Mengenal Berbagai Jenis Angkutan Transportasi Darat RI, Ada Apa Saja?

Mengenal Berbagai Jenis Angkutan Transportasi Darat RI, Ada Apa Saja?
info gambar utama

Penulis: Ega Krisnawati

Pada bulan April, Indonesia memperingati Hari Angkutan Nasional tiap 24 April. Peringatan Hari Angkutan Nasional dapat menjadi pengingat bagi tiap warga Indonesia tentang pentingnya angkutan dalam kehidupan.

Dengan adanya Hari Angkutan Nasional, Kawan juga bisa bernostalgia mengingat sejarah angkutan di Indonesia. Dengan adanya angkutan diharapkan agar masyarakat dapat menikmati layanan transportasi dengan aman dan nyaman pada saat berpergiaan.

Dulu, angkutan umum hanya menggunakan tenaga hewan, manusia, dan alat penggerak berupa mesin uap. Hingga pada akhirnya, manusia dapat menciptkan alat-alat angkutan dengan menggunakan alat penggerak berupa mesin yang lebih canggih.

Dikutip dari laman Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat, tujuan manusia menciptakan sarana transportasi atau alat angkutan adalah agar dapat memudahkan pergerakan, baik orang maupun barang dari satu tempat ke tempat lain. Lantas, apa saja jenis angkutan transportasi darat di Indonesia?

Menilik ke sejarah singkat transportasi darat di tanah air, sebagian besar asalnya dipengaruhi oleh Belanda yang menjajah Indonesia. Saat itu, masyarakat Indonesia hanya mengandalkan kuda, gerobak, pedati, dan becak sebagai angkutan pribadi hingga barang.

Perkembangan transportasi darat yang paling bisa dirasakan hingga saat ini adalah kehadiran kereta api dan infrastruktur jalan yang membentang di pulau Jawa. Kemudian, perlahan semua moda transportasi yang sifatnya sudah lampau itu tergantikan akibat perubahan zaman dan kemajuan teknologi sampai kebijakan politik yang berkuasa.

Selain itu, penemuan roda yang menjadi awal mula perkembangan transportasi darat pun memberikan pengaruh cukup besar pada moda transportasi darat di Indonesia. Sampai saat ini, transportasi darat dapat dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan jumlah roda yang digunakan.

1. Kendaraan roda dua

Sepeda motor | Foto: IDN Times
info gambar
  • Sepeda

Sepeda adalah alat transportasi paling sederhana, karena dapat bergerak tanpa mesin. Kehadiran sepeda dapat ditemui dari zaman dahulu hingga saat ini. Fungsi sepeda tidak hanya sebagai angkutan pribadi dan barang berskala ringan, saat ini sepeda telah menjadi gaya hidup sejumlah orang.

  • Delman

Delman berfungsi untuk mengangkut penumpang dengan kapasitas empat sampai enam orang. Keberadaan delman hanya bisa ditemui di beberapa daerah saja, misalnya Yogyakarta, Semarang, Solo, Magelang, dan sekitarnya. Sementara di daerah lainnya, delman hanya dijadikan sebagai kendaraan wisata. Energi utama dari delman adalah tenaga kuda untuk menarik kereta.

  • Sepeda motor

Sepeda motor adalah kendaraan roda dua yang paling dikenal di Indonesia. Kendaraan roda dua ini, menggunakan bahan bakar bensin dan mesin sebagai penggerak. Agar dapat mengendarai motor, Kawan perlu memenuhi syarat tertentu. Syarat itu adalah memiliki SIM C, kelengkapan dokumen kendaraan, hingga keahlian mengemudi untuk mencegah kecelakaan.

2. Kendaraan roda tiga

Bajaj | Foto: Unsplash
info gambar
  • Becak

Sejumlah daerah di Indonesia masih bergantung pada penggunaan becak sebagai moda transportasi utama. Becak bisa beroperasi apabila dikayuh oleh manusia saat melaju. Kemudian, penumpang akan duduk di bagian depan.

Seiring berkembangnya zaman, penampilan becak dimodifikasi dengan menggunakan motor sebagai penggeraknya. Tidak hanya di Indonesia, becak juga bisa di temui di beberapa negara seperti Vietnam, India dan Malaysia.

  • Bajaj

Bajaj adalah transportasi roda tiga yang mengandalkan mesin sebagai penggerak. Sopir bajaj posisinya ada di depan penumpang. Jumlah penumpang dari bajaj, maksimal dua orang dan posisinya ada di belakang sopir. Becak masih boleh beroperasi di Jakarta, meski hanya di beberapa wilayah tertentu saja.

3. Kendaraan roda empat/lebih

Mobil | Foto: Skinner Autoworks
info gambar
  • Mobil

Mobil adalah transportasi darat dengan mengandalkan mesin sebagai penggeraknya. Kendaran beroda empat itu, mampu menampung penumpang sebanyak empat hingga delapan orang tergantung jenis dan mereknya. Adapun beberapa angkutan umum yang mengandalkan mobil sebagai moda transportasi. Agar bisa mengendarai mobil, Kawan perlu memenuhi persyaratan berupa SIM A.

  • Bus

Bus merupakan alat transportasi umum dengan jumlah roda sebanyak delapan. Bus bergerak dengan mengandalkan mesin dan ukurannya besar. Kapasitas penumpang bus mampu mengangkut hingga 60 orang.

  • Truk

Truk adalah transportasi darat dengan delapan roda. Biasanya, truk digunakan untuk barang berat kayu, batu, dan barang berat lainnya. Agar Kawan bisa mengendarai truk, persyaratannya adalah lulus uji kendaraan dengan memiliki SIM B, izin operasi, hingga kartu KIR.

  • Kereta api

Kereta api merupakan alat transportasi umum yang menggunakan mesin diesel. Bukan beroda empat, roda kereta api memiliki lebih dari 4 roda dan terbuat dari besi baja yang menempel pada rel.

Itulah jenis-jenis transportasi darat di Indonesia. Mana angkutan yang selalu menemani hari-hari Kawan?*

Referensi: Pemerintah Kota Manado | Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat | Daihatsu

Baca Juga:

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

KO
MI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini