadi seseorang, tapi jika ia bersedia membagikan informasi, Kawan GNFI juga mesti bersedia mendengarkannya.

Agar dapat memastikan seseorang mau memberikan informasi, pastikan bahwa orang itu memiliki waktu luang dan jawaban yang tepat untuk Kawan GNFI.

6. Hindari spekulasi

Sebelum membuat opini tertentu, Kawan GNFI dapat menjalani, menanyakan, dan menyelesaikan sesuatu sendiri tanpa bantuan dari orang lain. Hal ini lebih baik dilakukan, daripada mempercayai informasi yang belum dipahami dari orang lain.

Menjadi seseorang yang open minded sangat dibutuhkan di masa sekarang, terutama dalam hal bermedia sosial. Yuk, sebarkan hal baik di media sosial yang Kawan punya!*

Referensi: verywell mind | the good man project | be united

Baca juga:

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Kawan GNFI Official lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Kawan GNFI Official.

KO
MI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini